{Review} KATA DALAM KOTAK KACA


Judul Buku : KATA DALAM KOTAK KACA

Penulis :PIA DEVINA

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun terbit : 2015

Tebal : 184 Halaman

ISBN : 978-602-03-1868-4

***


Renjana Adinia merasa sudah mengambil keputusan sangat tepat, bekerja di Thailand demi menjaga jarak dengan Pandu, sahabat sekaligus laki-laki yang dicintainya dalam diam.

Namun takdir berkata lain, ayahnya yang sakit mengaharuskannya pulang ke Jakarta. Hati Jana bergejolak. Kepulangan itu membuatnya harus menyaksikan pernikahan Pandu dan Tiara yang akan berlangsung tidak lama lagi.

Di antara dilema dalam hatinya, mantan kekasihnya, Angga, muncul kembali dalam hidup Jana, mengulurkan tangan saat dia patah hati.

Akankah hati Jana bisa mencintai Angga lagi? Atau justru semakin terbelenggu karena Pandu yang sudah memilih Tiara?  

****

Renjana Adinia atau biasa di panggil Jana tinggal di Thailand tepatnya di kota Chiang Mai. Ia di sana bekerja di biro travel yang dimiliki oleh pamannya, Jana sudah di sana selama tiga tahun. Tiga tahun bukan waktu yang sebentar untuk melupakan Pandu, teman masa kecil hingga dewasa yang diam-diam ia suka. 

Buku Pia Devina yang pertama aku baca, review ada di sini 

Ia nekad pergi menjauh dari Pandu hingga ke negera Thailand, tapi apa hasilnya selama tiga tahun ini perasaan dia masih sama tidak berkurang sama sekali, apalagi mereka masih intens memberi kabar.

Di saat Jana menjadi pemandu wisata dari temannya kuliah ia bertemu kembali dengan mantan pacarnya yang bernama Angga, tapi pertemuan itu hanya sekejap mata, di tengah pekerjaan saat ia memandu rombongan Angga ia mendapat kabar bahwa sang ayah masuk rumah sakit karena mendapat serangan jantung. Ia terpaksa meninggalkan pekerjaan itu dan melimpahkan kepada teman satu timnya, Jana segera pulang ke Indonesia. 

Beutiful Sorrow Karya Pia Devina, Baca Di sini Reviewnya 

Pandu, dialah yang menjemput Jana di bandara dan langsung mengantarnya ke rumah sakit, Bagaimana bisa Jana move on dan melupakan Pandu, kalau Pandu dan Jana masih terus berputar dalam satu rotasi yang sama.

Semua mengatakan bahwa Jana harus berani menentukan sikap dan mengatakan apa yang ia rasakan kepada Pandu, tapi haruskah Jana melukai Tiara, wanita yang bakalan menjadi istri Pandu, atau Jana lebih memilih memendam perasaannya dan itu berarti dia akan terluka.

PINOCCHIO HUSBAND versi PIA DEVINA, Baca Di sini 

Apa yang bakalan Jana lakukan untuk menghadapi dan menyakinkan perasaannya?

KATA DALAM KOTAK KACA, menjawab semua keraguan yang dirasakan Jana, galaunya Pandu menjelang hari pernikahannya  serta keramahan dan kebaikan yang Angga berikan kepada Jana. 

 Bercerita tentang Novel Menjagamu karya Pia Devina, Baca di Sini

Penulis menggunakan sudut pandang orang pertama yaitu Jana, untuk menggambarkan dan menyelesaikan kisah friendzone antara Jana dan Pandu. Dengan alur maju mundur, membuat kita di bawa ke masa-masa indah kedekatan antara Jana dan Pandu, jika waktu sekarang membuat hati kebat-kebit dan agak menegangkan, berkebalikan saat flash back, karena kita dibuat senyum sendiri, berasa scene flash back semacam pendinginan agar hati tidak membara juga. 

Novel Wedding Plan karya Pia Devina, Baca Review di sini 

Dari cerita awal, aku sudah cemas, kalau Jana bakalan mengacaukan pernikahan Pandu dan Tiara demi perasaan yang dia rasakan kepada Pandu, atau Tiara bakalan ngamuk besar dan terjadi saling baku hantam antara Tiara dan Jana dengan Pandu yang bakalan memisahkannya, ternyata apa yang aku pikirkan salah, semua di ending- kan dengan baik oleh Pia Devina. Jadi sebagai pembaca yang sama-sama wanita tidak akan saling menghujat karakter wanita di sini.

Adegan yang membuat aku menangis dan benar-benar meneteskan air mata, ada dua kejadian yaitu yang pertama saat Jana ngobrol dengan sang Ayah, di mana waktu itu Sang Ayah mempertanyakan apakah Jana tidak bahagia, dan apakah Jana ingin pulang ke Thailand, dan Jana menjawab kalau dia bahagia, dan Jana juga mengatakan bahwa di sini adalah rumahnya, jadi Jana mau pulang ke mana lagi.

Yang kedua adalah waktu Jana menangis dan mengungkapkan semuanya kepada Dinda, kakak satu-satunya yang Jana miliki, setelah ia pulang dari Bali. Dari kejadian ini aku merasakan seberapa berat Jana menanggung apa yang ia rasakan, bagaiamana ia berusaha menyakinkan dirinya sendiri bahwa ia akan baik-baik saja,

Dua kejadian itu benar-benar bikin aku mewek, bolak balik mengusap air mata yang keluar dengan sendirinya. 


 

Satu quote yang aku suka dari cerita Jan dan Pandu adalah :

"Coba jujur sama perasaanmu, Jan. Izinkan dia tahu. Seenggaknya, setelah fase itu terlewati mungkin kamu bisa merasa lebih lega. Sebelum semuanya benar-benar harus berakhir, bahkan sebelum pernah dimulai." (Halaman 109).

Friendzone , pasti akan ada salah satu pihak yang merasa cintanya bertepuk sebelah tangan, atau saling mencintai diam-diam. Di cerita ini membenarkan fakta bahwa tidak ada yang murni bersahabat antara laki-laki dan perempuan. Tidak ada yang salah, cinta dan kasih sayang dia muncul dengan sendirinya, yang hanya bisa kita lakukan adalah menjaga agar cinta itu tidak ternoda, tidak melukai siapapun.

Karena sejatinya dalam cinta hanya ada dua perkara, katakan atau tinggalkan. Dan dua hal itu selalu ada sebab akibat serta konsekuensi yang mengikutinya. Yang sedang berada dalam zona friendzone kuatkan hati dan kamu juga berhak untuk bahagia.

 


PIA DEVINA, seorang karyawab swasta yang berkawan dengan musik, film, drama, juga novel. Wanita Aquarius yang senang cuap-cuap di radio dan mulai bermimpi menjadi penulis novel ketika masih duduk di bangku SMA. Telah menelurkan beberapa novel solo, novel duet, juga berkontribusi dalam antologi cerpen. Novelnya yang sudah diterbitkan oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama berjudul Twi Lost Souls, tahun 2015.

Pia Devina bisa dihubungi melalui twitter : @piadevina, Facebook : Pia Devina, atau email : piadevina@yahoo.com


 

Posting Komentar

0 Komentar