{Book Review) PERFECT ROMANCE – Indah Hanaco




Judul Buku : Perfect Romance
Penulis : Indah Hanaco
Penerbit; PT Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2017
Tebal : 306 Halaman
 ISBN : 978-602-04-3391-2
Buku ini merupakan hadiah pilihan dari event Indonesia Romance Reading Challenge 2017 (IRRC2017)
***
BLURB
Apa yang terjadi ketika pagi seorang playboy dihancurkan oleh kehadiran sebuah “paket” tak terduga? Paket spesial itu berupa bayi menggemaskan ditinggalkan begitu saja oleh salah satu mantan kekasihnya. Tapi, si pria yang nyaman bergonta-ganti pasangan ini menyangkal mati-matian kalau bayi itu darah dagingnya dan mengaku masih perjaka. Wah!
Akan tetapi, kehadiran bayi itu tanpa diduga sudah mengubah dunia sang playboy. Dengan cara yang absurd, dia malah jatuh cinta dan bertekad ingin membesarkan bayi itu. Pertanyaan terbesarnya, mampukan seorang pria yang terbiasa hidup bebas menjalankan peran sebagai ayah yang bertanggungjwab?
Lalu seorang perempuan yang baru saja melewati pernikahan yang buruk, memasuki hidupnya juga. Dengan sang bayi yang menjadi penghubung mereka berdua, cinta pun menjadi mustahil bisa terus-menerus disangkal. Ketiganya, dengan cara dan kisahnya sendiri, melengkapi satu sama lain.
Inilah kisah romansa sempurna Taura Ismail dan Inggrid Serafina

*****

Berawal di suasana pagi hari, yang seharusnya dilalui dengan penuh sukacita agar dalam menjalani setiap episode hari ini penuh dengan semangat dan kebahagian, tapi tidak untuk Hugo di pagi yang cerah ini. Berharap dapat tidur nyenyak karena ia baru sampai rumah sekitar jam 2 pagi, tapi lengkingan suara sang mama dan gedoran pintu memupus mimpi indah Taura. Pagi ini keluarga Ishmael diawali dengan keributan, siapa yang terkejut jika di pagi buta satpam rumah mendapat sebuah paket berisi bayi perempuan yang mengirim mengaku bernama Agnez yang tidak lain adalah mantan pacar Taura. Sang Mama murka dengan perbuatan yang telah dilakukan si anak tengah dari keluarga Ishmael ini.

Taura memang sudah dicap sebagai anak pembangkang, playboy dan tidak mau terikat dengan sebuah pernikahan. Ia berusaha menyakinkan bahwa anak kecil itu yang bernama “Maleena” ini bukan merupakan darah dagingnya, bahkan ia mengaku kepada sang kakak Vincent, bahwa ia masih seorang perjaka dan hal ini mendapat sambutan yang cukup heboh dari sang kakak. Sang mama masih bersikeras tidak percaya kepada Taura, akhirnya Taura memutuskan untuk melakukan Tes DNA, sambil menunggu hasil Tes DNA Taura mencari jejak Agnez berdasarkan info yang selama ini ia ketahui. Tapi setalah melalu perjuangan yang cukup melelahkan, Taura terkejut akan fakta bahwa kehidupan seorang Agnez jauh dari kata baik-baik saja, ia sudah lama tidak pulang ke rumah, bahkan orang tua Agnes sendiri sedang dalam proses perceraian.

Bersamaan dengan hal itu hasil tes DNA keluar, dan percayang seluruh kelurga Ishmael bahwa Maleena bukan anak kandung Taura, konflik tidak selesai begitu saja, Inggrid memaksa Taura untuk menyerahkan bayi kecil itu kepada orangtua dari Agnez, tapi setelah untuk pertama kalinya Maleeka menggenggam jari tangan Taura ada perasaan yang berdesir dalam hatinya dan melihat bagaimana keluarga Agnez ia tidak tega jika gadis kecil dibesarkan dalam lingkungan seperti itu. Akhirnya Taura memutuskan untuk tetap merawat Maleena sampai Agnez menjemputnya, dan kemarahan seorang Inggrid begitu murka, sehingga untuk menjaga perasaan sang Mama, Taura nekad pergi dari rumah bersama Maleena dan juga Aida sebagai pengasuh Maleena selama ini, untuk sementara mereka tinggal di apartemen Taura.

Di satu sisi, Inggrid teman dari Dominique adik ipar Taura, sedang mengalami masalah dengan pernikahannya yang baru seumur jagung, Inggrid nekad bercerai dengan Jerry meskipun mendapat tentangan dari pihak keluarganya, ia pergi dari rumah dan atas bantuan dari Taura ia mendapat tempat tinggal di sebelah Apartemen Taura.

Inggrid yang pada dasarnya senang dengan anak kecil, dengan senang hati untuk membantu Taura dalam mengurus Aileen ( nama Maleena diganti Taura menjadi Aileen).

Dari cerita ini, apa sudah tampak bagaimana lika-liku perjalanan Taura-Inggrid?
Apakah Inggrid berhasil menakhlukkan hati seorang playboy bernama Taura, meskipun sejatinya ia sendiri masih belum mampu membuka hati setelah gagalnya pernikahannya itu?
Bagaimana keseruan Taura dan Inggrid dalam bahu membahu dalam merawat Aileen?

Baca kelanjutan kisah mereka bertiga Taura-Aileen-Inggrid dalam novel berjudul “Perfect Romance” karya Indah Hanaco.
*****

Ini buku kedua karya Mbak Indah Hanaco yang aku baca, yang pertama kemarin itu baca yang judulnya “The Vanila Heart”, kalau di “The Vanila Heart” itu berkisah tentang Hugo Ishmael dan Dominique, sementara untuk “Perfect Romance” ini berkisah tentang Taura Ishmael yang tidak lain adalah kakak kedua dari Hugo.

Dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, kita dibawa menjadi saksi bisu perjalanan hidup seorang Taura Ishmael.

Karakter Taura, yang digambarkan sebagai sosok playboy, tapi kalau menurut aku secara pribadi itu bukan playboy , bisa dipastikan kalau Taura hanyalah sosok yang mudah move on, putus hari ini misal besok ketemu cewek yang cocok oke tembak jadian, punya pacar lagi. Tapi yang bikin ngeri adalah dia yang tidak mau berkomitmen untuk menikah. Gak hanya keluarga Ishamel yang dibuat heran dengan sifat aneh Taura ini, benar kata Hugo bahwa Taura masih belum menemukan wanita yang tepat. Taura cepat mendapatkan pacar atau kekasih selain ditunjang dari segi karier, wajah yang memang termasuk dalam jajaran manusia lelali cakep, seorang Taura mampu membuat siapa saja merasa nyaman dan merasa diperhatikan jika berada di dekatnya, dan hal ini lah yang paling banyak disukai para cewek, nyaman dan diperhatikan.

Awalnya, jika aku tidak membaca bagian blurb-nya dulu, aku malah terpesona dengan sosok Aida pengasuh Aileen, sempat berfikir jangan-jangan bakalan jadi orang ketiga  diantara Taura dan Inggrid, tapi kekhawatiran itu tidak terjadi. Kelebihan cerita ini dibanding cerita lain adalah, salah satunya ada norma-norma Indonesia dalam cerita ini, Taura meskipun termasuk paling pembangkang diantara ketiganya, tetapi mereka bertiga tetap saling menghormati dan saling membantu. Taura meskipun mamanya marah atas segala keputusan yang ia ambil, seorang Taura tetap menaruh hormat dan baktinya kepadanya sang mama. Unsur keluarga dalam cerita ini sangat kuat dan malah membuat cerita ini semakin kuat.  Dari segi konflik, termasuk konflik ringan menurut aku dengan alur yang rapi, apalagi ditambah penulis yang pandai dalam merangkai untaian kata membuat cerita ini menjadi tidak membosankan. Pendeskripsian tentang setting tempat sangat detail dan terperinci, sampai aku belum bisa membayangkan model rak tv yang ada di apartemen Taura, keren banget sepertinya dekorasi dan interior kamar Taura.

Dari segi cover warnanya imut, kalem dan ada tulisan baby serta pernak-pernak bayi, jadi kayak bukan cerita tentang Taura tetapi tentang si imut Aileen, tapi memang dia kan yang membawa perubahan dalam diri seorang Taura. Judul setiap part dalam novel ini aku suka, perpaduan katanya bikin deg-degan, seperti ini contohnya Berkomitmen Sepenuh Hati untuk Bayi yang Tak Lagi Asing itu, Kamu, Aku, dan Masa Depan, Ada yang Jatuh Cinta dan Mulai Mengurangi Keruwetan Masa Lalu. Itu hanya sebagian contohnya.

Kekurangan novel ini adalah, Agnez munculnya kurang lama. Dia Cuma ada di part terakhir saja. dan hanya berupa cerita dari seorang Taura saja. akan lebih seru kalau Agnez dengan porsi yang lebih banyak. Makin seru bakalan cerita ini.

Quote favorit dalam novel “Perfect Romance” adalah sebagai berikut :

“Coba katakan satu alasan yang paling masuk akal,
kenapa kita tidak menikah saja?”
(Taura, Halaman 151)

Pesan moral yang terkandung dalam cerita ini adalah bahwa keluarga adalah tempat ternyaman dan keluarga adalah rumah bagi kita semua. Bahwa keluarga adalah segalanya. Marahnya seorang ibu membuktikan bahwa ia masih peduli dan sayang kepada kita.

Buat kalian pecinta genre romance kalian harus baca cerita ini yaa.

Ada 4 bintang dari 5 bintang untuk cerita ini.
*****
Profil penulis yang tercantum dalam novel ini adalah sebagai berikut :
Indah Hanaco
Penimbun buku, terutama novel bisrom // Si Libra yang sangat terobsesi pada keadilan // Pemilik dua anjing kampung paling keren di dunia Bule dan Broni // Tergila-gila pada semua hal yang berbau Skotlandia, Romawi Kuno dan Yunani Kuno // Sedang sangat suka pada Alexander Skarsgard dan serial Bilions // Penulis 7 novel Elex Media yang sudah terbit sebelumnya yaitu After Sunset, Stand By Me, My Better Half, A Scent of Love in London, You Hold Me at “Hello”, To Be with You dan Love Me Again

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu