{Review} Kisah Indah dari Padang Rumput – Shabrina Ws


Judul Buku :Kisah Indah dari Padang Rumput
Penulis : Shabrina Ws
Penerbit : Bintang Kelas
Tahun terbit : cetakan Pertama, April 2018
Tebal : 160 Halaman
 ISBN : 978-602-51135-0-5
Bookmail : dari Mbak Shabrina Ws
***
BLURB
Ini adalah kisah-kisah indah dari padang rumput. Cerita tentang hewan-hewan yang berusaha mengatasi masalah-masalah mereka. Mengatasi ketakutan, mengatasi kegagalan, mengatasi rasa benci, mengatasi rasa curiga, perasaan kehilangan, dan kisah menarik lainnya. Kisah-kisah hewan yang mencari apa sesungguhnya masalah mereka pada pikiran indah tentang keluarga, persahabatan dan persaingan.

Selamat berpetualang. Selamat berkenalan dengan Gazelle, Kiang, Vicuna, Meerkat, Wildebeest dan teman-temannya. Temukan kehangatan dan hikmah dari padang rumput yang indah. semoga hikmah cerita yang ada bermanfaat untuk diterapkan dalam kehidupan.

*****------*****------*****------****-----******

Karakter yang baik dan terpuji memang sudah selayaknya dimiliki oleh seluruh anak-anak di Indonesia. Disini peran serta orangtua dan lingkungan sangat berpengaruh terhadap pembangunan karakter pada anak. Salah satu solusi yang bisa dipilih oleh orangtua adalah memberikan bacaan yang bisa memberikan pembelajaran kepada anak, sehingga diharapkan setelah membaca cerita pada buku tersebut anak-anak bisa menjadi pribadi yang lebih baik. Memberikan buku yang tidak hanya sekedar bacaan tetapi juga bisa menjadi tuntunan bagi mereka untuk bisa menjadi lebih baik.

Seperti buku anak karangan Shabrina Ws yang berjudul Fabel Pembangun Karakter, Kisah Indah dari Padang Rumput. Kisah Indah dari Padang Rumput, berisikan 15 cerita dengan 15 hewan yang berbeda di setiap ceritanya. Hewan-hewan tersebut tersebar di beberapa padang rumput yang berada di dunia.

Dalam cerita ini, hewan-hewan tersebut berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapai. Kisah-kisah tersebut dirangkai dengan kalimat yang manis dan mudah dipahami oleh anak-anak sehingga membuat cerita menjadi semakin menarik. Hewan-hewan dalam cerita ini mengalami permasalahan layaknya manusia pada umumnya.


Salah satu kisah yang terdapat dalam buku ini adalah kisah yang berjudul  “Kumbang Kot dan Lidahnya”, di ceritakan bahwa Kumbang Kot tidak bisa merasakan nikmatnya makan, semuanya terasa hambar dan tidak lezat. Bahkan ia sampai periksa ke Kumbang Tabib. Di sana Kumbang Kot diperiksa, dan Kumbang Tabib memberinya resep yang harus ia patuhi. Kata Kumbang Tabib kondisi Kumbang Kot dipengaruhi oleh dirinya yang selalu banyak makan setiap hari. Meskipun berat dengan resep yang diberikan Kumbang Tabib, Kumbang Kot dengan sekuat tenaga berusaha menjalankannya karena ia ingin sembuh dan bisa menikmati makan.

Dari kisah Kumbang Kot kita mendapatkan hikmah bahwa kita memang dilarang makan yang berlebihan tetapi secukupnya saja. Kita merasa bisa menikmati enaknya makanan bukan karena makanan lezat yang mahal tapi karena kita merasa lapar.

Cerita ini memberi tahu kepada anak-anak bahwa makan yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan diri kita. Selain hikmah cerita yang sangat baik untuk diterapkan di kehidupan kita sehari-hari, kita juga tahu fakta tentang Kumbang Kot. Kumbang Kot adalah kumbang pemakan kotoran hewan lainnya. Mereka bisa membuat kotoran menjadi bola-bola seberat 50 kali dari berat tubuhnya. Keren bukan?

Lalu ada kisah tentang “Keledai dan Usahanya”, diceritakan bahwa terjadi perdebatan antara Kuda, Zebra, Kiang dan Keledai. Mereka berdebat siapa yang lebih baik diantara mereka. Akhirnya dibuat kesepakatan dalam rangka hari Bumi akan diadakan lomba pacu. Tapi sebelum bertanding Kiang, Zebra menolak untuk ikut karena mereka merasa tidak bisa bersaing dengan Kuda yang larinya sangat cepat. Tapi Keledai berani menerima tantangan itu, ia mengirim satu wakilnya ke pertandingan pacu itu. Padahal larinya kuda lebih cepat dibanding keledai bukan? Itulah akhirnya membuat Kuda menjadi sombong dan meremehkan Keledai, Kuda tidak tahu kalau keledai hampir setiap hari Keledai berlatih berlari. Kira-kira siapa yang bakalan menang? Kuda atau Keledai?

Dari cerita di atas kita bisa belajar dari Keledai bahwa kita tidak boleh takut sebelum berjuang, sementara dari Kuda kita belajar bahwa jangan sampai kita merasa sombong dengan kemampuan dan kekuatan kita hingga merendahkan orang lain.

Selain itu, kita juga tahu fakta-fakta dari binatang keledai liar dari Benua Afrika ini yaitu berat keledai liar ini berkisar antara 190 – 250 kg, dia juga punya telinga besar dan sensitif sementara makanannya adalah rumbut.

Dengan gaya bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak serta ukuran huruf yang pas tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil juga, jadi anak-anak bisa membaca buku ini sendiri dan bahkan bisa langsung memahami makna apa yang tersirat dari kisah unik  para binatang yang ada di dalam cerita.

Tapi jangan khwatir buat anak-anak yang masih balita, buku ini juga bisa digunakan sebagai sarana mendongeng oleh orang tua kepada anaknya, ada gambar ilustrasi hewan dan juga isi bukunya penuh warna, warnanya tetap ramah untuk mata anak-anak. Anak-anak tidak akan bingung seperti apa gambaran dari sosok hewan yang dijadikan obyek cerita dan mereka tidak  akan bosan saat membaca buku ataupun mendengarkan saat ayah dan bunda mendongengkan kisah-kisah hewan yang ada di dalam buku. Dan disetiap bukunya ada bonus stiker hewan yang lucu-lucu, yang pastinya sangat disukai anak-anak karena bisa di tempel di tempat favorit mereka. 

Cover buku yang menarik dengan perpaduan warna yang indah dipandang mata. Membuat kesan pertama langsung bisa jatuh cinta akan buku ini. Hewan-hewan yang menjadi tokoh cerita dalam buku ini adalah hewan-hewan yang tidak ada di lingkungan sekitar kita, jadi setelah membaca buku ini pengetahuan anak-anak tentang jenis-jenis hewan yang ada di dunia semakin banyak dan bervariasi. Hewan-hewan tersebut antara lain kumbang kotoran, keledai liar, Wildebeest atau disebut juga Gnu, Kiang, Kapibara dan lain-lainnya. Nanti setelah membaca kita akan menjadi tahu apa perbedaan kiang dengan keledai dan kuda.

Buku cerita Kisah Indah dari Padang Rumput ini memang sudah selayaknya ada di dalam rak buku anak-anak anda di rumah. Karena anak-anak juga butuh nutrisi untuk otak dan pikirannya, yang pastinya akan berpengaruh terhadap karakter sang anak. Pelajaran-pelajaran yang bisa diambil dalam kisah-kisah hewan dalam cerita ini juga bisa menjadi pelajaran bagi para orangtua juga. Saya pribadi setelah membaca kisah dalam buku ini merasa terkena sentilan-sentilan kecil yang menjadi pengingat saya bahwa saya masih perlu banyak belajar untuk bisa menjadi lebih baik.

Selain untuk koleksi pribadi di rumah buku ini juga cocok untuk di koleksi di perpustakaan sekolah-sekolah.

***************--------------------******************
http://shabrinaws.blogspot.com/2012/08/a-message-from-borneo-happy-birthday.html
sumber : Klik aja di sini

Shabrina Ws  adalah nama pena dari Eni Wulansari. Menyukai cerita binatang dan suka melihat keindahan alam. Kesukaan itu salah satunya dituangkan daam kisah-kisah di buku ini.

Buku tentang binatang lainnya diterbitkan Visi Mandiri berjudul “ Dongeng Seru dan Fakta Unik Binatang”. Yang mau tahu tulisan atau buku lainnya, kalian bisa mengunjungi  blognya di : www.shabrinaws.blogspot.com



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu