{Book Review) BILA ANAK CEMBURU




Judul Buku : BUKU PINTAR KELUARGA
BILA ANAK CEMBURU
Terjemahan dari buku asli Last Straw Strategies : Jealousy
Penerbit: diterbitkan oleh Erlangga Kids
dengan izin khusus dari THE IVY PRESS Limited
Tahun terbit : 2014
Tebal : 128 Halaman
ISBN : 979-741-790-5
***

Cemburu, tidak hanya dirasakan oleh mereka yang berusia dewasa, tapi seorang balita pun bisa merasakan sebuah kecemburuan dan ini tentunya akan sangat menyulitkan orang tua ataupun orang-orang di sekitarnya untuk menghadapi kecemburuan balita tersebut. Dalam buku ini ada 99 strategi yang sudah terbukti berhasil untuk mengatasi anak yang cemburu. Jadi buat para orang tua ataupun mereka calon orang tua silahkan membaca buku ini.
Ada beberapa hal penyebab yang membuat seorang anak mengalami kecemburuan, disini akan dijelaskan beberapa hal tersebut dan bagaimana cara mengatasinya. Adik baru
Ketika seorang kakak bakalan menerima adik, pasti ada sedikit rasa cemburu pada sang calon adik. Untuk menangani kecemburuan balita pada masalah ini adalah sebagai berikut :
1.   Ajak si ayah (untuk anak usia 1-4 tahun), ajak ayah untuk ambil bagian dan melibatkan anak yang lebih tua sebagai asistennya.
2.   Selama masa kehamilan (Untuk anak usia 1-4 tahun), ajak sang kakak untuk ke rumah sakit saat sedang chek kandungan atau dengan menunjukkan foto si kakak saat masih dalam kandungan.
3.   Bersikap agresif (untuk anak usia 2-4 tahun), jika sang kakak menunjukkan rasa cemburu dengan cara yang kasar seperti menggigit atau menyakiti sang adik maka caranya adalah segera jauhkan sang kakak dari adik. Beri pengertian bahwa kakak tidak boleh menyakiti sang adik tanpa harus dibentak atau dipukul. Hal ini bisa disebabkan sang kakak sedang mencari perhatian dan ingin berduaan dengan orangtuanya. Selain itu ajarkan “cara menghadapi bayi” jika tiba-tiba sang adik menarik-narik rambut sang kakak.
4.   Kunjungan pertama (untuk anak usia 2-5 tahun), ketika sang kakak untuk pertama kalinya datang dan melihat adik bayi maka sambutlah dengan ceria dan gunakan sebutan ‘adik bayi’ daripada ‘bayi baru’, kemudia biarkan sang kakak melakukan hal-hal yang membuat dia merasa nyaman seperti ingin memagang kaki atau tangan sang adik.
5.   Membantu menjaga adik (untuk anak usia 2-5 tahun), biarkan sang kakak membantu menjaga adiknya tapi jangan bersifat memaksa, membantu hal-hal yang sederhana sehingga sang kakak akan merasa dilibatkan.
6.    Ketika menyusui (untuk anak usia 2-5 tahun), ajak si kakak duduk di sebelah anda ketika anda menyusui sang adik. Biarkan sang kakak mengelus kaki sang adik sementara anda membacakan cerita kepadanya atau bisa dengan sambil menonton tv dan menayakan pendapatnya tentang acara tersebut, hal ini akan membuat ia merasa sama pentingnya dengan si adik yang dalam dekapan anda.
7.   Susu bayi (untuk anak usia 2-5 tahun), katakan bahwa dia juga pernah meminumnya dan sekarang sudah besar sehingga harus mencoba berbagai macam minuman, beri pemahaman bawa sang adik tidak akan menyusu selamanya.
8.   Menjaga keseimbangan (untuk anak usia 2-5 tahun), sediakan waktu untuk anak yang lebih tua, atau bawa sang adik bayi dalam kegiatan sang kakak.
9.   Perkenalkan teman bermain lainnya (untuk anak usia 2-5 tahun), pastikan ia merasa nyaman dengan orang lain dalam hidupnya yang bisa memberinya perhatian.
10.  Mainan untuk semua (untuk anak usia 2-5 tahun).
11.  Memangku dan bernyanyi (untuk anak usia 2-5 tahun), ajak sang kakak untuk mengajari adik bayi lagu-lagu dan berbagai permainan, pastikan juga sang kakak untuk bisa memangkunya tentunya masih dalam pengawasan anda.


Itu sebagian contoh tips yang ada dalam buku ini, untuk yang lainnya bisa baca bukunya karena selain memberikan tips penulis juga memberikan penjelasan-penjelasan lain yang sangat dibutuhkan untuk menghadapi seorang anak.
Dalam pendahuluan di buku ini ada kutipan sebagai berikut :
“ Seiring bertambahnya usia anak, anda dapat membantunya untuk memahami konsep berbagi. Dengan memusatkan diri pada situasi yang terjadi, menggunakan imajinasi, simpati serta dibantu dengan bujukan. Anda akan dapat menghalau badai dan mengembalikan kedamaian dalam diri buah hati anda. Kecemburuan memang sulit diatasi dan kadang tak terlihat.”



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu