{Book Review & Blog Tour } Burn baby Burn – Christian Simamora

Judul Buku : Burn Baby Burn
(Sebuah Novel Tentang Ky + Gia ; Gia Nggak Mau Sekedar Jatuh Cinta Dia Ingin Jatuh Cinta Seperti Di Novel Wattpad)
Penulis : Christian Simamora
Penerbit : RORO RAYA SEJAHTERA (Imprint Twigora)
Tahun terbit : Cetakan Pertama, Desember 2017
Tebal : viii + 448 Halaman
Book Paper : 55 Gram
 ISBN : 978-602-61138-9-4
Harga : Rp 98.000,-
***
BLURB
Daripada menyatakan cinta,
aku lebih nyaman berbohong seperti ini padamu:

“Kau adalah orang pertama yang aku cintai dengan sepenuh hati,
meskipun aku tahu kau bukan milikku.
Meskipun kau memilih orang lain yang kau rasa lebih pantas berada di sisimu.
Aku mengerti. Aku benar-benar mengerti.

Namun, aku juga ingin kau tahu, selamanya kau adalah satu di antara sejuta.
Kau istimewa, terbaik di antara yang terbaik.

Jadi kalau hanya teman posisi yang tersedia untuk saat ini,
dengan senang hati aku menawarkan diriku.
Aku cukup puas berada sedekat ini denganmu,
meskipun tahu tak akan pernah jadi cinta sebenarmu.

Tak apa. Benar-benar tak apa.

*****------*****------*****------****-----******



Bagi seorang Giandra Audrissa Yasmin atau yang biasa dipanggil dengan nama Gia lebih suka berada di dalam kamar. Meskipun ia tinggal sendirian tapi bagi seorang Gia kamar adalah istananya. Dan hal ini memicu kejengkelan kakak perempuan satu-satunya yang bernama Cassandra Oliviera Yasmin atau biasa di panggil dengan sebutan Cass. Karena Cass berharap Gia bisa segera menikah diusianya yang sudah memasuki 35 tahun. Tapi sepertinya Gia masih sangat nyaman dengan kondisinya saat ini.

Bertemu dengan seluruh keluarga besar adalah hal yang Gia tidak suka, karena pertanyaan-pertanyaan seputar tentang pasangan pasti bakalan gencar ditanyakan. Bahkan di acara arisan keluarga Gia sempat dikira dia adalah seorang lesbi (tega banget ya yang ngomong kayak gini).

Jika Cass lebih banyak berkomentar negatif tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Gia maka berbanding terbalik dengan Cass, Gadis Maharani anak perempuan satu-satunya Cass yang berarti juga keponakan Gia, yang sangat Gia sayangi dia bisa menjadi teman bagi Gia. Padahal usia Gadis belum 17 tahun.

Gadis dan Gia mereka suka sekali makan di cafe The Roux, cafe yang menawarkan makanan dan nuansa yang berbeda dari kebanyakan cafe lainnya di Indonesia. Chef sekaligus pemilik The Roux adalah Kyrian LeRoux yang biasa dipanggil dengan nama Ky.

Selain berprofesi sebagai penerjemah freelance novel-novel romace asing Gia juga seorang penulis di Wattpad, dia menggunakan nama ‘cokelatkacang’. Followernya udah ribuan, cerita-ceritanya juga banyak disukai oleh para pembaca bahkan para fansnya sudah punya perkumpulan sendiri. Dan tidak ada yang tahu jika Gia adalah seorang penulis wattpad. Sampai akhirnya Gadis mengetahui bahwa sang tante adalah penulis yang banyak dibicarakan oleh teman-temannya di sekolah, tanpa pikir panjang Gadis langsung membaca semua cerita yang ditulis oleh Gia, hingga akhirnya Gadis menyadari sesuatu bahwa salah satu karakter novel yang diciptakan oleh Gia adalah bentuk lain dari sosok Ky.

Tanpa Gadis tahu, Gia memang sudah lama kagum kepada sosok Ky. Sementara itu bagi The Roux dan Ky sendiri sosok Gia merupakan sosok yang istemewa karena Gya adalah pelanggan pertama cafe The Roux.

Selain berhasil meyakinkan sang Tante, bahwa dirinya juga menarik dan layak untuk mendapatkan pasangan, maka perjuangan untuk mendapatkan cinta seorang Ky itu pun dimulai.

Langkah-langkah apa sajakah yang akan diambil oleh Gia untuk menakhlukkan hati Chef Kyrian?
Dan di sini peran Gadis sangat besar, karena dia selain menjadi penata busana, penata rias juga sebagai penasehat cinta untuk Gia.
Berhasilkah Gia, mendapatkan hati Ky? Akankan cerita cintanya akan semulus dengan cerita para tokoh yang Gia buat sendiri?
Dan bagaimana dengan sosok Ky itu sendiri?

Simak kisah selengkapnya dalam novel “Burn Baby Burn” karya Christian Simamora.  

*****------*****------****--------*****------*****



Dalam menceritakan kisah Gia dan Ky ini Abang menggunakan sudut pandang orang ketiga dan memang tidak hanya dari sudut pandang seorang Gia saja, di beberapa bagian ada sudut pandang Gadis, Cass dan juga tentunya Ky. Tapi memang lebih banyak dari sudut pandang Gia.

Untuk alur yang digunakan alur maju mundur, karena banyak bagian yang menceritakan di masa lalu. Masa lalu gak melulu harus beberapa tahun yang lalu ya, beberapa hari kemarin itu juga masuk lalu kan, masa lalu ada masa yang tidak bisa diulang lagi. ha ha ha ha.

Alurnya sebenarnya bukan lambat tapi memang detail dan tetap asyik buat dibaca dan diikuti. Pembaca dibuat tidak bakalan bosan dengan kisah Gia dan Ky ini. Kisah Gya dan Ky ini sukses membuat aku sebagai pembaca merasa gemes dengan bapernya Gia dan ketidak pekaan seorang Ky. Pengen aku jewer mereka berdua ini.

Tentang tampilan di dalam novel, cantik dan selalu menjadi salah satu khas buku terbitan Twigora, selalu ada quote yang menemani di setiap pergantian part, dan tampilan dalamnya juga keren. Ada akun IG nya mas chef Ky, ada akun wattpadnya cokelat kacang. Ada komentar-komentar dari pembaca cerita di wattpadnya Cokelat Kacang, yang mendadak malah membuat aku penasaran sama ceritanya.

Tentang karakter yang terdapat dalam cerita Burn Baby Burn ini, selain ada sosok Gia dan Ky serta Cass dan Gadis. Kita juga akan di ajak berkenalan dengan teman baru Gia di kelas memasak yaitu Ulfa dan Monang dan juga teman-teman di Knitting Squad, yang sangat asyik dan bersahabat.

Gia, wanita dengan usia 35 tahun. Belum menikah, tidak punya pacar, tidak suka bergaul karena waktunya lebih sering dihabiskan di kamar, untuk membaca novel, menerjemahkan novel, ataupun menulis cerita. Gia memang cenderung kurang percaya diri akan dirinya sendiri, ia selalu merasa tidak menarik, tidak cantik. dan Gia ini suka melamun membayangkan sesuatu, cocoklah jadi penulis. Selain itu Gia itu tidak terlalu memperdulikan penampilan, membaca novel ini dan melihat sosok Gia aku seperti melihat diriku sendiri. Ada beberapa kesamaan antara aku dan Gia. Mungkin ada yang mengira Gia orangnya mudah baper, tapi wanita mana yang gak akan baper kalau menerima perlakuan seperti itu. iya kan?

Sementara Ky, woow aku dibuat terkejut dengan karakter Ky ini, sosok Ky ini jauh dari ekpektasi ku, aku kira seluruh waktunya hanya untuk ia dedikasikan terhadap cafe barunya, ternyata dia suka nongkrong bareng temannya buat clubbing, suka nonton konser musik, suka nonton film, bahkan jadi pengajar di kelas memasak. Ternyata hal ini Ky lakukan untuk mengusir rasa sepi dalam dirinya. Makin penasaran kan dengan sosok Ky?

Mungkin bagi teman teman yang sudah baca novel ini, banyak yang tidak suka akan sosok Cass, kalau aku secara pribadi, sebenarnya dia ini perhatian kepada adiknya, tapi caranya aja yang keliru, karena menurut Gia Cass tidak memposisikan dirinya sebagai seorang teman ataupun kakak tapi malah sebagai seorang komentator.

Berbanding terbalik dengan sosok Cass, Gadis sangat berbeda dengan ibunya, meskipun menurut Gia, Gadis adalah bentuk lain dari Cass semasa remaja, tetapi Gadis lebih bisa bersikap dewasa saat menghadapi Gia yang seorang introvert. Gadis bisa menjadi seorang penasehat, ataupun teman bagi Gia.

Dan satu lagi yang tidak boleh lupa adalah sosok Santi, sosok yang berada di antara Ky dan Gia, penasaran kan siapakah Santi ini? Ha ha ha ha. Santi Sharmila adalah seorang beauty vlogger top di Indonesia. Sulit percaya dengan pasangan karena memang punya masa lalu yang buruk dengan pasangan sebelumnya. Santi ini memang bukan sekedar beauty vlogger, karena disaat dia mendengarkan orang lain bicara, terus bibirnya terlihat kering maka Santi ini berfikir, sebaiknya dia pakai lipstik jenis ini. Keren keren. Dia juga bisa menebak merk kosmetik apa yang sedang dipakai seseorang. Standing applus buat Santi.

Tapi sayangnya cerita Ulfa dan Monang berhenti begitu saja, selesai mengikuti kelas memasak selesai sudah kebersamaan mereka. Dan pada akhirnya Gia tidak tahu apa masalah yang sebenarnya, Ulfa kan bisa masuk kategori teman baru buat Gia, jadi kalau misal mereka dibuat bertemu lagi dilain kesempatan sepertinya keren juga.


Suka sama pembatas bukunya, tulisan di pembatas bukunya itu yang bikin jatuh cinta, “Selamat Jatuh Cinta”, aku sudah jatuh cinta sama Ky, meskipun dia menyebalkan. Tapi pembatas bukunya dalam bentuk stiker, kemarin rencana mau aku tempel di helm, tapi sayang lah, akhirnya mau aq laminating aja pembatas bukunya, biar nggak gampang lecek. 

Boleh percaya boleh nggak, setelah membaca cerita ini aku langsung mencari di wattpad nama akun cokelat kacang, beneran ada tapi dia gak nulis cerita, lalu aku cari di work nya akun wattpad Abang, berharap cerita cerita yang di buat oleh cokelat kacang adalah cerita abang. Ha ha ha

Adegan yang paling aku suka adalah waktu Gadis dengan gaya kepintarannya yang luar biasa, menjadi penasehat bagi Gia, aku gemes pada cerita pas adegan ini, bahkan aku berfikir ‘Gadis ini sotoy” ha ha ha, bener kan pasti kalian pernah ngerasian, waktu saudara yang umurnya jauh dibawah kamu terus kayak menasehati pasti kamu bilang “sok tahu lu” ha ha ha meskipun pada akhirnya juga dituruti sih nasihat itu.

Membaca ini aku menjadi semakin tahu tentang istilah-istilah baru, seperti fargenic dan beberapa istilah asing lainnya, nama-nama make up, dan ada juga tips-tips stalking , ha ha ha di sini Gadis ini tipe cewek totalitas, kalau stalking tidak tanggung-tanggung.

Kalau untuk adegan yang bikin baper, Gia-nya sendiri itu udah bikin aku baper, tapi berdebatan antara Gia dan Cass itu juga seru, karena di satu sisi malah memperlihatkan betapa mereka saling menyanyangi dan mengasihi. Cass yang ingin melihat Gia bahagia, dan Gia yang selalu berusaha menghormati Cass sebagai kakaknya. Manis sebenarnya hubungan kakak adik ini.

Mari kita tebar-tebar quote menarik yang aku sukai dalam cerita Gia dan Ky ini :

“Pakaian seharusnya ningkatin kualitas penampilan pemakainya,bukan sebaliknya.”(Halaman 5)

“Satu-satunya alasan kenapa romance selalu dipandang sebelah mata gitu,
 nggak lain karena peminatnya mayoritas cewek.”(Halaman 16)

“Orang yang benar-benar rindu akan melakukan apapun untuk menghubungimu. Otherwise, rindu yang dia akui itu nggak lebih sekedar sweet nothing.”
(Halaman 75, ini dari quote cerita akun Cokelat Kacang)

Amor vincit omnia, et nos cedamus amori, artinya cinta mengalahkan segalanya karena itu berserahlah saat mencintai.”(halaman 86)

Pesan yang ingin disampaikan oleh cerita Ky dan Gia yang aku tangkap adalah  siap mengejar cinta harus siap patah hati. Dan move on itu memang tidak mudah, perlu waktu untuk bisa menemukan kembali cinta baru, pelan-pelan saja. selain itu jangan menghakimi secara sepihak kepada seorang wanita yang sudah matang usianya tapi belum menikah, karena kita tidak tahu apa yang sesungguhnya sedang dia alami atau dia pikirkan. Dan semua orang berhak bahagia.

Meskipun tidak ada adegan huoootnya, dimana dibuku dikasih label 21+ tapi memang ada beberapa hal yang tidak boleh dibaca remaja. Tapi entah, kalau banyak remaja-remaja semacam Gadis, yang meski dilarang baca-bacaan untuk 18 tahun ke atas masih aja suka nyuri-nyuri membaca. Ha ha ha anak-anak zaman now.  Kalau kalian sedang masa pendekatan, stalking kalian harus baca ini, karena siapa tahu ada tips dan trik dari Gadis seperti halnya Gia.

Bintang 4 untuk kisah Gia dan Ky.


***************--------------------******************

Seperti biasanya, setiap kali Twigora mengadakan blogtour, pasti para host blog mendapatkan tantangan photo challenge. Dan challenge kali ini dari pihak Twigora memberikan tantangan dengan clue foto alat masak dengan buku Burn Baby Burn atau blogger dengan alat masak bersama dengan buku Burn Baby Burn.”
Dan ini dia foto ala-ala aku :
Taraaang
Taraaaang
Taraaang


**********----------------------***********------------********
Maaf kalau review nya terlalu panjang ya kawan. Sampai ketemu di postingan Give Away-nya. Kalian juga bisa menyimak review Burn Baby Burn dari para host blogtour lainnya dan jangan lupa bakalan ada give away di masing-masing blog yaa.. berikut jadwal nya :



 7 – 9April 2018:Sri Sulistyowati


10 – 12April 2018: Sintiya lastari Deva R
Url Blog: https://aoiperiwinkle.wordpress.com/

13– 15 April 2018: Adyta Dhea Purbaya
Blog : adytapurbaya.blogspot.com

16 – 18 April 2018::Farida Endah

19 – 21 April 2018:Tasya Devi



22 – 24 April 2018: Oktabri

Url blog: https://irbatko.wordpress.com/


25 – 27 April 2018::Pida Alandrian


Postingan giveaway tunggu, dipostingan selanjutnya.




Posting Komentar

2 Komentar

  1. Novel dengan tokoh cowok cheff, pemilik kafe, dan ada kelas memasaknya juga. uluuh bakal bikin lapar nih kayaknya. hihihi.

    BalasHapus
  2. he he he, apalagi masakannya masakan korea, berasa liat oppa oppa lagi masak

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu