{Book Review } Friendzone; Lempar Kode, Sembunyi Hati – Alnira


Judul Buku : Friendzone; Lempar Kode, Sembunyi Hati
Penulis : Alnira
Penerbit : Penerbit Grasindo
Tahun terbit : Cetakan Pertama, Februari 2018
Tebal : 300 Halaman
 ISBN : 978-602-452-842-3
Harga ; Rp 69.000,- (Pulau Jawa)
***
BLURB
“Pokoknya kita berlima harus jadi sahabat selamanya, nggak boleh ada yang jatuh cinta satu sama lain. Oke?”
“Aku nggak tahu rahasia jodoh. Tapi aku juga nggak mau merusak persahabatan kita. Jadi aku nggak tahu gimana, aku nggak bisa menebak masa depan.”
“Menurut kamu gimana, kalau ada orang yang naksir sahabatnya sendiri?”

Kata friendzone tidak ada dalam kamus seorang Andira Ramadhani, apalagi dia dan keempat sahabatnya yang lain sudah membuat perjanjian untuk tidak saling jatuh cinta. Namun, kedekatan  dan kenyamanan yang terjalin membuat hatinya berubah. Dira mencintai sahabatnya sendiri. Saat dia berusaha untuk menghilangkan perasaan cintanya, cowok yang ditaksir Dira malah selalu bertingkah aneh, dengan mengeluarkan kode-kode  yang membuat Dira menebak-nebak tentang perasaan cowok itu padanya. Namun, ketika Dira berharap perasaannya berbalas cowok itu malah menghilang tanpa kabar.

*****------*****------*****------****-----******
Andira Ramadhani atau Dira dan keempat sahabatnya yaitu Wisnu, Angga, Maya, Ransi berjanji untuk tidak saling jatuh cinta. Tapi siapa sangka lima tahun berlalu dan janji tinggal menjadi janji, nyatanya tiga orang itu melanggar janji yang telah mereka sepakati.

“Wisnu mencintai Maya...“Maya mencintai Angga...“Dan aku....mencintai dia...(Halaman 2)

Dialah Akbar Ransi Abbasy atau Ransi yang diam-diam telah berhasil merebut hati Dira. Semua sahabatnya tahu kalau Dira suka sama Ransi, tapi sepertinya Ransi tidak mengerti akan perasaan Dira.

Puncaknya, pada saat permainan ToD, Wisnu memberikan pertanyaan kepada Ransi yaitu pernah merasa suka nggak sama salah satu diantara kita, dan Ransi menjawab tidak, bahkan yang lain sampai ada yang bilang ‘bagaimana dengan Dira,”, “Kamu selama inikan dekat dengan Dira.” Dan jawaban Ransi cukup menohok Dira, Ransi bilang bahwa Dira paling enak diajak ngobrol, pendengar yang baik dan juga pemberi solusi.

Semenjak itu Dira sudah berusaha melupakan sosok Ransi dengan berusaha menjalin hubungan dengan beberapa teman kerjanya.

Dira memang masih kuliah dan disambi kerja di salah satu perusahaan asuransi, dibandingkan teman yang lain memang Dira lebih dahulu bekerja. Sedangkan Ransi karena dia tidak mau bantuan koneksi yang ditawarkan oleh sang ayah, maka dia agak lama dibandingkan Dira dalam mendaptakan perkerjaan.

Dira setiap berhubungan dengan pria, pada dasarnya di lubuk hati yang paling dalam sosok Ransi masih ada. Dan sepertinya Ransi mempunyai radar yang cukup kuat, disaat Dira sudah bisa sedikit melupakan sosok Ransi maka Ransi akan muncul dan meluncurkan kode kode yang sangat sulit untuk dipecahkan oleh Dira.

Dira tidak mau berharap lebih akan kode-kode yang dilancarkan oleh Ransi.
Apa yang akan dilakukakn oleh Dira?

Tetap bertahan mencintai Ransi, tanpa ada kejelasan yang pasti?
Atau menerima tawaran sosok yang memang menaruh perhatian lebih kepada Dira?
Kemana muara hati Dira akan berlabuh?
Baca kisah selengkapnya dalam “FRIENDZONE; Lempar Kode Sembunyi Hati.”

*****------*****------****--------*****------*****


Ini karya pertama dari Kak Al yang aku baca dalam bentuk cetak, kalau tulisan yang aku baca di wattpad udah hampir semua, karena kak Al salah satu penulis favorit yang setiap ceritanya pasti aku tunggu kelanjutannya.

Yang wattpad untuk LKSH aku juga udah baca sampai tuntas, waktu ada info kalau mau naik cetak, dengan semangat penuh kemerdekaan aku baca ulang lagi. Karena memang sosok Ransi ini meskipun menggemaskan bercampur menyebalkan banyak jatuh pada kode kode Ransi.

Buku ini aku beli waktu kak Al buka PO sendiri, dan yang PO di Kak Al dapat post card yang ditanda tangani oleh salah satu karakter, dan tidak bisa milih. Dan aku mendapatkan tanda tangan Ransi plus kode yang ditulis Ransi juga. Dan selain itu juga bonus ttd penulis serta pouch wattpad fiction.




Untuk gaya penulisan yang Kak Al buat ini beda dari cerita yang kak Al buat lainnya, LKSH menggunakan sudut pandang orang pertama dari sisi Dira. Kemudian menjadi luar biasa saat dikemas dengan setting maju mundur.

Cerita dengan menggunakan sudut pandang orang pertama memang lebih dapat menyentuh perasaan si pembaca, jadi kita memang seperti benar-benar yang mangalami, kita merasa benar-benar menjadi Dira.

Maka jangan salah kalau pas di wattpad saat Ransi melancarkan kode-kodenya komentar di akun wattpad kak Al jebol, bahkan sampai tembus ribuan belum lagi selain pandai merangkai kata yang melahirkan kode-kode yang mungkin detective Conan pun tidak bisa memecahkannya, Ransi juga pintar membuat klepek-klepek Dira (pembaca juga) akan perilakunya.


Menggunakan lokasi di kota Palembang, kita akan dibawa ke tempat – tempat hits yang ada di Palembang, dan mengenal beberapa nama kota yang ada di sana. Tapi sayangnya sama Kak Al yang diceritakan itu Palembang yang panas. He he he mungkin di cerita lanjutan Ransi Dira setelah menikah diceritakan keindahan Palembang ya Kak, tempat wisata atau suasana alam. (kode keras menunggu lanjutan kisah DR)

Sosok Dira ini, Dira adalah sosok pekerja keras, setelah sang Ayah meninggal Dira hanya tinggal dengan sang Ibu, kakak-kakaknya sudah punya keluarga sendiri dan memilih hidup sendiri. Dia sangat sayang kepada ibunya dan berusaha sebaik mungkin untuk tidak mengecewakan keluarganya. Didikan sang Ayah memang menjadikan Dira sosok yang luar biasa, dia tahu apa yang dia inginkan. Tapi saat berhadapan dengan Ransi Dira menjadi kebingungan. Iyalah siapa juga yang tidak kelabakan kalau dapat perlakuan kayak Dira.

Mungkin beberapa orang akan menganggap Dira baper, pasti ada yang bilang cari cowok lain. hallo kalian nggak baca sendiri sih kisah LKSH ini. Itu kode-kode Ransi sama perilaku Ransi yang bikin jatung Dira kebat-kebit kalau aku tulis di sini, beneran bakalan jadi kitab kode-kode para pejuang cinta.

Sementara Ransi, dia sosok yang punya idelisme tinggi, seorang pengagum sosok Bung Karno. dan dia sangat menghormati sosok wanita. Satu-satunya sifat yang bikin rasanya pengen membuat ban montor vixion Ransi bocor itu adalah dia yang suka menebar kode. Tapi kalau menurut aku sebenarnya itu cara Ransi berjuang untuk mendapatkan cintanya. 

Kalau Dira bilang Ransi itu kharismanya luar biasa, jadi bayangin Ransi kalau ngajar di depan murid-muridnya.

Covernya keren, dengan setting dua anak manusia dan jembatan ampera. Nuansa Palembangnya dapat banget. Apalagi cewek bertopi itu yang mengingatkan aku pada sosok penulis. Dan akhirnya menjadi aku berfikir bahwa Dira ini adalah ya Kak Alnira sendiri. wk wk wk. Apalagi kak Al pernah bilang bahwa LKSH ini diambil dari kisah nyata. Apakah mungkin ini kisah kak Al sendiri?

Kalau judulnya sendiri, sudah cucok meong, alias klop banget sama ceritanya.
Satu hal yang aku masih kepo dari baca LKSH di wattpad sampai dalam bentuk cetak, itu kenapa misteri folder galeri Ransi belum terpecahkan? Apa sih sebenarnya isi galeri ponsel Ransi, nggak hanya Dira yang kepo aku sebagai pembaca juga kepo...argggh kak Al, dirimu kejam ya.


Untuk adegan favorit aku adalah adegan yang bikin deg-degan tingkat tinggi dan menyebabkan kebaperan akut. Adegan usap kepala, mungkin dicerita lain terkesan biasa, tapi kalau Ransi yang usap kepala Dira kok ikutan membekunya. Ha ha ha kalau kata Dira ‘rambut yang diacak tapi yang berantakan itu hati.’ Dan cara Ransi dan Dira komunikasi itu lucu, Dira ngomong tapi Ransi balesnya pakai pesan. Kalau model gini harapannya Cuma satu semoga sinyalnya stabil. Ha ha ha ha. Kesannya mungkin ribet, tapi berhubung aku suka dengan segala sesuatu yang anti-mainstream cukup salut cara Ransi membuat Dira terkesan.
Dan masih banyak lagi selain itu.

Kalau yang kode-kode berupa ucapan, ini seperti ini :
“Kalau dua tahun lagi umur kamu berapa, Dir?”“Dua tujuh,” Jawabku.“Aku dua delapan, pas lah ya.”“Apa?”Dia hanya tertawa-tawa saja.

“Dir..”“Apa?”“Nanti kalau aku ngajak kamu kondangan, mau nggak?”Aku tersentak kaget. “Kapan?”“Ya kalau ada undangan, aku ajak kamu ya?”

Udah dua aja, aku nggak kuat nulisnya, kelewat menghujam jantung si Ransi ini dengan kode-kodenya.

Tebar-tebar quote :

“Menikah itu nasib. Mencintai itu takdir. Kau bisa berencana menikahi siapa, tapi tak dapat kau rencakan cintamu untuk siapa.”(Halaman 33)

“Kodrat perempuan itu dicintai, bukan mencintai. Lebih baik cinta pria ke kita lebih besar daripada cinta kita ke dia, supaya kita nggak merasa sakit.”(Halaman 269)

Banyak sebetulnya quote-quote yang menyentuh banget, karena disetiap pergantian part baru akan ada quote-quote yang menyertai. Dan ini aku suka banget.

Dari kisah Dira dan Ransi ini, aku jadi bisa menarik kesimpulan, kenapa friendzone menjadi zona yang paling bahaya. Pertama salah satu pihak pasti ada yang terluka. Kedua jika bertepuk sebelah tangan maka persahabatan yang terjalin pasti akan kacau, kehilangan sahabat plus kehilangan kekasih dan yang ketiga kalau sama-sama suka biasanya akan langgeng. Jadi menurut aku memang benar apa yang dilakukan Ransi. Tapi aku juga tidak menyalahkan Dira yang berusaha menjalin hubungan dengan pria lain dan sempat marah kepada Ransi. Karena itu merupakan bagian dari proses yang tidak bisa dihindari.

Dan pesan moralnya adalah kalau jodoh tak akan lari ke mana dan datangnya tidak dari arah yang tak diduga. Jadi saat masih belum menemukan jodohnya tugas kita adalah memantaskan diri sebaik mungkin. Oke para jomblo berkwalitas. Cie cie cie.

Dan aku berpendapat novel ini juga cocok dan aman kalau dibaca oleh usia remaja, pasti banyak remaja yang terpesona dengan bapak guru Ransi. Dan buat para cowok-cowok kalian tidak perlu melakukan perjalanan ke barat demi mencari kitab Kode, karena kalian sudah menemukan kode-kode itu langsung dari Raja Kode dan kalian harus baca yaa.

Bintang 4 untuk Ransi dan Dira

***************--------------------******************
sumber : dari akun instagram kak Alnira

Alnira adalah nama pena dari penulis yang sudah hobi membaca sejak usia enam tahun. Lahir dan besar di Kota Palembang, membuat penulis tertarik untuk menulis cerita dengan latar tempat yang dikenal sebagai kota pempek tersebut. Friendzone;Lempar Kode Sembunyi Hati ini adalah novel kedelapan yang sudah terbit. Penulis berlesung pipit ini dapat diintip aktivitasnya melalui : Twitter : @Alnira03, Instagram : @Alnira_03. Kritik dan saran juga bisa dikirimkan ke-email: Nia.alawiyah03@gmail.com dan cerita yang lain bisa dinikamati di akun Wattpad Alnira03
****------******



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu