{Book Review) THE DOLPHIN DREAMS




Judul Buku : The Dolphin Dreams
Surga itu Kutemukan di Waigeo
Penulis : Panji Pratama, dkk
Penerbit: de TEENS
Tahun terbit : 2013
Cetakan : Pertama
Tebal : 231 Halaman
ISBN : 978-602-279-086-0
***
Blurb
“Tanpa bisa kujelaskan secara nalar, kakiku langsung bergegas menuruni hotel dan berlari sekencangnya ke arah perempuan itu. Aneh, hari pertama kumulai dengan hal yang luar biasa. Dan, memang harus begitu. Kenapa harus diganggu dengan pemandangan tidak terduga. Gadis lokal berpakaian serba putih di tepian tebing menantang maut? Bunuh dirikah?”
Kisah-kisah terbaik dari lomba cerpen #SetiapKotaPunyaCeritaCinta tersaji dengan apik. Cerita berlatar kota-kota di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Raja Ampat. Ada air mata, pengorbanan, tawa, canda, keikhlasan, pun rindu. Semua kepingan rasa bercampur aduk menjadi petualangan maupun seni kehidupan. Ada banyak cinta di #SetiapKotaPunyaCeritaCinta.
***
Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian blurb  dan dari sampul bukunya sudah jelas bahwa buku ini merupakan buku kumpulan cerpen dari para kontributor atau pemenang dalam lomba #SetiapKotaPunyaCeritaCinta. Ada 11 cerita pendek plus 1 bonus cerita. 11 cerita tersebut adalah Duta Cintaku di Waigeo, Pahit Manis Cinta di Tapak Tuan, Menjemput Cinta di Alor, Ang Aku masih di Semarang, Terpatri Hati di Benteng Kota Janji, Mata (Ram) Kami berbicara, Langen Yogyakarta, Putih Carita dalam Bingkai Masa: Banten 5, Torehan Cinta di Madiun, Secuil Rindu di Suramadu, Ruang Rahasia Ampera dan bonus cerpennya yang berjdul Makassar, Jalan Kenangan.

Membaca cerita ini seperti kita di bawa jalan-jalan dari satu kota ke kota lain yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Keindahan pantai Losari, Raja Ampat, tanah Ternate mewarnai cerita-cerita dalam buku ini.

Seluruh penulis dalam buku ini layak kalau memang mereka menjadi pemenang dan karyanya di bukukan karena cerita yang mereka kemas unik dan berbeda. Ending yang disajikan bervariasi mulai dari bahagia, sedih dan masih gantung. Kalau ada ending yang gantung biasanya aku jadi kepo, ‘ah ini mereka punya akun wp atau blog nggak ya, siapa tahu cerpen nya sudah dikembangkan jadi sebuah novel’ karena memang aku penasaran kalau endingnya gantung itu. He he he.

Aku paling berkesan membaca cerita “Ang, aku masih di Semarang”, cara penulis menceritakannya membuat cerita ini jadi agak beda dari yang lain. Ternyata ada endingnya tak kalah mengejutkan, ending yang tidak terduga sama sekali. Cerita ini menceritakan seorang laki-laki yang jatuh cinta pada sejenisnya dan berakhir dengan perpisahan. Tapi susunan kalimat dan alur yang dirangkai oleh si penulis membuat cerita ini menjadi beda.

Kalau dari bukunya ada tagline #SetiapKotaPunyaCeritaCinta maka setelah membacanya akan merubah menjadi #SetiapCeritaPunyaKesanSendiri. 
Dari setiap cerita, selalu terselib quote yang bikin semakin baper atau klepek-klepek. Ada beberapa yang menjadi favorit ku, favorit lebih dari satu gpp kan ya. He he he.
“Dan, aku tidak percaya pada cinta pada pandangan pertama atau jatuh hati dalam waktu sesingkat ini. Entah aku jatuh cinta pada Patra atau pada cara Patra membuka mataku terhadap keajaiban-keajaiban yang sebelumnya tak pernah bisa kulihat. Yang jelas, semesta bekerja dengan caranya sendiri. Tidak perlu susah payah mencari cara. Sakit hati akan berhenti ketika waktunya sudah tiba. Tidak peduli seberapa jauh aku melarikan diri dari kecewa dan sakit hati, takdir akan tetap bisa menangkapku ke dalam pusarannya. “
(Menjemput Cinta di Alor, Halaman, 63-64)

“Bukankah sejarah adalah kebohongan yang disepakati bersama?
Kita tak perlu berdebat dengan orang lain untuk menuliskan sejarah kita sendiri”
(Ang, Aku masih di Semarang, Halaman 77)

“Aku tidak akan mengatakan bahwa cinta tidak harus memiliki.
Cinta harus memiliki. Jika tidak bisa memilikimu, berarti aku harus melupakan. Bukan melupakanmu. Tapi, perasaanku padamu.”
(Ruang Rahasian Ampera, Halaman 206)

Dari berbagai cerita dalam buku ini memberikan pesan moral bahwa pada intinya jika berjodoh pasti akan bersatu dan seperti kata lagu stefani bahwa pilihan tuhan itu pasti terbaik.

Terus apa hubunganya lagu Stefani dengan buku ini, tidak ada sebenarnya cuma waktu aku nulis review ini aku pas mendengarkan lagu Stefani yang ‘Jangan Bersedih’.

Buku ini rekomen buat mereka yang suka dengan kumpulan cerpen yang mempunyai jalan cerita yang tidak monoton dan terkesan anti mainstream.
Dari nilai 5 buku ini menurut mu mendapatkan nilai 3

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu