{Review} MENJAGAMU - Pia Devina


Judul Buku : Menjagamu
Penulis : Pia Devina
Penerbit : Laksana
Editor : Manisha Darmawan
Tahun terbit : Cetakan Pertama, Juli 2013
Tebal : 256 Halaman
 ISBN : 978-602-7968-21-9
Pinjam di Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan
***
BLURB
Sebuah novel yang akan membuat kita percaya bahwa setelah hari ini masih ada hari esok yang dapat membuat kita lebih baik lagi. Dan, tak ada cinta yang membuat siapapun menjadi sia-sia.
***
Sesosok Aretha yang periang, tampaknya tidak akan lagi terlihat dalam tiga tahun terakhir. Kehidupannya berubah, tiada lagi wajah ceria. Ayahnya, sahabatnya, bahkan kekasihnya kini hanya menyisakan tangis untuknya.
Apa yang Retha rasakan, bila dalam waktu bersamaan, ayahnya menderita penyakit skizofrenia. Sheila, sahabat baiknya menderita kanker empedu. Dan Kai, laki-laki yang ia cintai, harus ia lepaskan demi Sheila.

Seperti tidak mampu menanggung beban, Retha berusaha lari dari problem yang membelenggunya. Masalahnya, semakin ia lari, beban yang ia tanggung bukan semakin berkurang, tapi malah semakin mengganduli pikirannya.
Hingga, akhirnya muncullah sosok Fady, seseorang yang terkenal dengan sikap dinginnya. Ia datang membawa perasaan yang sudah lama dipendamnya dan siap menjadi orang pertama yang akan mewarnai hari-hari Retha.
***
“Jujur, semua hal yang terjadi di antara kita, sepertinya terlalu cepat buat aku. Tentang kamu yang tiba-tiba hadir di hidup aku, itu cukup bikin aku kaget.” Aretha tertawa pelan. “Tapi…, tak tahu kenapa, aku merasa nyaman dengan kehaditanmu, Dy.”

*****------*****------*****------****-----******


Aku rasa dari blurb di atas sudah menjelaskan bagaimana jalan cerita ini. Cerita ini kalau menurut aku tidak fokus dalam dunia percintaan, meskipun memang itu yang dijadikan cerita.

Penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga dengan tokoh utama adalah Aretha. Alur waktu yang dipakai maju mundur, awal pertama Aretha bisa bersahabat dengan Maya yang merupakan sepupu Khairy, kemudian Sheila. Dan masa lalu waktu Aretha masih SMA yang berada di rumah Eyangnya. ada keterangan di setiap awal part, ini cerita dengan setting waktu kapan.

Fandy atau Khairy? Aku suka sosok Khairy, karena aku rasa Khairy ini memang cowok banget, di banding Fandy yang hanya mampu memperhatikan dari kejauhan dan secara diam-diam. Ngeri nggak sih kalau ada orang yang suka memperhatikanmu diam-diam, jadi kesannya seperti penguntit.

Meskipun Aretha, adalah tokoh utama, tapi sumpah aku gemes dengan karakter Aretha di sini, benar dia memang gadis ceria, bersahabat, tetapi aku nggak habis fikir saat jelas ayahnya sakit dia malah pergi meninggalkan kedua orang tuanya dan juga adiknya, dia sudah mahasiswa lho itu, demi tidak ingin meraskaan sakit hati ia pergi...ducch dek,

Tapi memang di sinilah pointnya.

Suka sama pemilihan cover dan judulnya. Covernya unik dan judulnya juga masuk ke cerita.

Tapi kenapa adiknya Aretha di awal ia muncul tapi pas sang ayah sudah di vonis dia tidak di munculkan sama sekali?

Yang paling aku suka adalah, adegan waktu Aretha mengikhlaskan Khairy untuk menjaga Sheila, mewek iya, dan aku malah melihat dua orang yang saling mencintai tapi harus saling melepaskan.

Quote favorit :

“Sesuatu tuh bakalan terasa berarti kalau udah pergi, Dy. Sementara saat hal berharga itu masih ada dalam dekapan kamu.. kamu selalu menutup mata hati kamu buat mengakui kalau kamu nggak ingin kehilangan hal itu.”
(Halaman 134)

“Perasaan seseorang nggak bisa dengan mudah disetri, kan?”
(Halaman 157)

“Cewek itu bilang... sesuatu bakalan terasa berarti kalau sudah pergi.”
(Halaman 170)

“Ada masanya, cerita hidup kita berwarna gelap.
Tapi nanti, akan ada masanya di mana gelap itu akan memudar, karena ada sebentuk cahaya yang akan selalu menerangi gelap itu. Dan setelah itu, kita akan menemukan terang dalam cerita hidup kita.”
(Halaman 237)

Pesan yang ingin disampaikan oleh penulis yang saya tangkap adalah bahwa kita tidak boleh bersikap egois dan mampu untuk berdamai dengan keadaan, dan berusaha untuk ikhlas menerima semua keadaan, karena orang-orang di sekitar kita tetap akan menyanyi dan mencintai kita secara tulus.

Seperti kutipan di akhir cerita :

Azure, lagit biru yang kembali cerah setelah mengalami periode gelapnya. Sebuah keistimewaan dan keajaiban yang terjadi setiap hari, cahaya yang tidka perlu dicari. Hanya perlu disadari. Selama masih ada matahari bersinar di langit biru, maka siapapun tidak perlu takut untuk menghadapi hari esok.”

Ceritanya aman untuk dibaca anak remaja baik laki atau perempuan, karena memang sarat makna kehidupan, jadi bisa menjadi pelajaran buat mereka.

Bintang 3 untuk kisah Khairy-Aretha-Fandy.

*****------*****------****--------*****------*****

sumber : https://twitter.com/piadevina


Lahir di Bandung, 25 tahun yang lalu, penulis dengan nama Pia Devina ini mengawali karya tulisannya dengan judul And The Miracel Is You.... yang termaktub dalam buku antologi True Love Stories (2013). Karya yang based on true story ini, disusul dengan karya lain berjudul My Center Universe, yang juga menjadi salah satu cerita dalam buku antologi Curhat LDR (2013).

Beberapa tulisannya dapat dibaca di blog pribadinya : www.devinacandybox.blogspot.com atau www.piadevina.blogspot.com Pia juga dapat dihubungi melalui email yang ia miliki : piadevina@yahoo.com

Bagi pembaca yang menginginkan informasi lebih lengkap mengenai buku-buku kami, silahkan akses www.divapress-online.com atau silahkan bergabung di akun facebook ; Komunitas Diva-Press



Posting Komentar

1 Komentar

  1. "....kita tidak boleh bersikap egois dan mampu untuk berdamai dengan keadaan, dan berusaha untuk ikhlas menerima semua keadaan..."

    IMO, ini sulit, butuh waktu untuk menata hati, *eaaaaa*

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu