{Review} KARENA AKU SAYANG - Anjar


Judul Buku : Karena Aku Sayang
Penulis : Anjar
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : April 2007
Tebal : 208 Halaman
 ISBN-13 : 978-979-22-2813-7
Pinjam di Perpustakaan Daerah Kabupaten Pacitan
***
BLURB
Gimana ya hidup dalam keluarga broken home ? Apa harus bersedih hati seumur hidup?

Theres yang kelas X dan Zsa-Zsa yang kelas VIII adalah kakak-beradik yang sudah beranjak dewasa. Kedua orangtua mereka sudah lama bercerai, bahkan Bunda sudah punya keluarga baru. Mereka tinggal bersama ayah mereka.

Biarpun punya masa lalu yang kelam, Theres dan Zsa-Zsa tetap jadi remaja yang cerewet, aktif, dan gaul. Theres suka basket dan jadi anggota tim sekolah. Hatinya makin berbunga saat Bagus, kakak kelas yang juga jago basket makin memerhatikannya. Tapi kisah cinta Theres tidaklah mulus karena ada Cicil, kakak kelas yang juga naksir Bagus.

Sementara itu, sang adik, Zsa-Zsa lebih tomboi dan ceplas-ceplos, meski tetap penakut. Zsa-Zsa sibuk dengan berbagai masalah lucu di SMP-nya.

Hubungan kakak-beradik itu sangat kompak dan erat. Dan hubungan itu jadi makin berarti saat muncul sosok Tante Phi. Mungkinkah Tante Phi bisa jadi penggnti bunda Theres dan Zsa-Zsa?

*****------*****------*****------****-----******

Aku rasa dari blurb-nya sudah menjelaskan tentang ringkasan jalan cerita dari novel Aku Sayang ini. Penulis berhasil membuat cerita menarik dengan alur dan konflik yang bisa dikatakan jauh dari drama ala-ala. Teenlit bukan lagi tentang cinta yang menjadi fokus utamanya. Ada hal-hal sederhana dari kisah anak remaja atau abg yang lebih menarik untuk dibahas. Seperti halnya saat datang bulan pertama, aku rasa penulis sekarang tidak ada yang menyangkutkan hal ini dalam cerita mereka. konflik-konfliknya pas anak remaja tidak ada berlebihan.

Semua dugaan aku salah besar akan alur cerita ini, awalnya aku menduga bahwa nanti Cici akan menggunakan cara yang kejam demi memalukan Theres untuk menarik perhatian Bagus. Dan ternyata jalan pikiran mereka memang benar seperti anak abg yang masih belum terkontaminasi hal-hal buruk.

Aku penasaran dengan kisah di balik perceraian kedua orangtua mereka? sayang tidak di bahas, karena pada dasarnya perceraian kedua orang tua mereka tidak menjadi masalah buat keduanya.

Paling suka saat Theres, Zsa-Zsa dan Ayahnya sedang jalan-jalan, tanpa ragu-ragu Zsa-Zsa bilang kalau dia butuh bra baru, dan sang ayah tanpa canggung mengntarkan mereka ke counter pakaian dalam. Dan di sini terlihat kedekatan antara ayah dan anak.

Selain ada istilah ijo lumut (Ikatan Jomblo Lucu dan Imut), ada analogi baru tentang kehidupan rumah tangga atau hubungan suami istri. Yaitu seperti panci. Ada pancinya, ada tutupnya.

“Panci ini baru berfungsi dengan baik kalo tutupnya juga baik-baik saja. Nggak bocor atau penyot.”(Halaman 190)

Nyes, bagaimana menurut kalian analogi panci ini? Kereeen kan yaa.

Bintang 3 untuk kisah ini.

Cocok sekali dibaca oleh anak-anak remaja, dewasa juga bisa. Kalau kalian ingin cerita teenlit dengan irama-irama percintaan yang tidak terlalu ini adalah yang kalian cari.

*****------*****------****--------*****------*****


sumber : klik di sini

Panggil dia Anjar saja. Soalnya namanya panjang banget. Tapi, kalau mau tahu boleh aja kok. Dia bernama lengkap Anastasia Ganjar Ayu Setiansih. Biar kelahiran Tanjungkarang, 1 Februari 1973, tapi kecintaannya pada dunia tulisan membuat dia bisa nulis apa saja dan untuk siapa saja. termasuk teenlit ini. Mungkin itu karena Anjar sudah lama terbiasa nulis cerita pendek, serial, dan novelet yang berbau remaja di berbagai majalah ibukota. Selain teenlit ini, dia terus menulis novel dan tulisan nonfiksi lainnya. Harapannya sih.. semoga karyanya ini bisa dinikmati khalayak pembaca dan dia bisa terus menulis.
Hidup menulis.
(dia senang banget kalau di-invite Friendster-nya : berajabaru@yahoo.com)



Posting Komentar

1 Komentar

  1. Anu, aku ga ngerti sama analogi panci itu, *garukkuping*, *gagalpaham*.

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu