{Book Review} Nona Teh dan Tuan Kopi (PARAK) - Crowdstroia

Judul Buku : Nona Teh dan Tuan Kopi PARAK
Penulis : Crowdstroia
Penerbit : KataDepan
Tahun terbit : Cetakan Pertama, 2017
Tebal : 352 Halaman
 ISBN : 978-602-6475-29-9
Harga : Rp. 70.000 (Harga Asli sebelum diskon) Beli di TBO Grobmart
***
BLURB
Dalam secangkir teh, adakalanya kalian temukan rasa manis jika meminumnya dengan gula. Pahit, mungkin saja. Sejatinya, yang tercecap adalah sepat semata. Kalian mungkin tak pernah tahu apa yang tersimpan dalam secangkir teh yang tertuang.
Begitu pula si Nona Teh, seorang perempuan lajang dengan karier cemerlang. Pada usia tiga puluh tiga, dia pikir hidupnya berjalan baik-baik saja. sampai ketika dia bertemu dengan seorang lelaki pembawa sekeping masa lalunya yang tak pernah dia tahu.
Dalam secangkir kopi, ada rasa pahit yang pekat saat kalian menyesapnya tanpa gula. Namun, dengan caranya sendiri, secangkir kopi menyemangati, membuat kita seketika terjaga.
Kalian bisa menyebutnya si Tuan Kopi, seorang laki-laki mapan yang belum menikah. Bukalah komitmen yang dia takutkan, melainkan sekotak masa lalu hitam yang mencakar benak ketika dia terbangun dari mimpi buruk. Kejadian demi kejadian mempertemukannya dengan perempuan pembawa kebetulan. Namun, apa bertemu kebetulan beruntun saja sudah cukup untuk menyakini sesuatu?
Percayakah kalian pada kebetulan? Percayakah kalian tentang kepak kupu-kupu di benua lain yang menjadi penyebab badai di benua sebelahnya?
Aku percaya. Karena itulah aku menulis kisah ini.
Selamat membaca, semoga kalian menemukan kebetulan yang bisa dipercaya.
*****------*****------*****------****-----******

Varhsa Kalamari, harus menelan pil hati saat semua orang bertanya kepadanya tentang pernikahan. Dua kakak laki-lakinya sudah menikah bahkan sudah punya keponakan yang beranjak besar, selain itu diapun sudah dilangkahi adik perempuannya untuk menikah. Usia sudah 33 tahun dengan karier yang sangat baik. Orang lain memandang Varsha mungkin dia seorang pemilih dengan type calon suami yang high quality, tapi nyatanya dia bukan seorang pemilih. Rastra laki-laki yang dikenalkan oleh istri sahabat baiknya itupun ia terima dengan tangan terbuka meskipun ia tidak berharap lebih dari perkenalan itu, setidaknya ia menambah teman baru. Bagaimana Varsha bisa mengerti seperti apa sosok calon suami yang baik saat ketiga laki-laki dalam hidupnya dengan tega berselingkuh di depan pasangan mereka masing-masing? Varsha tahu dengan pasti bagaimana rasanya menjadi anak ketika ayah dan ibu mereka dalam hubungan yang tidak baik.

Akankah Varsha dan Rastra akan berhasil menjalin sebuah hubungan dari apa yang mereka rencanakan?

Regen Argentara, direktur di sebuah perusahaan. Pertemuannya dengan Varsha, saat itu Varsha melamar di perusahaan yang sama dengan Regen, dan posisi Varsha adalah sekretaris Regen. Varsha membawa Regen ke dalam sebuah kenangan masa lalu. Kenangan yang menjadi misteri karena hanya Regen yang tahu. Varsha dengan mudah diterima oleh lingkungan keluarga Regen, karena memang perusahaan Regen adalah perusahaan keluarga. Tanpa diketahui siapapun tiba-tiba Regen menghilang tanpa kabar, tapi kenapa semua petunjuk tentang keberadaan Regen penuh misteri dan mengarah kepada Varsha.

Ada hubungan apa Varsha dengan menghilangnya Regen?
Petunjuk seperti apa yang Regen berikan untuk bisa menemukan dirinya?

Semua kisah itu bisa kita temukan dalam cerita “Nona Teh dan Tuan Kopi” karya Crowdstroia

*****------*****------****--------*****------*****

Standing applus dulu buat penulis yang telah menulis kisah Varsha dan Regen ini.

Penulis menggunakan dua PoV yang berbeda, yang di bagi dalam dua bab. Yang pertama cerita si Nona Teh yaitu Varsha dan yang ke dua dari cerita si Tuan Kopi yaitu Regen.

Aku bingung mau jelaskan bagaimana alur dari NTdTK ini, karena memang beda dengan cerita pada umumnya. Tidak ruwet tapi tidak sesederhana yang biasanya. Meskipun begitu jalan ceritanya tetap mudah untuk dipahami.

Untuk setting tempat memang selain di ibukota juga ada setting tempat yang menceritakan di Jerman dan di pemakaman. Untuk setting di Jerman aku seolah-olah tidak terlalu peduli dengan kondisi tempat tapi aku lebih fokus kepada apa yang di lihat dan di rasakan Varsha. Kalau biasanya itu kita akan terpesona dengan bagaimana penulis menceritakan dengan detail keadaan dan kondisi di tempat kejadian, sama halnya waktu setting di pemakaman, di sini Troia tidak menggambarkan dengan sebuah kesedihan ataupun tangisan tapi ada satu sisi yang ia angkat yang ternyata berhubungan langsung dengan jalan cerita.

Mengambil tema tentang “kebetulan”, Troia membuat semacam pembuktian bahwa segala hal yang kita temui, baik itu perkara kecil ataupun besar selalu berhubungan dengan diri kita baik masa sekarang ataupun masa depan. Siapa sangka secarik pesan yang dia dapat dari pengunjung cafe sebelum dirinya, yang Varsha jadikan gantungan menjadi cerita Varsha di kemudian hari. Siapa yang menyangka jika makam di dekat makam ibu-nya membawa ia ke dalam cerita tentang masa lalu.

Seperti yang aku tuliskan di atas, bahwa segalanya punya hubungan satu sama lain, sama halnya dengan karakter-karakter dalam cerita ini, setiap karakter satu dengan karakter lainnya mempunyai hubungan benang merah yang saling berhubungan. Lagi-lagi ini tentang sebuah kebetulan.

Karakter utama dan karakter pendamping, semuanya mempunyai porsi yang pas. Tokoh pedamping tidak hanya sekedar mendampingi yang kemudian hilang tanpa bekas. Ia ada dan terlibat secara langsung dengan jalan cerita. Cara Troia memasukkan mereka ke dalam cerita tidak ada kesan memaksakan.

Karakter dalam cerita ini memang tidak hanya Varsha dan Regen. Karakter Varsha sendiri, dia perempuan hebat, kemandiriannya sudah tidak di ragukan lagi. dia cukup bisa berfikir positif akan dirinya di saat hal buruk ada di sekitarnya. Sangat menyanyangi sang Ibu. Dan pengendalian dirinya yang sangat luar biasa. Melihat karakter Varsha aku bisa bilang bahwa karakter Varsha ini adalah adalah karakter seorang wanita cerdas. Dan Varsha ini adalah si pecinta minuman teh.

Sementara Regen, dia ini paling misterius, baik orangnya maupun cerita kehidupannya. Regen pria yang ramah dan menyayangi semua orang. Karena dia menyimpan rahasia dalam hidupnya maka ia terkesan dingin. Dan Regen ini pecinta kopi.

“Dunia ini nggak seindah yang kita bayangkan, dan nggak berjalan selancar yang kita harapkan. Gue juga sadar bahwa beberapa orang yang mungkin memang nggak bisa menemui jodohnya di dunia.”
(Halaman 80)

Awal mula membeli buku ini, aku memang tertarik sama judul dan covernya, judul dan covernya unik dan bikin penasaran. Dan ternyata NTdTK ini adalah salah satu pemenang di Watty 2016. Covernya bukan sekedar gambar yang enak dilihat, dan bukan hanya sekedar “Cover sudah berbicara”, ada makna sendiri di balik semua itu.



Font tulisan yang dipakai juga berbeda, bukan seperti tulisan pada novel / cerita yang lain, font-nya lebih besar dan menurut aku juga tetap enak dibaca

Aku sendiri masih belum tahu, apa itu Parak? Yang dijadikan bagian judul dalam cerita ini, dan untuk sequel yang ke dua nanti pakai “ARKAIS”, apa itu artinya?

Semoga semua terjawab di sequel yang kedua. Ini yang bikin gemes dan sedikit bikin kecewa yang membaca. Tapi malah membuat kita jadi menunggu kapan ARKAIS akan muncul. Berdasarkan info dari akun medsos penulis mengatakan bahwa kalau tidak bulan Februari ya Maret Arkais akan muncul. Kita tunggu sja kelanjutan kisah Varsha dan Regen ini?

Selain itu, ada lagi yang bikin tidak asyik, tapi tidak mempengaruhi cerita sebenarnya, yaitu tidak adanya pembatas buku. He he he. Sayangkan kalau harus melipat bukunya.

Tapi terlepas dari semua itu, buku ini memang keren dan luar biasa. Akan dibuat terpengarah lagi saat tahu bahwa penulis pada waktu menulis cerita ini dia masih berusia 17 tahun, dan tokoh yang digambarkan adalah tokoh dengan usia 33 tahun beserta konflik di usia tersebut, tidak kelihatan sama sekali. Sungguh luar biasa. (17 tahun aja sudah bisa menulis seperti ini, apalagi nanti saat usia Troia sudah semakin dewasa, semakin banyak pengalaman, pasti akan lebih warbyzaaa cerita yang dia hasilkan.)

Bagian yang aku suka adalah interaksi Hektor dan Varsha, serta Hektor dan Regen. Siapakah Hektor ini? Tidak akan aku kasih tahu. He he he. Kenapa aku menyukainya? Karena saat seperti itu kita tahu seperti apa sosok Varsha dan Regen yang sebenarnya.

Beberapa quote favorit aku yang ada dalam cerita ini, antara lain :

“Gue nggak mengecilkan kekuasaan Tuhan. Gue cuma berusaha untuk ikhlas Gue nggak mau menuntut jodoh ini-itu. Jika Tuhan memberi gue kesempatan untuk bertemu jodoh di dunia, gue minta tolong kepada-NYA untuk di dekatkan. Tapi jika Tuhan ingin mempertemukan jodoh gue di akhirat, gue ikhlas.”
(Halaman 80)

“Varsha, hakikat tertinggi dari mencintai tidak selamanya tentang memperjuangkan, melainkan juga untuk melepaskan.”
(Halaman 162)

Pesan-pesan yang ingin disampaikan oleh penulis yang aku tangkap dan pahami adalah apa yang kita lihat dari kisah orang di sekitar kita ternyata membawa dampak yang tidak sepele terhadap kita sendiri. Dan Varsha Regen memberi tahu kita bahwa jodoh yang tepat akan datang di waktu yang tepat. Kemandirian Varsha dan kemisteriuasan Regen mengajarkan kita untuk tetap berfikir positif dan yakin bahwa memang ini yang harus dijalani.

Berbicara tentang sebuah “kebetulan”, yang aku tahu hal-hal yang kita katakan kebetulan, sejatinya sudah dirancang dengan indah oleh Tuhan YME untuk kita, untuk kehidupan kita sekarang dan masa depan. Jadi tetaplah berfikir positif tentang hidup ini. Seperti Varsha dan juga Regen.

Kalau kalian memang benar-benar mencari bacaan yang anti-mainstream kalian harus baca cerita ini. Bukan sekedar kisah romance tapi sarat akan sebuah makna. Selamat membaca dan hayo baca sebelum seri lanjutannya muncul dan beredar di pasaran.

Bintang 5 untuk kisah Varsha dan Regen.

-----*****-------*******------******-------

CROWDSTROIA

Troia mengawali dunia menulis dengan mengetik cerita yang tidak pernah dia publikasikan dimana pun. Memasuki SMP, dia baru berani mempublikasikan fiksi penggemar ke internet. Wattpad adalah media baginya untuk mempublikasikan cerita orisinil pertama. Selain menulis, hobinya adalah melukis dan membaca novel. Kini, dia tengah menjalani semester empat jurusan Teknologi Hasil Perairan IPB. Nona Teh dan Tuan Kopi adalah cerita yang ditulisnya semenjak SMA.
Dia bisa dihubungi di instagram @crowdstroia dan wattpad : @Crowdstroia
****- - - - - -******* -- - -- - - - - - ******


Posting Komentar

7 Komentar

  1. Sepertinya menarik. Judulnya bikin penasaran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, aq awaLnya memang kepo sama juduLnya...tapi ceritanya memang benar benar keren kan....cuzz Langsung baca az kak bukunyaa...

      Hapus
  2. Arkaisnya udah ada... Bagus..

    BalasHapus
  3. Menunggu lanjutannya.. Apakah sudah ada di gramedia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelanjutannya ARKAIS, sudah ada di gramedia ataupun toko buku online....segera baca karena memang jos ceritanya

      Hapus
  4. Pengen baca, tp beli dimana ya

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu