{Review} ROTASI & REVOLUSI - CROWDSTROIA



Judul Buku : Rotasi & Revolusi

Penulis : Crowdstroia

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun terbit : Cetaka Pertama, 2019

Tebal : 433 halaman

  ISBN : 978-602-04-9581-1

***

BLURB

Matahari bertanya kepada Komet, “Jika aku meledak, apa kau akan hancur?”

“Iya”

“Aku tak ingin kau hancur.”

“Aku juga tak ingin kau menghancurkan dirimu sendiri.”

****

Arraf Abizard Rauf adalah raja tanpa mahkota Universitas Sapta Husada. Semua orang sering menyebut-nyebut namanya bagai dewa, mengikuti segala ucapannya, serta tunduk pada perintahnya. Keberhasilan berprestasi bagi Arraf adalah sesuatu yang normal layaknya bernapas. Dia adalah wujud sempurna mahasiswa yang tetap dikenang orang-orang seantero kampus meski sudah lulus.

Sementara itu Trivia Ganggarespati-Riv- hanya bisa mendelik ketika mengetahui bahwa orang yang harus dia hubungi untuk kelancaran skripsinya adalah Arraf, si ketua oraganisasi yang dulunya sempat membuatnya ilfeel, Riv pikir, urusannya cukup sampai di awal penelitian skripsi saja. Namun, kenyataan tak sesuai harapan Riv ketika Arraf justru tertarik mendekati perempuan yang berhasil membuat Arraf mengacaukan SOP pedekate-nya sendiri.

 

-------

*****------*****------*****------****-----******

 


 

Awalnya Rif mengira bahwa urusan dengan Arraf hanya sebatas pengambilan sample untuk bahan skirpsi, yang kebetulan Rif dan Arraf satu dosen pembimbing, dan pembahasan terkait skripsi menggunakan bahan penelitian yang sama. Rif yang sudah mengetahui sisi buruk Arraf, membuat Rif merasa ilfill kepada Arraf, makanya dia berharap cukup sekali berurusan dengan Arraf.

 

Tapi Arraf mempunyai pandangan berbeda, sejak pertama kali bertemu dengan Rif, hanya Rif yang bisa memandang Arraf dari sisi lain, bukan dari apa yang banyak orang lain pikirkan tentang Arraf, dan itu sukses membuat Arraf penasaran dan hanya Rif pula yang mengacaukan SOP mendekati cewek yang sudah Arraf buat untuk dirinya.

 

Bagaimana perjalanan Arraf mendekati Rif. Bagaimana Rif menghadapi sisi lain seoarang Arraf. Dan bagaimana kisah mereka berdua dalam menghadapi polemik di lingkungan yang mereka hadapi? Semua dirangkai apik oleh Troia dalam kisah ROTASI & REVOLUSI

 



Awalnya aku kira cerita ini kisah fantasi, beberapa kali liat postingan di IG penulis, dengan gambar-gambar yang bagus, semakin aku mengira bahwa ini adalah kisah fantasi. Karena jujur aku tidak mengikuti cerita penulis di aplikasi wattpad, tapi selalu penasaran sama cerita yang dibukukan.

 

Berhasil mendapatkan buku di masa PO pertama, tapi saat itu menjadi tahun yang buruk, di mana minat baca menurun dratis, dan itu tidak hanya berjalan beberapa bulan, tapi lama dan baru bisa aku baca di tahun ini. Sekarang lagi tertatih-tatih untuk membaca kembali.

 

Kisah ini lebih mengisahkan lika-liku Arraf dalam mendekati Riv. Arraf adalah tipe orang perencana, jadi untuk mendapatkan sesuatu dia pasti akan menyusun rencana itu dengan sebaik mungkin, dia akan melewati setiap tahap dari bagian rencana itu dengan perhitungan yang tepat dan sukses, lebih ke ambisius sih menurut aku, tapi Arraf tahu dia punya kemampuan untuk mendapatkan apa yang ia inginkan. Selain itu Arraf termasuk tipe manusia yang memenuhi ekspektasi orang lain atau memenuhi standar masyarakat, misalnya anak pintar harus peringkat pertama dan jago matematika maka ia biar bisa dikatakan anak pintar harus peringkat pertama dan jago matematika.

 

Berbanding terbalik dengan Arraf, Rif dia menjalani keseharian dengan santai, tanpa terbebani dengan ekspektasi orang lain, terlihat biasa saja.

 

Jika Arraf biasa terlihat di mata orang lain maka Rif adalah sebaliknya, meski mereka sama-sama bintang. Mereka berdua sama-sama luar biasa dengan cara dan persepesi mereka masing-masing.

 

Adegan yang aku suka dan terasa banget feel –nya itu adalah di bagian waktu Arraf menjadi bagian dari suporter waktu perang jargon, entahlah waktu itu aku kebayang riuh dan ramainya serta getaran semangat dari pemimpin jargon. Lalu tentang dongeng komet dan matahari. Agar bisa memahami tentang dongeng itu aku perlu beberapa kali mengulangi cerita itu. Sekali baca apa hubungannya sama Arraf, itu yang ada di dalam pikiranku.

 

Kata-kata yang aku suka dalam kisah ini antara lain :

 

“Jika Standar masyarakat adalah tebing yang membentuk jalan bagi society,  yang ingin gue lakukan adalah ngeludahin dan menghancurkan tebing itu. Sementara yang ingin Bang Arraf lakukan justru berdiri di puncak tebing itu biar orang-orang pada melihat dia dan mengikuti dia, seolah dia adalah dewa. Dan dia akan jalan mengikuti jalan di tebing itu, menuntut orang-orang buat mengikuti apa yang dia lakukan.” 

(Halaman 46)

 

“Kalau mau sesuatu ya perjuangkan. Kalau mau keluar dari masalah finansial ya berjuang. Kalau mau keluar dari kebodohan ya belajar. Bukan malah bermalas-malasan dan ngelamun suatu saat nemu duit nomplok di kasur. Maksudnya, yah, merenung sejenak untuk mengingat hal – hal yang udah kita kerjakan atau merenungkan mau pencanpaian macam apa ya boleh. Tapi kalau Cuma ngelamun tanpa ngelakuin apa-apa sama aja bohong.” 

(Halaman 170)

 

“Aku yakin bahwa semua benda langit di semesta ini punya fungsinya masing-masing. Hanya karena bintang mampu menciptakan sinarnya sendiri, bukan berarti Cuma bintang entitas paling penting di alam raya ini. Bintang dan semua benda langit membutuhkan satu sama lain.” 

(Halaman 254)

 

“Dengerin orang ngeluh-ngeluh tentang hidupnya itu capek lho, Raf. Sesekali ngeluh okelah, tapi kalau berkali-kali ya lama-lama kitanya juga muak. Mending kalau apa yang dia keluhkan berbeda tiap harinya, jadi kita tahu kalau keluhan dia yang lalu mungkin sudah selesai. Lah kalau ngeluhin hal yang sama dari waktu ke waktu?” (Halaman 346)

 

“Kalau nyari orang yang tertarik sama kelebihan –kelebihan lo, ada banyak. Tapi, begitu lo ketemu orang yang menerima sisi busuk dalam diri lo – dan paham juga bahwa tiap orang punya sisi busuknya sendiri – itu langka.” (Halaman 361)

 

“Nggak semua hal yang jadi masalah itu harus kita selesaikan dengan melakukan sesuatu. Kadang menunggu itu bisa jadi solusinya.” 

(Halaman 395)

 

Dari Arraf dan Riv kita belajar untuk selalu totalitas dalam melakukan sesuatu, kalau setengah-setengah mending nggak usah dikerjain begitu kata Arraf. Dan serahkan semua hasilnya kepada ALLAH, karena usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil.  Semua orang bisa sukses dengan versinya masing-masing tidak usah terpaku dalam standar yang diciptakan masyarakat.

 

Ini karya ketiga dari penulis yang aku baca, dan aku merasa NTdTK serta ARKAIS masih yang terbaik. Semoga segera bisa membaca buku penulis yang lainnya dan untuk penulis semangat berkarya dan jangan pernah putus asa.

 


 

Troia, adalah seorang homo sapiens yang lahir dari uterus ibunya pada tahun 1997. Dia bosan dengan tokoh cowok tipe bad boy kasar yang sering beredar di pasaran, sehingga dia mencoba menulis tokoh cowok dengan kekurangan-kekurangan yang menurutnya lebih beragam. Rotasi dan Revolusi adalah karya ketiganya setelah Nona Teh dan Tuan Kopi : Parak (2017) dan Arkais (2018).

Kalian bisa buka instagram @crwodstroia untuk melihat aesthetics, moodboards, playlists dan info lebih banyak tentang cerita-ceritanya. Dia juga membagikan hasil gambarnya di akun @crowdstroia.illustrations

 


 


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu