{Review Buku} 55 CARA MENCIPTAKAN IDE KREATIF DAN INOVATIF DALAM BISNIS - REX MARINDO


Judul Buku : 55 Cara Menciptakan Ide Kreatif dan Inovatif Dalam Bisnis

Penulis : Rex Marindo

Penerbit : Warta Ekonomi Books, PT Warta Aksara Sakti

Tahun terbit : Cetakan Pertama, Januari 2019

Tebal : 290 Halaman

  ISBN : 978-602-50362-4-2

Hadiah GA dari @kasirpintar


“Cara-cara yang disampaikan Rex Marindo di dalam buku ini benar-benar Walk to Talk. Rex meramu suatu hal yang rumit menjadi sederhana & mudah dipahami. Apalagi dilengkapi dengan working space sehingga saat mendapatkan ide-ide liar kita bisa langsung mencatat dan mengimplementasikannya. Wajib dibaca.”

(Rico Huang – Co founder & CEO Alona Indonesia)

 

Itu adalah salah satu pendapat dari Rico Huang setelah beliau membaca buku ini. Sudah tahukan Rico Huang? Kalau ada orang sekelas Rico Huang mengatakan kalau buku ini wajib dibaca berarti buku ini memang luar biasa sekali isinya. Dan akupun yang hanya remahan kerupuk di kaleng setelah membaca buku ini juga menyarankan bahwa buku ini memang wajib dibaca. Kenapa? Simak reviwnya berikut ini.

 


Berisi 55 cara agar kita bisa menciptakan ide kreatif dan tentunya inofatif di dalam bisnis yang sudah kita jalankan atau yang akan kita jalankan. Setelah membaca buku ini sampai selesai, aku berkesimpulan bahwa buku ini tidak hanya diperuntukkan untuk mereka yang bergelut atau yang akan menggeluti dunia bisnis, tapi siapapun mereka bisa membaca ini dan bisa dipraktekkan,  kalau ingin mengharapkan ada perubahan menuju ke yang lebih baik.

 

Ide memang tidak datang begitu saja, dan Rex Marindo telah dengan baik hati membantu kita dan memberitahu kepada kita bagaimana cara-cara untuk mendatangkan ide-ide tersebut. Aku akan memberitahu 5 cara menciptakan ide dari 55 cara yang diberitahu oleh Rex Marindo.

5 cara menciptakan ide tersebut antara lain :


Membaca = Gudang Ide

“Buku itu gudangnya ide dan inovasi, saya tidak paham mengapa sering kali orang berkata tidak punya ide, padahal buku tersedia di mana-mana”

Di sini Rex Marindo, menyarankan untuk meluangkan waktu 30 menit untuk mebaca buku dan kemudian menuliskan ide yang didapat setelah membaca buku tersebut.

Kenapa harus buku? Karena buku adalah gudang ide dan inspirasi. Harta karun yang tersembunyi dan selalu siap diambil hartanya kapan pun oleh si pembuka dan pembacanya. (Halaman 27)


Menulislah

“Tulislah apapun yang terpikir. Di Hp, Laptop maupun buku. Mulai dari satu kalimat. Tambahkan, kembangkan. Seiring berjalannya waktu kita akan mendapati begitu banyak ide yang muncul.”

Di dalam buku ini Rex Marindo, bilang bahwa dia sudah lebih dari 10 tahun menjadi seorang penulis di creasionbrand.blogspot.com. dan hal yang dirasakan adalah ketika menulis sinkronisasi antara pikiran dan tangan membuat ide lebih banyak muncul dari hanya sekedar membaca. Sesuatu yang dipikirkan, coba diingat, kemudian kita dokumentasikan dalam bentuk tulisan. (Halaman 118)


Ganti Rutinitas Dong

“Rutinitas sering kali membuat kita kehilangan banyak waktu berharga untuk bisa menghasilkan ide-ide baru. Mengganti rutinitas adalah siasat untuk mengembalikan waktu-waktu tersebut.”

Resepai dan pahami quote dari Einstein yang ditulis Rex Marindo dalam buku ini, yaitu : Orang gila itu adalah orang yang berpikir dia akan menjadi atau menghasilkan lebih baik dengan melakukan kegiatan yang sama setiap hari.”

Jika sehari-hari kita melakukan hal yang sama, pada akhirnya semua rutinitas itu membuat kita malas untuk berfikir, karena “ah sama sajalah, gitu-gtu saja kan?” (Halaman 131-133).


Membuat Daftar Masalah

“Masalah adalah salah satu sumber ide dan inspirasi terbaik di dalam bisnis.”

Pertanyaan “apakah masalahnya?” merupakan pertanyaan yang sangat penting, karena tidak akan ada masalah yang terungkap jika tidak berani melontarkan pertanyaan tersebut.

Buatlah daftar masalah dan tulislah secara random. Karena dari masalah inilah kita akan semakin berfikir keras untuk mencari solusinya. (Halamana 224-227).


Jadilah Pemula yang Tidak Tahu Apa-apa

“Ketika kita tidak tahu apa-apa tentang hal tersebut, maka ide kita tidak akan dibatasi oleh ketidaktahuan kita. Ide original akan muncul dari spontanitas dan pengalaman lain yang bisa kita implementasikan.”

Rex Marindo menuliskan, bahka ketika kita sudah menjadi expert , bukan lagi pemula, ide yang ada justru semakin sempit dan tidak menarik, karena dibatasi oleh pengetahuan yang detail dan terlalu rumit sehingga kreativitas ide dan keberanian untuk mencoba ide tersebut menjadi sangat terbatas. Karena itulah, kembali lagi, KOSONGKAN CANGKIR, JADILAH KEMBALI SEPERTI PEMULA, PENUH IDE GILA DAN TIDAK MUDAH DITEBAK. (Halaman 249-252)

Itulah 5 cara dari 55 cara yang terdapat dalam buku ini. Tidak banyak penjelasan yang bertele-tele yang disampaikan, langsung pada inti tapi langsung ngena begitu menurut aku. Setiap cara yang disebutkan selalu disertai dengan satu lembar worksheet, tentang hal apa saja yang akan kita lakukan, berkaitan dengan setiap cara yang sudah dijelaskan.


Tulis apa yang diminta di dalam worksheet lalu kerjakan, karena teori tidak akan berhasil kalau hanya sekedar dibaca dan dituliskan, tetapi harus dikerjakan.


Ada quote yang menarik yang tertulis dalam buku, ini sangat kecil dan terletak bukan di paragraf kalimat tapi terletak di setiap halaman buku yang ada di pinggir ujung bawah buku. Tulisannya adalah “Tidak sulit, percayalah! Semua ada dalam buku ini, tinggal kamu mau atau tidak menjalankannya. SEMANGAT.”


Daging semua, itulah dua kalimat yang bisa aku gambarkan dalam buku ini. Jika kamu membayangkan buku sejenis ini adalah buku dengan bahasa yang kaku, bertele-tele itu salah besar, karena membaca buku ini ibaratnya kita sedang ngobrol dengan penulis, bahasa yang disampaikan juga tidak terlalu kaku tapi enak dibaca.


Buku yang ditulis karena pengalaman memang beda, tidak ada kesan menggurui atau kamu harus begini, tapi kalau mau lakukan kalau tidak ya sudah. Pembatas bukunya juga cantik, jadi kalau baca ini aku berasa sedang memegang minuman cappucino. He he he.


Buku ini bisa dibaca segala usia, segala lapisan masyarakat. Siapapun itu yang menginginkan kehidupan yang lebih baik wajib baca buku ini.


Dan saya ucapkan banyak terimakasih kepada KASIR PINTAR,  sebagai jalan saya berkenalan dengan buku sebagus ini. terimakasih banyak dan sukses terus untuk kasir pintar.

 


untuk tahu siapa Rex Marindo dan mendapatkan banyak ilmu darinya silahkan follow instagramnya  @rexmarindo

warung upnormal ---> @warunk_upnormal/

Bakso Boedjangan ----> @baksoboedjangan

Nasi Goreng Mafia ----> @nasgormafia

Jadi pengen mencicipinya. 




Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu