{Book Review } Dermaga Masa Lalu – Ainun Nufus & Asri Rahayu MS

Judul Buku : Dermaga Masa Lalu
(Ketika Kenangan Menyapa Cinta Lalu)
Penulis : Ainun Nufus & Asri Rahayu MS
Penerbit : DIANDRA KREATIF (Kelompok Penerbit Dindra)
Tahun terbit : Cetakan Pertama, April 2015
Tebal : x + 187 Halaman
 ISBN : 978-602-336-144-1
Bookmail untuk event #ObrolinBuku di bersama Gengs Peeky Book Tourian
***
BLURB
Kamu tak pernah menjauh.
Tetaplah di situ.
Aku tahu caranya mundur.
Walau hatiku hancur.
Mungkin kita bahagia di cerita yang berbeda.
Biarlah takdir yang bercerita.
-cerita lain dari My Future-

 *****------*****------*****------****-----******
Krystal Shanney setelah enam tahun waktu yang ia perlukan untuk sekedar melupakan kenangan buruknya, kini ia harus dihadapkan pada sebuah kenyataan baru, kepindahannya menjadi sekretaris dari direktur utama membawa dirinya untuk bertemu dengan Elzico Tamma.

Bagaimana ia harus menghadapi semua ini? Masa lalu itu kembali hadir di hadapannya. Elzico Tamma atau Zico dulu sebelum peristiwa enam tahun lalu adalah sahabat baik Krystal. Tapi kesalahan fatal telah dilakukan oleh Krystal ia nekad menyatakan cinta kepada Zico, tapi penolakan Zico membuat ia bersedih dan Krystal berharap Zico tidak menjauh darinya karena hanya Zico yang Krystal punya. Tapi semuanya diluar harapan Krystasl, penolakan Zico dan Zico yang menghindar serta selalu menjauh dari krystal, membuat luka yang sulit untuk di sembuhkan itu menumbuhkan kebencian Krystal kepada seorang Zico.

Lalu apa gunanya Krystal melupakan luka selama enam tahun, jika sekarang ia dihadapkan kepada si pembawa masalah itu. Mau tidak mau Krystal harus sering bertemu dan berinteraksi dengan Zico, karena Zico adalah direktur utama yang baru di perusahaan Krystal bekerja.

Krystal tidak mampu jika harus berhadapan dengan Zico setiap hari, luka lama itu muncul kembali dan Krystal tidak mau ia akan semakin terluka. Hubungannya dengan Zico tidak akan bisa lebih baik karena Krystal tahu ada Siana dan Zalieya Amieera di kehidupan Zico.

Krystal memutuskan untuk resign dan pergi menjauh dari Zico. Krystal tidak ingin luka itu kembali terbuka lebar. Krystal mencoba kembali melupakan masa lalu dengan pergi menjauh dari Zico.

Di pelariannya ini Krystal bertemu dengan Ben. Direktur di tempat Krystal bekerja. Dengan Ben Krystal bisa kembali menjadi Krystal yang dulu, periang dan murah senyum.

Hubungan Ben dan Krystal sudah seperti simbiosis mutualisme. Ben yang sering bersikap dingin kepada bawahannya kini bisa bersikap lebih ramah dan lebih ceria. Ben yang punya masa lalu yang tidak kalah menyakitkan dan menyedihkan dari Krystal.

Akankan dua orang yang punya masa lalu buruk ini akan bisa saling membahagiakan?
Kenapa di pertemuannya kembali dengan Krystal, Zico mengucapkan kata ‘maaf’ berulang kali?
Masa lalu seperti apa yang menyakitkan seorang Ben?
Bagaimana perasaan Krystal, Zico, Ben dan juga Siana?

Simak kisah selengkapnya tentang melupakan masa lalu yang terus terbawa hingga hari ini di “DERMAGA MASA LALU” karya Ainun Nufus dan Asri Rahayu MS
*****------*****------****--------*****------*****

Penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam penggambaran cerita. Tidak kecenderungan mengangkat satu sudut pandang. Karena di saat yang sama kita juga bisa bisa melihat apa yang dirasakan oleh tokoh-tokoh dalam cerita.

Tapi kita sebagai pembaca tetap dibuat penasaran dengan ‘apa sih latar belakang kisah ini’, karena kisah ini bukan hanya tentang sekedar Zico yang menolak ungkapan rasa dari Krystal. Semuanya bakal terjawab satu persatu dengan baik dan urut.

Kisah ini memang hasil duet mau yang keren antara Ainun Nufus dan Asri Rahayu. Kalau Ainun Nufus atau bisa dipanggil dengan Ai adalah penulis dari wattpad yang sudah tidak diragukan lagi, karena karyanya memang sudah banyak. Untuk Kak Asri aku sedikit kaget, kak Asri atau kak Princess aku tahunya kakak cantik ini adalah blogger buku, ternyata kalau nulis keren juga. Aku bingung membedakan di bagian mana tulisan keduanya, karena dari cara penulisan keduanya kelihatan sama. Dua jempol buat masing-masing penulis keren.

Karakter-karakter dalam cerita ini mempunyai satu kesamaan yang sama yaitu sama-sama pernah melakukan sebuah kesalahan di masa lalu dan menyesali hingga kini. Intinya mereka masih terjebak dengan masa lalu. Masa lalu seperti apa itu?? Aku tidak mau bercerita, baca sendiri saja bagaimana kisah mereka tapi dilarang baper yaa.

Ada beberapa karakter dalam cerita ini antara lain :
Krystal Shanney : awalnya dia memang gadis yang ceria tapi karena masa lalu dengan sahabat baiknya ini Krsytal menjadi gadis yang pendiam. Siapa yang tidak akan sakit hati jika seperti Krsytal. Ia di jauhi oleh sahabat baiknya macam virus menular. Kalau aku jadi Krystal aku juga pasti akan benci kepada Zico, bukan karena Zico menolak pernyataan cinta tapi lebih kepada ‘kenapa Zico menjauh dan menghindar itu aja’. Persahabatan mereka sudah lama seharusnya tidak semudah itu memutuskannya.

Elzico Tamma ; dia tipe cowok bertanggung jawab, Penyayang, pencemburu dan bukan jenis cowok yang menghalalkan segara cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Karakter seperti Zico bukan karakter yang pasrah tanpa usaha, tapi dia lebih kepada ‘tidak perlu memaksakan hal-hal yang memang diluar kemampuan kita’.

Ben ; tipe pemimpin yang menjadi idola bawahannya meskipun ia bersikap dingin kepada bawahannya, dan kemudian berubah menjadi ceria, jahil saat berhadapan dengan Krystal. Dan Ben juga seorang yang penyayang. Aku cinta Ben kak. Suka sama si Ben ini diriku.

Siana ; Awalnya aku menunding Siana ini tokoh jahat, tapi di akhir-akhir ternyata Siana ini juga korban masa lalu. Penyesalannya terlalu dalam hinggan menjadikan Siana bahwa dia harus bisa lebih baik dari masa lalu, mencoba tegar dengan segala kondisi dan kesalahan yang telah ia lakukan.

Dan dari keempat tokoh itu aku suka dan tersentuh dengan kisah Ben dan Siana, tapi yang bikin gemes adalah Zalieya Amieera yang di panggil dengan Za, panggilan yang unik bukan?

Dari pemilihan cover dan judul sudah cocok dan sejalan dengan kisah yang diceritakan. semua tokoh punya masalah dengan dermaga hati mereka masing-masing di masa lalu.

“Bukannya dia tak mau tahu,dia sangat ingin tahu tapi menurutnya menggali masa lalu sama saja dia tak mampu menjauh dari dermaga. Dia ingin kapalnya segera berlabuh menjauhi dermaga masa lalu.menikmati saat kapalnya berlayar menuju lautan luas dengan masalah dan kenikmatan yang berbeda.”(Halaman 153)


Penggambaran konfliknya bertahap dan akhirnya dikejutkan dengan fakta yang tidak aku duga sebelumnya, dikemas dengan cantik apalagi pilihan diksi-nya ya Tuhaaan aku baper, dibuku banyak sekali yang aku tandai di mana kalimat itu bikin aku baper dan masalahnya aku suka sekali dengan kata-kata yang mengundang rasa kebaperan tingkat tinggi.

Secara keseluruahan cerita memang menarik, tapi dari segi setting tempat menurut aku kurang di explore lagi dan ada beberapa typo penulisan yang bertebaran dan semoga ke depannya bisa lebih baik lagi.

Dari beberapa adegan yang terdapat dalam cerita ini, yang aku suka adalah :
“Waktu Krystal pingsan kemudian di tolong Zico, setelah sadar Krystal pingsan lagi.” adegan ini lucu menurut aku, kebayang kayak di sinetron-sinetron yang ada TV.

Selain itu waktu Krystal jalan – jalan di pantai, di mana saat itu Krystal melamun dan berbicara dengan dirinya sendiri. Itu aku suka karena pada dasarnya saat kita sendiri, kita akan bisa bersikap jujur pada diri kita sendiri tidak ada kebohongan. Dan aku suka momen-momen di mana saat aku sendiri dan berbicara dengan diriku aku sendiri.

Saatnya tebar-tebar quote yang terdapat dalam cerita “DERMAGA MASA LALU”

“Orang bilang jika dia merelakanmu itu tandanya dia mencintaimu terlalu dalam. Benarkah itu? Tak ada seorang pun yang tahu akan keberadaannya. Itu semua bergantung akan perasaanmu sendiri.”(Halaman 138)

“Mencari harapan baru tanpa masa lalu yang bermuara padaku.”(Halaman 132)

“Bersamamu adalah mimpi yang sempat kuhentikan”(Halaman 161)

“Seberapa buruk orang di masa lalu tetap saja dia pernah punya arti entah itu apa, apalagi dia yang pernah membuat bahagia. Pastilah artinya bukan sekadar masa lalu yang tak berharga.”
(Halaman 164)

“Mencintaimu aku memang memiliki banyak alasan. Tapi aku tak punya alasan untuk meninggalkanmu kecuali Tuhan memanggilku.”(Halaman 166)

Sebenarnya ada banyak untuk pilihan quote, tapi aku pilih itu saja, kalau semua yang aku suka aku tulis di sini, bisa – bisa ketebak bagaimana jalan ceritanya.

Pesan yang ingin disampaikan dalam kisah Zico-Krystal-Ben-Siana yang saya tangkap adalah bahwasanya masa lalu ada bukan untuk menghambat jalan kita di masa depan, tapi sebagai bentuk pembelajaran kalau kita bisa lebih baik dari saat itu. Hidup itu pilihan, jika menjauh ataupun mencoba bertahan sama-sama sakit yang kita rasa, tetap masih ada pilihan bukan? Setidaknya kita memilih luka mana yang paling kecil. Karena bahagia adalah hak setiap orang.

Seperti apa yang tertulis di halaman 127, yaitu sebagai berikut :

“Tuhan tak pernah salah, hanya kita saja yang salah dalam menikmati setiap nikmat dan moment yang diberikan tuhan kepada kita. “

Bagi kalian pecinta romance  yang bikin baper, yang suka dengan kisah-kisah masa lalu, kisah susahnya move on  dan tentunya pecinta tulisan karya anak Indonesia kalian harus membaca kisah ini.

Bintang 3 untuk kisah Krystal-Zico-Siana-Ben.

***************--------------------******************

Ainun Nufus
Sumber ; Twitter.com/ainunufus

Perempuan dengan keinginan bisa makan enak setiap waktu, itu saja. Masih jadi warga Jogja sampai saat ini, jadi buat teman-teman yang tinggal di Jogja jangan lupa ajak-ajak dia buat kumpul manis.
Fb : @ainunufus
Wattpad : @ainunufus
Wordpress : ainufusblog.wordpress.com

Asri Rahayu MS
sumber ; twitter.com/princessashr

Wanita yang lahir di Yogyakarta ini selain memiliki hobi menulis, juga memiliki hobi fotografi, kuliner, dan membaca. Setelah lama tak berkecimpung dalam dunia menulis, akhirnya pertemuannya dengan Ainun Nufus membangkitkan kembali bakatnya yang sudah lama terpendam. Tulisannya pun masih bisa dibaca di blognya ataupun di situs wattpad.
Temukan Asri di twitter (@princessashr)
Facebook (@asrirahayums)
Wattpad (@princessasshar)


****- - - - - -******* -- - -- - - - - - ******

Terimakasih buat Kak Ai, Kak Inces, Peeky Book Tourian dan Diandra Kreativ atas kesempatan dan kepercayaannya,
Akhirnya setelah sekian lama aku bisa dapat memiliki novel ini, dulu sekali pernah ikutan rangkaian blogtour di beberapa akun book blogger tapi tidak berhasil, ternyata hanya masalah waktu saja.
Sukses terus buat semua, di tunggu lagi karya duet maut nya ya kak..





Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu