7 BARANG YANG BISA DIJADIKAN PEMBATAS BUKU, UNIK DAN ANTI MAINSTREAM


Ditengah gempuran buku digital dan aplikasi baca, buku fisik tetap mempunyai ruang tersendiri untuk para penikmat buku. Membaca buku fisik memang mempunyai sensasi tersendiri dibanding membaca buku digital atau membaca di aplikasi.

Tidak semua buku bisa dibaca sekali duduk, dan tidak semua orang juga bisa menyelesaikan membaca buku dalam satu kali duduk. Adakalanya satu buku bisa selesai dibaca butuh beberapa waktu, dan bagi pecinta buku yang pasti sayang sekali dengan bukunya, pantang untuk melipat halaman, di mana sebagai tanda membaca sampai halaman berapa.

Dan oleh sebab itu maka diperlukan adanya pembatas buku atau bisa disebut dengan istilah bookmark. Keberadaan pembatas buku atau bookmark ini sangat penting bagi seorang yang hobi membaca. Karena dengan pembatas buku ini kita bisa menandai halaman terakhir yang di baca, dan dengan mudah menemukannya saat mau membaca kembali.

Salah satu manfaat dari pembatas buku ini adalah kita tidak perlu melipat halaman di dalam buku, jadi bisa membuat buku lebih awet dan tidak cepat rusak. Jadi keberadaan pembatas buku ini sangat penting sekali bagi pecinta buku.

Hampir sebagain besar buku terbitan lokal (Indonesia) selalu memberikan secara gratis atau sebagai bonus pembatas buku, tapi bagaimana saat kita membeli buku baru yang tidak ada pembatas bukunya? dan bagaimana jika kita membeli buku preloved yang juga tidak ada pembatas bukunya? Apakah itu berarti kita harus melipat halaman buku? padahal kita sayang sekali sama buku itu, dan tidak ingin merusaknya.

Taukah kalian bahwa ada banyak barang di sekitar kita yang bisa kita gunakan sebagai pembatas buku, barang apa sajakah itu?

INILAH 7 BENDA YANG BISA KITA GUNAKAN SEBAGAI PEMBATAS BUKU:

 

STRUK BELANJA

Biasanya kalau dapat struk belanja bagi sebagian besar orang pasti hanya akan berakhir di tempat sampah. Tapi taukah kalian kalau kertas struk belanja ini bisa dipakai untuk pembatas buku.

Kalau kalian mahir membuat origami, kertas struk bisa dibuat untuk bahan origami yang pastinya bakalan menghasilkan bentuk yang unik dan cantik. Selain dengan origami bisa dengan di laminasi dan pastinya jauh lebih awet karena bakalan tidak mudah lecek.

Atau bisa juga dengan memberi solasi / lakban yang bening di seluruh badan kertas struk, meski tidak setebal dan sekuat yang dilaminasi, tetapi tetap rapi dan bagus. Jadi kalian bisa menggunakan kertas struk belanja sebagai pembatas buku.

 

BEKAS KARTU PERDANA / KARTU2 LAIN SEJENIS

Setiap kita membeli satu paket kartu perdana, pasti akan ada tempat kartu ponsel kita, itu daripada di buang sayang, lebih baik digunakan sebagai pembatas buku dan dapat dipastikan pasti awet dan bisa dipake berulang kali.

Tidak hanya berlaku untuk kartu perdana nomer ponsel saja, tetapi segala macam kartu yang sudah tidak bisa digunakan lagi bisa dialihfungsikan sebagai pembatas buku. Semisal seperti kartu nama, kartu keanggotaan yang sudah habis masa berlakunya dan kartu lainnya.

PEMBATAS BUKU COSTUM (CETAK DAN DESAIN SENDIRI)

Ini kita bisa membuat sendiri atau bisa melalui jasa percetakaan. Untuk masalah desain atau konsep pembatas buku ada banyak referensi baik yang gratis atau perbayar melalu aplikasi / website canva. Ada banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera kita.

Selain melalui canva, di marketplace juga banyak yang menjual jasa desain dan cetak pembatas buku costum, yang bisa disesuaikan dengan keingan pembeli.

Aku pernah membuat pembatas buku custum yang aku pesan secara online, jadi aku tinggal mengirim gambar yang aku inginkan kemudian setelah jadi penjual tinggal mengirim. Dulu harganya cukup murah, tapi sayang aku mau kembali pesan, ternyata aku mencari di riwayat barang yang aku beli tidak ketemu, mungkin karena terlalu lama.

STICK ES KRIM

Hayo siapa yang kalau beli es krim bekas stick es krim di buang begitu saja. Ternyata barang yang kita anggap tidak bisa dimanfaatkan ini masih bisa gunakan kembali. Selain bisa dibuat kerajinan tangan, stick es krim juga bisa digunakan untuk pembatas buku lho.

Tapi jangan lupa untuk di cuci bersih dulu, dan pastikan stick es krim sudah benar-benar kering sebelum kita gunakan sebagai pembatas buku. Kita juga bisa memberi sentuhan warna - warna di stick es krim biar bisa tampak keren dan cantik

LABEL / MERK PAKAIAN

Selain stick es krim yang langsung kita buang, pasti benda satu ini juga akan berakhir di tempat sampah. Label / merk pakain adalah dari sekian banyak barang yang kita anggap tidak berguna, setelah kita membeli pakaian baru otomatis label yang terpasang pasti kita buang. Ini bukan label merk pakain yang kain nempel di bagian tengkuk, tapi ini tentang label / merk yang biasanya berupa kertas dengan berbagai macam bentuk dan warna.

Dulu aku juga begitu, aku buang ke tempat sampah begitu saja, tapi setelah dipikir-pikir kok banyak sekali variasi warna dan model dan label pakaian ini, apalagi bentuknya lucu-lucu dan cantik akhirnya sayang kalau di buang begitu saja dan terpikirlah untuk aku pakai sebagai pembatas buku saja.

DAUN / BUNGA KERING

Daun atau bunga kering bisa dijadikan pembatas buku? bisa  tapi pastikan bahwa bunga atau daun ini sudah benar-benar kering, kalau belum kering dikhawatirkan nanti malah akan meninggalkan bekas di kertas dan membuat rusak buku.

Kalau ingin lebih awet dan aman terhadap buku bisa dilaminasi atau laminating. Selain aman terhadap buku juga bisa di pakai berulang kali.

FOTO

Foto juga bisa kita gunakan sebagai pembatas buku. Foto memang menyimpan banyak kenangan atau cerita tersendiri bukan, jadi tidak ada salahnya jika kita menempatkan foto-foto tersebut ditempat-tempat yang membuat kita bahagia, ya salah satunya bisa kita gunakan untuk pembatas buku, sambil membaca kita melihat foto-foto tersebut dan pastinya akan menimbulkan rasa bahagia.

Membaca buku saja sudah membuat bahagia, apalagi kalau sambil melihat kenangan-kenangan indah yang pernah kita buat, pastinya bakalan double bahagia bukan.

Kalau aku pribadi yang aku pakai adalah foto idol tercinta dan tersayang ku. kalau kalian pakai foto juga nggak untuk pembatas buku?

 

Itulah 7 barang yang bisa kita gunakan sebagai pembatas buku. Aku tipe yang kalau itu pembatas buku bawaan dari buku, biasanya tetap aku taruh di buku tersebut meski aku sudah selesai membacanya, sementara kalau itu pembatas buku bukan bawaan dari buku biasanya aku ambil lagi dan bakalan aku pakai lagi nanti untuk membaca buku selanjutnya.

Kalau kalian versi yang mana? dan pembatas buku favorit kalian yang seperti apa? share di kolom komentar yuk..

Sampai jumpa dipostingan selanjutnya segala hal berkaitan dengan buku

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar