BERMAIN SEBENTAR DI PERPUSTAKAAN, SERU DAN MENYENANGKAN (PERPUSTAKAAN TIDAK HANYA SEKEDAR TEMPAT MEMBACA)


Di perpustakaan bisa bermain-main? bukannya di perpustakaan identik dengan membaca dan buku.

Jadi begini ceritanya.

Pada suatu hari, wk wk wk. Sungguh awal narasi yang cukup bagus bukan. Hari itu sebelum keponakan balik ke pondok dia ingin jalan jalan dan melihat-lihat di Gerai Nice Soo, yang memang belum lama membuka cabang di Pacitan.

Dari rumah memang berangkat sekitar pukul 11 siang, terus mampir dulu apotek beli kain berban kemudian ke gerai Tahu Tuna Pak Ran, untuk membeli tahu tuna yang bakalan buat oleh-oleh ustadzah di pondok.

Setelah mampir ke dua tempat tersebut baru lah meluncur ke gerai nicesoo yang berada di Jalan Ahmad Yani Pacitan. Ternyata sampai sana "Bu Maaf kita tutup sementara selama 15 menit." dan tidak lama kemudian terdengar adzan dhuhur berkumandang.

Karena memang cuaca yang cukup panas pada hari itu, dan membawa dua bocil yang berusia 5 tahun dan 3 tahun kayaknya kalau mau bermain di kawasan alun-alun masih terlalu siang, jadi aku putuskan untuk membawa mereka bertiga ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan, yang memang letaknya tidak terlalu jauh dari Gerai Nice Soo.

PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PACITAN

Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan ini merupakan bangun baru, yang baru diresmikan Bulan Desember tahun 2021. Berlantai dua gedung dan dengan parkiran yang sangat luas ini siap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyakarat umum khususnya masyarakat pacitan.

Di lantai pertama selain ruangan untuk buku koleksi khusus anak-anak, ada ruangan untuk pembelajaran online dan ruangan bermain.

Sesaat setelah kami masuk, langsung ada petugas yang menyambut dan mengarahkan kami untuk mengisi daftar buku tamu. Sementara keponakan aku yang besar menjadai wakil dalam mengisi buku tamu, aku mengajak dua bocil untuk ke ruangan buku anak.

Awalnya dua bocil ini mau aku bacakan buku anak, tapi karena waktu kami masuk ke ruangan buku anak, sudah ada dua orang dewasa yang sepertinya sedang mengerjakan tugas jadi karena dipastikan dua bocil ini bakalan heboh aku memutuskan untuk tidak jadi masuk. Karena dikhawatirkan menganggu kenyamanan pengunjung lain.

Dulu sebelum gedung perpustakaan ini di bangun untuk kedua kalianya, aku ingat kalau ada ruangan bermain yang jadi satu dengan ruangan buku anak, tapi ini kok tidak ada, dan sepertinya petugas tahu kami kebingungan. Dan ini kali kedua aku datang ke sini, jadi masih sedikit agak bingung dengan ruangan-ruangan yang ada di Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan ini.

Setelah menayakan apa yang kita cari, terus dikasih tahu letak tempat bermain anak, ternyata letaknya ada di ruangan di belakang satu set komputer yang digunakan untuk mengisi daftar kunjungan. 


 

Setelah melihat ruangan dan ternyata cuma kami bertiga saja, sementara sang kakak (keponakan aku yang besar) dia mau baca novel yang ada di lantai atas. Dua bocil langsung kegirangan, semua mainan mereka coba, mulai dari perosotan, mobil-mobilan, mainan kasir mini, boneka, trolly mini, perangkat mainan buah-buahan, alat masak-masak dan masih banyak lagi. Mereka berdua merasa semua mainan itu milik mereka sendiri, karena memang saat itu tidak pengunjung yang berada di ruangan itu.



 

Mereka tidak ada lelahnya mencoba seluruh mainan yang ada, mengulang untuk kedua kali, ketiga kalinya pun mereka seperti tidak pernah merasa bosan. Dari yang awalnya rencana cuma 15 menit, ternyata kurang lebih sekitar 30 menit hingga 45 menit kami bermain di Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan. 


 

Sebelum aku ajak pulang, dua bocil tapi si Abang yang usianya 5 tahun lebih bilang "Besok-besok main ke sini lagi ya bulek?" dan aku jawab siap. 


 


Perpustakaan memang identik dengan buku, mungkin bermain di perpustakaan aku harap menjadi langkah awal buat keponakan aku yang bahkan belum bisa membaca sama sekali untuk mengenal dan mengetahui bahwa perpustakaan adalah tempat yang nyaman dan menyenangkan, sehingga dari hal itu mereka akan mulai menyukai buku, mulai senang membaca dan mencintai buku tentunya.

APA SAJA LAYANAN  YANG DI SEDIAKAN OLEH PERPUSTAKAAN DAERAH KABUPATEN PACITAN?

Perpustakaan ada di tengah masyarakat untuk memfasilitasi dan mempermudah masyarakat umum dalam mencari sumber informasi, selain itu keberadaan perpusda (Perpustakaan Daerah) juga untuk menyediakan ruang publik untuk kelompok masyarakat.

Untuk Perpustakan Daerah Kabupaten Pacitan, mulai bulan Mei tahun 2024 menerapkan sistem jam kunjung baru, yaitu Senin hingga Kamis buka dari jam 08.00 wib pagi hingga pukul 15.00 wib, sementara hari Jumat buka dari jam 08.00 wib hingga pukul 14.30 wib. Hari Sabtu, Minggu, cuti bersama dan libur nasional tutup layanan alias libur.

Beberapa layanan untuk umum yang di sediakan oleh Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan antara lain :

PERPUSTAKAAN KELILING

RUANG AUDIO

RUANG MAINAN ANAK

RUANG BUKU BACAAN ANAK

BUKU DARI BERBAGAI GENRE BAIK FIKSI ATAU NON FIKSI

Di Perpustakaan daerah ada beberapa buku yang memang tidak boleh dipinjam pengunjung alias di bawa pulang dan hanya boleh di baca di tempat.

APLIKASI PERPUSTAKAAN DIGITAL

 

Selain hal di atas Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan juga sering mengadakah beberapa event atau acara seperti bedah buku, pameran buku, menerima kunjangan dari sekolah- sekolah di Kabupaten Pacitan baik dari tingkat PAUD hingga sekolah menengah ke atas, selain itu juga sering mengadakan lomba - lomba dalam event-event tertentu.

Melihat begitu banyak layanan-layanan dan fasilitas yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan Daerah jadi jangan ragu untuk berkunjung ke sana. Selain free wifi, gedung yang full ac dan parkiran yang sangat luas serta kondisi gedung yang sangat baik dan bagus membuat kita bisa sangat bentah berada di sana.

Jadi jangan ragu, tidak ada syarat khusus untuk bisa ke perpustakaan daerah, kalau meminjam buku kalian wajib jadi anggota perpustakaan dulu, untuk jadi anggota perpustakaan daerah juga tidak sulit dan gratis.

 


 

 

Posting Komentar

0 Komentar