{Book Review) PRINCE BLUE SAFIR- Angel El Cherid




Judul Buku : Prince Blue Safir
Penulis : Angel El Cherid
Penerbit: Histeria
Distributor : PT. Anak Hebat Indonesia
Tahun terbit : 2017
Tebal : 224 Halaman
 ISBN : 978-602-6595-89-8
Buku ini merupakan hadiah dari Giveaway yang diadakan di akun IG @Tourianpeekybook
***
BLURB
*****
Prince Blue Safir mengisahkan tentang seorang pemuda yang kembali dari California setelah sepuluh tahun menimba ilmu. Ia membuktikan bahwa waktu bisa merubah segalanya, termasuk sifat. Ia yang saat kecil dikenal dengan kebaikan dan kelembutan, kini kembali dengan keangkuhan dan kesombongan. Menjadi pengusaha kerajaan bisnis di usia muda membuat pemuda berparas rupawan itu menjadi sangat dingin dan semaunya sendiri.

Safir tidak dekat dengan siapapun kecuali Alfa, sahabatnya sejak kecil sekaligus rekan bisnisnya. Hanya bersama Alfa, ia bisa tertawa dan bersikap konyol. Hingga suatu ketika, takdir mempertemukannya dengan Chaty, putri mantan rekan bisnis ayahnya yang bangkrut. Sikap Chaty yang berani mempermalukannya di depan semua orang, membuat Safir berang. Pemuda itu menginginkan Chaty menjadi pelayan pribadinya, dan dengan segala cara, akhirnya keinginannya terwujud. Tapi, dari situlah kisah ini bermula, pertengkaran konyol mereka, sikap jaim dan keras kepala yang mereka miliki perlahan tumbuh menjadi perasaan yang sulit diartikan. Diam-diam mereka saling menyukai, hanya saja, Safir terlalu angkuh untuk mengutarakan perasaanya. Chaty merasa tersiksa dengan sikap Safir yang terkadang sangat manis, tetapi juga temperamen, seolah ia memiliki kepribadian ganda. Safir selalu marah berlebihan jika Chaty dekat dengan Alfa dan Safir tidak segan memperlakukannya dengan kasar. Sikap itulah yang membuat Chaty memilih pergi dari rumah itu dan menetap bersama Alfa sementara waktu.

Tapi malang, ternyata Alfa tidak sebaik yang ia kira. Nasib Chaty justru berakhir di tangannya. Gadis malang itu meninggal setelah mengalami pemerkosaan keji dan siksaan bertubu-tubi. Tubuhnya bahkan dibuang begitu saja. Alfa ingin menhancurkan semua yang dekat dengan Safir karena dendam masa lalu. Sayangnya, Safir sangat percaya padanya.

Waktupun melompat jauh. Empat tahun kemudian, tidak disangka ternyata Safir benar-benar mencintai Chaty. Ia mencari Chaty sepanjang waktu dan menyesali semua perbuatannya. Safir bahkan seolah lalai dalam bisnis hingga akhirnya perusahaannya mengalami masa sulit. Safir meminta bantuan kepada Damitri Company, perusahaan yang dimiliki seorang gadis bernama Aleya Damitri. Gadis arogan, berkuasa dan sangat dihormati, yang membuat Alfa dan Safir tercekat karena ia sangat mirip dengan Chaty. Mungkinkah ia Chaty?

*****

 Safir Alvaro setelah sekian lama berada di California akhirnya pulang kembali ke Indonesia. Dia langsung memegang kendali akan kerajaan bisnis Alvaro Company, semua menyambut baik kedatangan Safir, tapi Safir bukan lagi Safir yang dulu. Sekarang ia menjadi sosok yang angkuh, kasar dan sombong. Bahkan ia tidak pernah menengok Tuan Alvaro, Ayahnya sendiri yang terbaring sakit di kamar. Safir membenci Ayahnya sendiri.

Safir hanya mempunyai satu sahabat dekat, yaitu bernama Alfa. Dengan Alfa ia sangat percaya sekali dan selalu menceritakan segala hal yang dia alami. Bisa dikatakan jika Alfa adalah teman curhat Safir.

Perkenalannya dengan Chaty yang menurut Safir Chaty sangat berbeda dengan wanita lain pada umumnya, hal itu membuat Safir penasaran. Chaty adalah anak tunggal dari pengusaha yang bangkrut dan kebangkrutannya itu tidak lain karena ulah seorang Safir Alvaro. Dengan sekali tepuk Safir berhasil membawa Chaty masuk ke dalam istananya menjadi pelayan pribadi bagi Safir. Dari sini semua bermula, tapi sayang Safir yang seperti mempunyai kepribadian ganda membuat bingung Chaty, hingga akhirnya Chaty lebih memilih keluar dari istana Safir dengan membawa calon bayi Safir dan tinggal bersama Alfa.

Tuan Alvaro meninggal. Fakta baru terungkap bahwa Safir sebenarnya adalah Sahir. Safir sudah meninggal tapi karena Safir lebih mempunyai sifat yang baik dan cenderung disukai banyak orang maka Tuan Alvaro malah mematikan nama Sahir. Hal inilah yang memicu kebencian Sahir kepada Ayahnya sendiri. Tapi tidak sampai disini saja penderitaan yang diberikan oleh Tuan Alvaro. Benar memang jika seluruh kendali Alvaro Company akhirnya akan dipegang oleh Sahir tapi sepeninggalan Tuan Alvaro ia berwasiat kepada Sahir bahwa ia harus menikah dengan Karina seorang keturunan bangsawan.

Sepeninggalan Chaty dan wasiat itu sungguh menguras pikiran Safir. Safir berusaha mencari keberadaan Chaty tapi tidak pernah berhasil, ia tidak tahu bahwa Chaty sudah meninggal di tangan Alfa. Alfa yang ia anggap sebagai sahabat ternyata malah ingin balas dendam kepada Safir.

Waktu berjalan begitu cepat, 4 tahun berlalu Safir masih terus menunggu dan mencari Chaty, Safir sangat mencintai Chaty, hal ini membuat ia tidak fokus kepada perusahaan yang ia pegang, ia mengalami kebangkrutan dan menurut Alfa yang bisa membantu Alvaro Company hanya perusahaan Dimitri.

Perusaahan Dimitri dikelola penuh oleh anak gadis bernama Aleya Dimitri, dan syarat yang diajukan oleh perusahaan itu sangat berat. Syarat yang membuat Safir terkejut dan selain akan hal itu Safir tidak kalah terkejutnya bahwa wajah Aleya sangat mirip dengan Chaty.

Siapakah sebenarnya Aleya Dimitri? Apakah ia mempunyai hubungan dengan Chaty?
Mampukah Safir menyelamatkan perusahaan Alvaro dan memenuhi syarat yang diberikan oleh Dimitri meskipun itu merendahkan harga dirinya?
Syarat seperti apa yang diberikan oleh Dimitri?
Kesalahan seperti apa yang dilakukan oleh Safir kepada Alfa, hingga ia nekad ingin melakukan balas dendam?

Baca sepenuhnya cerita Safir Alvaro dan Aleya Dimitri dalam novel “Prince Blue Safir” karya Angel EL Cherid.
***
Dari bagian blurb yang tercantum sudah menggambarkan bagaimana jalan ceritanya. Novel ini merupakan book mail / hadiah dari Give Away yang waktu itu diadakan di akun Ig Tourian Peeky Book. Dan Alhamdulilah aku menjadi pemenangnya. Terimakasih buat kakak gengs Peeky, Kak Angel El Cherid dan tentunta penerbit Anak Buku Hebat yang telah mengizinkan aku membaca cerita sekeren ini dan bisa berkenalan dengan Prince Safir eh maksud aku Prince Sahir.


Pertama kali, mengira buku ini bertema Fantasy yang ada kesan horor, tertangkap dari judul dan cover bukunya, dan setelah dibaca ternyata bergenre dark romance, kisah cinta dengan ada adegan kekerasan. Dengan karakter sekaku Safir/sahir agak heran jika sudah menyangkut tentang cinta atau masalah hati ia bisa baper dan mendadak melankolis juga, itulah kekuatan cinta.

Kalau ada pertanyaan siapa karakter yang paling di benci, tentu semua akan sepakat bahwa Alfa adalah orangnya. Ngakunya teman tapi malah menusuk. Aku paling tidak suka dengan karakter seperti ini. Semoga saja tidak ada lagi di muka bumi orang dengan karakter seperti Alfa. Aamiin.

Aku suka sosok Chaty dalam cerita ini digambarkan dengan sosok yang lemah lembut dan memang benar-benar harus dilindungi, beda dengan sosok Aleya yang cenderung berani dan tegas. Mungkin karena latar belakang mereka yang berbeda meskipun muka mereka hampir sama.

Untuk adegan kekerasan dalam cerita ini, kalau di visualkan wajib untuk di sensor, karena pelakunya memang sangat kejam sekali, apalagi waktu adegan Chaty di tarik rambutnya, di lempar ke lantai, di jatuhkan dari atas tangga dan sebagainya. Sungguh aku ngeri membayangkannya, beberapa ada yang aku skip bacanya karena tidak tega melihat kesadisannya.

Kelebihan buku ini daripada cerita lainnya, novel dark romance pertama yang aku baca dengan beberapa konflik tetapi konflik utama sebenarnya kepergian Chaty yang  tidak pernah ditemukan lagi. Ada beberapa konflik tetapi penulis berhasil menulis cerita ini tanpa tumpang tindih ataupun ada konflik yang belum terselesaikan. Konfilknya antara lain Safir-Chaty-Alfa, Karina-Safir-Chaty, dsbnya. Tapi sumpah keren untuk alur ceritanya, aku tercengang dengan alur yang penulis buat.

Untuk kekurangan novel ini adalah ada yang janggal waktu perusaahan Alvaro Company dalam keadaan bermasalah mengapa tidak meminta bantuan seorang Karina, yang jelas di awal Karina merupakan anak seorang pengusaha dan juga masih berdarah bangsawan, tapi tiba-tiba malah muncullah Dimitri Company. Meskipun tidak dibahas secara detail biar konflik tidak terlalu melebar, setidaknya ada satu dua kalimat yang menjelaskan. Lagian kasian Karina 4 tahun mengejar Safir dan selalu mendapatkan penolakan tapi kasihan ia harus bernasib tragis.

Adegan yang aku suka adalah waktu Safir berhadapan dengan Aleya, jika Safir berhadapan dengan Chaty dia cenderung kaku tapi waktu berhadapan dengan Aleya Safir cenderung suka menggoda, mungkin karena dia sadar bahwa ia tidak mau melakukan kesalahan lagi. Jadi suka senyum-senyum sendiri waktu membaca adegan pada bagian ini.

Pesan moral yang disampaikan dalam cerita ini adalah bahwa tidak baik menyimpan dendam karena dendam itu akan membunuh kita sendiri dan akan mencinpatakan rantai yang tidak ada putusnya, ikhlas itu memang berat tapi itu lebih baik daripada menyimpan dendam. Dan selain itu perlakukan orang yang kita cintai dengan sebaik-baiknya jika dia sudah pergi maka hanya ada penyeselan yang mendalam dan kita tidak bisa melakukan apa-apa lagi.

Karena melihat ada beberapa adegan kekerasan buku ini cocok dibaca untuk usia 20+, karena memang ada beberapa adegan xxx yang juga termasuk kategori untuk pembaca khusus.

Ada 4 bintang untuk cerita ini dari 5 bintang yang aku punya.
*****
Ada sedikit profil dari penulis, yang memang sengaja aku copas dari profil penulis yang tercantum di dalam buku.

SRF. Wardatul Hasanah Cherid, atau dikenal dengan Angel El Cherid adalah wanita berdarah Arab yang lahir di Sampang, 29 Oktober 1990. Meyelesaikan pendidikan sekolah dasarnya di SDN Tambelangan 1, dan masuk kelas unggulan saat menginjak bangku kelas IV. Semasa sekolah dasar penulis sering mengikuti lomba yang berhubungan dengan buku, seperti lomba sinopsis, mengarang, membuat ilustrasi gambar, dan tak jarang menjadi juara. Penulis meneruskan studinya pada sebuah pondok pesantren di Sumenep lalu melanjutkan ke SMK jurusan Elektro. Semasa SMK, penulis menciptakan sendiri ruang membaca bagi teman-temannya dengan menulis sebuah novel harian yang kemudian dibaca bersama oleh teman-teman yang menyukai karya tulisnya.
Penulis bergabung dengan beberapa organisasi saat kuliah di kampus STAIN Pamekasan (jalur beasiswa), diantaranya PMII, IQDA, Music dan Majalah Activita. Pada semester IV, penulis memilih mutasi ke kampus berbeda demi mencari pengalaman seraya mengajar di salah satu SMP dan SMA swasta. Saat ini, penulis juga aktif menulis di jejaring sosial misalkan wattpad. Penulis menganggap bahwa menulis adalah kehidupan baginya, terlepas ceritanya akan disukai atau dikritik. Karena itu, tak ada pekerjaan yang bisa ia tekuni lebih dari setahun kecuali menulis dan menghibur pembaca.
Beberapa tulisannya antara lain ; Mr. Elegant, Emergency Couple ( Prince Blue Safir), Soul Horror, Noblasse, Prince Perfectionist, One Day, I Love You dan Note Of Memories.
Penulis bisa dihubungi melalui instagram ; @anna_cherid (Angel EL Cherid). Email : Bintang3lkhirid@gmail.com. Wattapad : @princessKhaisy  

Posting Komentar

3 Komentar

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu