{Book Review & Blogtour} Realize – Louisse Carreon

Judul Buku : REALIZE
Penulis : Louisse Carreon
Penerjemah : Orinthia Lee
Penerbit : Penerbit Haru
Penerbit Asal (Philippine Edition) : Pop Fiction, imprint of Summit Books
Tahun terbit : Cetakan Pertama, Desember 2017
Tebal : 280 Halaman
 ISBN : 978-602-6383-26-6
***
BLURB
Kehidupan Maxine Ferguson berubah setelah orangtuanya bercerai.
Cewek ini harus pindah ke New York, dan harus mengikuti gaya hidup di sekolah barunya yang diperuntukkan untuk anak-anak kelas atas :
 Sky International Academy
Ditambah lagi, anak sahabat ibunya, yang juga adalah tetangganya-
Todd Samuels- benar-benar tipe cowok berengsek sejati yang sombong dan tak berperasaan. Meski tak tahan, Maxine harus bersabar jika masih ingin terus bermain di band milik Todd yang bernama Sky Deviants.
Meski Todd menyebalkan, Maxine tidak dapat menyangkal fakta
bahwa Todd juga orang paling lucu yang pernah dilihatnya. Terlebih,
 chemistry di antara mereka berdua di atas panggung sangat mengasyikkan.
Pertanyaannya,
apakah chemistry di antara mereka ini hanya sekedar akting di atas panggung? Atau memang ada sesuatu yang terjadi diantara keduanya?
*****------*****------*****------****-----******

Karena kedua orangtuanya  bercerai maka Maxine bersama ibu dan adik laki-lakinya yang bernama Alex harus meninggalkan New Jersey dan pindah ke New York. Dan mau tidak mau Max harus pindah sekolah, padahal di sekolahnya yang lama Max termasuk siswi berprestasi dan  cukup populer.

Di New Jersey Max berkenalan dengan anak laki-laki yang bernama Todd. Todd adalah anak dari sahabat ibu Max dan ternyata unit tempat tinggal mereka pun bersebelahan. Tanpa sepengetahuan Max, sang Ibu telah mendaftarkan Max di sekolah yang sama dengan Todd yaitu Akademi Internasional Sky.

Hari pertama Max di Sky berjalan dengan mulus meskipun faktanya Todd tidak membantu sama sekali, bahkan Todd terkesan menjaga jarak dan bersikap acuh kepada Max. Kim menjadi teman pertama Max di Sky. Dari Kim-lah Max tahu bahwa band rock sekolahan mereka sedang mencari vokalis baru, di sekolahnya yang lama merdunya suara Max sudah tidak diragukan lagi banyak yang terpesona dengan suara Max, jadi Max tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk ikut audisi vokalis grup band rock Sky yang bernama The Sky Deviants.

Selain bersuara merdu Max juga bisa memainkan alat musik, semua personil The Sky Deviants terpesona dengan permainan jemari Max di atas tuts piano dan getaran suaranya sangat indah, menjadi paduan yang pas yang mampu menyihir semua orang yang mendengarkannya.

Semua personel The Sky Deviants menyukai kemampuan Max, tapi sayangnya Todd yang menjadi leader dari band tersebut tidak setuju, tapi Todd bisa apa saat semua personel band-nya menyatakan bahwa Max diterima menjadi vokalis The Sky Deviants. Dari sinilah Max berkenalan Petter pemain bas, Brian sebagai pemain gitar utama, Karl sebagai pemain gitar ritmis. Sementara Todd memegang drum dan Kim meskipun bukan bagian dari The Sky Deviants dia selalu bersama mereka dan sering menghabiskan waktu bersama Brian dkk.

Di sebuah pesta yang diadakan oleh salah satu murid junior di Sky, Max berkenalan dengan Josh, sepertinya Josh sangat tertarik dengan Max, tanpa di duga ia berhasil mencuri ciuman di pipi Max, dan tanpa Josh sadari sebuah pukulan yang sangat keras mengenai dirinya bahkan ia sampai terkapar di lantai. Bukan Max yang memukulnya tapi Todd.

Kenapa Todd bisa memukul Josh? Padahal meskipun Todd dan Max tinggal bersebelahan mereka tidak akrab dan bahkan sering bertengkar.
Apakah itu bentuk kepedulian atau ada alasan lain yang mendasarinya?
Dan bagaimana reaksi Max, saat tahu Todd memukul Josh?
Dan apa yang bakalan Josh lakukan setelah ia menerima pukulan dari Todd?
Simak kisah manis Max dan Todd selengkapnnya dalam cerita “REALIZE”

*****------*****------****--------*****------*****

Dengan gaya penceritaan yang lebih banyak menggunakan sudut pandang orang ketiga. Alur yang digunakan adalah alur maju sementara itu untuk plotnya meskipun sederhana dan simple tapi karena kemasanya dan cara penuturannya yang runut membuat cerita ini menarik dan enak buat dibaca. Sebenarnya dalam buku ini tidak hanya tentang kisah Max dan Todd, tapi kisah dari para personel anggota Sky Deviants juga mewarnai buku ini, dan membuat alur cerita semakin menarik. Selain itu karakter yang kuat dari awal hingga akhir menjadi salah satu kekuatan cerita ini.

Untuk setting tempat memang tidak hanya di sekolah ataupun di tempat tinggal Max, tapi ada di tempat pesta terus yang paling asyik adalah waktu Todd mengajak Max ke gedung yang bernama Empire State dan mereka naik ke lantai 86 (aku belum pernah naik ke sebuah gedung sampai lantai 86, bagaimana itu rasanya? Pasti deg degan).

Mengangkat tema tentang persahabatan, cinta remaja, dan tentang persaingan antar sekolah, kita sebagai pembaca dibuat simpati akan kuatnya persahabatan antar personel Sky Deviants, meskipun karakter mereka sangat beragam tapi mereka sudah saling mengerti dan saling memahami.

Ada berbagai karaker yang mewarnai kisah cerita Realize ini, antara lain ;
Maxine Fergusone ; berusia 16 tahun, mempunyai rambut indah yang berwarna merah kecoklatan dan mata cokletnya yang berbinar, dia juga memilik suara yang merdu, dan bisa bermain alat musik, kombinasi yang luar biasa bukan? Dan memang layak jika seorang Max menjadi idola dan banyak siswa pria dari Sky yang ingin mengajaknya berkencan. Beberapa teman di Sky Deviants mengatakan bahwa Max itu berbeda dengan cewek-cewek yang lain. Dia memang populer tapi tidak tergila-gila akan kepopulerannya, Max ini menurut aku dia selalu berfikir logis dan apa adanya, karena sifatnya ini bahkan Todd mempunyai julukan istimewa buat si Max. Untung dia punya Kim yang siap menjadi penasehat bagi Max.

Todd Samuels, Tampan dan penuh pesona dengan tubuhnya yang tinggi, berambut pirang kusut dan bermata biru, mempunyai tubuh yang ramping tapi tidak berotot, digandrungi banyak cewek tapi bersikap tidak peduli dan cenderung bersikap dingin kepada para cewek-cewek. Dia pintar dalam segala hal. Dalam hal musik dia bisa menciptakan lagu, di band rocknya Todd bertindak sebagai leader dan bahkan dia sebagai penggebuk drum, tapi di akhir-akhir cerita dia bisa bermain gitar ritmis dan bahkan menjadi vokalis suara dia juga sangat bagus. Tapi sayangnya untuk masalah percintaan Todd ini tidak sepintar dia bikin lagu romantis.

Peter Sullivan ; dengan ciri berambut cokelat dengan highlight pirang dan dia seorang pemain bas. Peter di playboy dia suka menggoda para cewek-cewek cantik di Sky, dan satu-satunya anggota Sky Deviants yang tidak terlibat urusan percintaan tapi ternyata Peter ini punya suatu rahasia dengan teman masa kecilnya.

Brian : Pemain gitar utama, dan merupakan ketua osis Sky juga. Pernah berpacaran dengan Kim, tapi karena mereka merasa lebih nyaman menjadi seorang sahabat. Dan terjebak dalam sebuah perasaan sahabat jadi cinta.

Karl Andrews ; Berambut merah dan berwajah kekanak-kanakan, bergaya paling roker dari teman yang lain.

Kimberly Nickerson atau biasa di panggil dengan Kim. Berwajah cantik berambut ikal panjang warna cokelat terang bermata ungu. Termasuk orang yang ceria dan bersahabat baik dengan Brian sejak meraka masih kecil.

Realize sendiri adalah novel jebolan wattpad tapi bukan di Indonesia melainkan di negara Filipina. Sama seperti novel jebolan Wattpad di Indonesia, Realize ini juga mendapatkan label “telah dibaca 8,5 juta kali di Wattpad.” Sebuah pencapaian yang luar biasa, karena memang cerita ini menarik. Ini adalah novel teenlit terjemahan pertama yang aku baca dan sepertinya aku sudah jatuh cinta dengan phil-fict pada pandangan pertama

Tapi ada sedikit yang mengganjal dalam novel ini, yaitu tentang latar belakang keluarga dari karakter dalam novel ini, meskipun sudah dijelaskan bahwa Sky adalah sekolah elite dan baik Max atau Todd selalu menggunakan limusin sebagai alat transportasi mereka, apalagi yang membuat takjub adalah hadiah-hadiah yang diterima oleh Todd waktu ulang tahun baik dari ayahnya ataupun teman-temannya, yang ada dalam benak ku “ini pekerjaan ayahnya Todd apa ya, ngasih kado ultah berupa mobil Lamborghini Reventon.” tapi secara keseluruhan ceritanya memang bagus, meskipun mereka terlahir menjadi orang kaya, tidak ada dalam cerita bahwa mereka suka foya-foya atau bertindak yang tidak baik. Mereka tetap hormat kepada yang lebih tua dan masih mengejar prestasi dengan usaha dan kerja keras yang mereka lakukan sendiri. Good job buat Max, Todd dan para Sky Deviants.
Sumber : wikipedia ; Hadiah Ultah Todd dari sang Ayah
Di atas sudah aku beritahu bahwa adegan yang paling ngeri adalah waktu Todd mengajak Max ke gedung berlantai 86, aku sudah kebayang ngerinya, kalau aku mungkin sudah gak berani berdiri ataupun menatap ke bawah, bawaannya parno duluan.

Tapi dikisah Max dan Todd ini, banyak adegan yang bikin senyum-senyum sendiri karena romantisme remaja mereka, ada juga adegan yang bikin sebal dan pengen jitak si Todd. Ahh pokoknya di sini ini komplit, semua perasaan ada dan dicampur dan dikasih bumbu cinta remaja yang bikin kelewat baper.

Dan adegan yang aku suka adalah waktu Todd dan Max datang ke Pesta Putih, pesta yang diselenggarahan oleh teman dari ibu Max dan Todd. Mereka bertemu di Pesta itu, di awali dari debat berkepanjangan seperti biasanya, di susul dengan perang makanan dan berakhir dengan tercebur ke dalam kolam secara bersamaan. Coba aja bayangkan, aku ketawa sendiri. Di dalam pesta dan kamu tercebur ke dalam kolam, pasti malu bukan dan bakalan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan dan untungnya di pesta itu tidak ada anggota Sky Deviants atau murid Sky lainnya. Di pesta ini menurut aku baik Todd dan Max terlihat menarik dan mempesona dengan gaun pesta mereka masing-masing.

Setelah berbagi adegan yang  aku suka, sekarang aku mau membagikan quote-quote yang menarik yang ada di dalam cerita ini. Dan antara lain sebagai berikut ini :

“Kau adalah teman terbaiknya. Kau bersama dengannya setiap saat.
Ambil saja kesempatan itu untuk mengatakan perasaanmu kepadanya.”
(Halaman 72)

“Kehidupan orang lain lebih menarik daripada kehidupanku. Itu tidak benar. Kehidupan setiap orang memiliki keunikan dan perbedaan masing-masing, termasuk hidupmu.”
(Halaman 147)

“Kau tidak bisa berhenti berpikir tentangnya. Tidak peduli betapa pun kau kesal pada apa yang dia lakukan, kau selalu menganggapnya menawan, bahkan menggemaskan. Kau menyukainya sekali pun dia membuatmu jengkel. Dan sekarang kau sedang berada pada batas kesabaranmu.Kau benar-benar jatuh cinta.”
(Halaman 152)

“Buka matamu dan dengar kata hatimu.
 Jangan ragu menunjukkan bagaimana perasaanmu kepadanya.”
(Halaman 170)

Pesan moral yang terkandung dalam cerita ini adalah aku cuplik dari sebaris kalimat yang ada di dalam buku yaitu:

“Masing-masing dari mereka menyadari sesuatu yang mendasar;
entah itu persoalan cinta, persahabatan atau keluarga, meskipun membutuhkan waktu, mereka semua menyadari bahwa mereka bisa menghadapi apa pun dan mengatasinya bersama. Sedalam itu ikatan mereka.”
(Halaman 267)

Ini kisah tentang sebuah persahabatan, tentang kuatnya persahabatan, tentang seberapa besar sahabat mendukungmu dalam setiap hal yang ingin kau capai, tentang seberapa besar kekuatan sahabat menjadikanmu lebih baik dan tentang seberapa kuat sahabatmu memberimu kekuatan untuk bangun dan bangkit kembali. Dan kalau cinta itu ungkapkan, jangan dipendam dan kita juga butuh sebuah pernyataan, karena kalau tindakan aja adakalanya malah bikin pusing.

Pecinta novel terjemahan dan pecinta genre teenlit kalian wajib baca kisah ini. Meskipun ini kisah genre teenlit terjamahan tapi untuk dikonsomsi para dedek gemes cukup recomended banget.

Bintang 4 untuk kisah Todd dan Max
***-----***------*****------*****
Sumber : diambil dari foto profil di akun twitter penulis @LouisseCarreon

Dia lulus dengan gelar sarjana jurusan Foreign Service di Universitas Lyceum Filipina di Cavite tahun 2013 lalu. Dia mulai menulis saat berusia dua belas. Dua tahun kemudian, dia menulis Realize. Dia lebih suka menulis cerita di buku-buku catatannya daripada menulis catatan pelajaran, dan dia sering melamun sepanjang pelajaran.

Dia seseorang perempuan yang penuh imajinasi, berjiwa bebas, penuh mimpi, pencari-buku, pecandu film dan maniak musik electrik. Mimpinya adalah untuk mengunjungi seluruh tempat-tempat bersejarah di dunia, terutama Eropa.

Dia menulis karena ingin membuat perbedaan dalam kehidupan seseorang lewat kata-katanya dan dia ingin membuat orang-orang tersenyum. Dia mendapatkan inspirasi untuk tulisannya dari musik dan lamunan-lamunannya.

Dia percaya bahwa dia bersaudara sejiwa dengan Percy Jackson dan Naruto.
akun Wattpad : @fallenbabybubu
Akun Twitter :@LouisseCarreon
Akun Instagram :  @louissecarreon
****- - - - - -******* -- - -- - - - - - ******
  
Pasti sudah pada menunggu info give away bukan?  Yuk langsung saja kita simak ketentuannya di bawah ini : 
1.      Kalian harus berdomisili di Indonesia. 

2.      Giveway hanya dilakukan di FansPage penerbit Haru. Jadi kalian harus follow akun FansPage Penerbit Haru. Selain follow FP penerbit Haru pastikan kalian juga follow akun medsos Penerbit Haru baik Twitter Penerbit Haru ataupun Instagram Penerbit Haru

3.      Untuk GA kali ini kalian harus mengumpulkan kata atau clue yang tersebar di 9 blog. Dari kata-kata itu nanti kalian kembangkan sebuah kalimat (min 1 paragraf, max 4 paragraf) dan kalimat itu nanti bakalan kalian tulis di FP penerbit Haru.

4.      bagikan info GA ini di akun sosmed kalian ya jangan lupa mention ke aku aja (optional ) , setelah itu sebagai data peserta yang ikut give away kalian cukup tinggalkan nama, akun FB kalian dan link share di kolom komentar di blog ini ya. 

5.      Berikut 9 blog yang wajib kalian kunjungi juga :


  • HYOUKA
 09 Februari ; Yessie L Rismar

12 Februari ; Ken Astri

15 Februari ; Alya Nur Fakhira
  •  SILENCE
10 Februari ; Fabiola Izdihar
13 Februari ; Amalia K
16 Februari ; Siti Nuryanti
  • REALIZE
11 Februari; Farida Endah 
14 Februari ; Oktabri Erwanda
17 Februari ; Nandia Anggraeni


Dan untuk clue dari blog aku adalah 



Selamat berburu dan semoga berhasil.

Final Giveaway-nya sudah di buka di akun FP penerbit Haru, klik ini link final giveway Hyoko, Silence dan Realize . jangka waktuny dari tanggal 19 Feb sampai 23 Feb. ikutan yaaa.... 

Giveaway hanya berlangsung di akun FP penerbit ya, jadi jangan sampai ketinggalan info-info tentang Giveaway ini yaa.  Jika ada pertanyaan terkait GA ini bisa langsung DM ke twitter @farida_271 atau email ke faridaendah@gmail.com
Untuk jadwalnya bisa lihat di bawah ini :


 aku ucapkan banyak terimakasih untuk penerbit Haru atas kesempatan dan kepercayaannya sehingga aku bisa menjadi bagian dari rangkaian blog tour kali ini. Sukses terus buat Penerbit Haru.


Posting Komentar

23 Komentar

  1. Nama: Masyithah Zatul 'Azmi
    FB: Masyithah Zatul 'Azmi
    Link Share:
    [Twitter] @chocobanana61
    https://twitter.com/chocobanana61/status/962522746587570176
    [IG] @itha8894
    https://www.instagram.com/p/BfClysPH8_g

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  2. Nama: Bety Kusumawardhani
    Twitter: @bety_19930114 https://twitter.com/bety_19930114/status/962621119088943107
    FB: Bety Kusumawardhani

    BalasHapus
  3. Nama : Indah Shalehah
    FB : Indah Shalehah Dewi
    Link : https://twitter.com/indah_shalehah/status/962733987843121153

    BalasHapus
  4. Facebook Elsita Fransiska Mokodompit
    Share https://twitter.com/sitasiska95/status/962739715953717248

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  5. Nama : Dhea Oktavina Noviyanti
    Fb : Dhea Oktavina Noviyanti
    Twitter : @dheon__
    Ig : deyew.reads
    Link share :
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1196140330520468&id=100003735387564&fs=0&ref=bookmarks

    https://twitter.com/dheon__/status/962321688087035910

    https://www.instagram.com/p/BfBNzUaFe4t/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  6. Nama : Zahrah Syaharani. A
    Fb : Zahrah Syaharani Aziz
    Link share :
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=214118712469852&id=100016151742360
    https://www.instagram.com/p/BfFmFY-gATO/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  7. Ten || Fb: Ten Alten || https://mobile.twitter.com/ten_alten/status/963206310035562496?p=v

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  8. Nama: Adinda Putri Citradewi
    FB: Adinda Putri Citradewi
    Link share: https://twitter.com/Adindaputri29D/status/963609845432696832

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  9. nama: Aulia
    FB: NunaaLia
    link share: https://twitter.com/nunaalia/status/964688312811139072

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

      final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

      semoga beruntung..

      Hapus
  10. Nama: Desita Wahyuningtias
    FB: Desita Itsmystyle
    Link share: https://twitter.com/desitaw97/status/965075408075935744

    BalasHapus
  11. terimakasih sudah ikutan Kak, jangan Lupa jalan-jalan ke 8 blog yang lainnya untuk menemukan clue baru yaa..

    final giveway ada di FP penerbit Haru, jangan sampai ketinggalan yaaa...

    semoga beruntung..

    BalasHapus
  12. Nama: Fitra Aulianty
    Fb: Hara
    Link share: https://twitter.com/fira_yoopies/status/966196495484628994

    BalasHapus
  13. Nama : Ni Komang Ayu Arista
    Fb : Ayu Arista
    Link share : https://twitter.com/AyuArista16/status/966642391548506113

    BalasHapus
  14. Nama: Nurfadillah
    Facebook: Nurfadillah Sirama
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1884036318296562&id=100000706377542

    BalasHapus
  15. Nama : Vivian Azalia
    Akun untuk share : Facebook : Vivian Azalia
    Link share : https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=2094908717405590&id=100006594456933&ref=bookmarks

    BalasHapus
  16. Buku ini keren. Saya pernah baca tp sayang gak sempat bikin review.

    Baru belajar bikin review buku dan hasilnya seperti ini Seperti Dendam Rindu Harus Dibayar Tuntas

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu