{Book Review) ACCIDENTAL FATHER – Dahlian




Judul Buku : Accidental Father
Penulis : Dahlian
Penerbit; Roro Raya Sejahtera (Twigora)
Tahun terbit : 2016
Tebal : 418 Halaman
 ISBN : 978-602-607-481-2
Buku ini aku dapatkan dari Book Crossing di akun ig @MoccoBukku
***
BLURB
“Love is hard as heel, and relationship is a nightmare.”

Dominique memutuskan untuk menutup rapat-rapat hatinya dari cinta. Dia kini hanya mendambakan anak, tapi tidak menginginkan suami. Meskipun terdengar absurd, di dalam kepala perempuan itu malah terasa sangat masuk akal. Dia hanya perlu mencari ‘calon ayah’ yang potensial, hamil, lalu membesarkan anak itu seorang diri. Dan ketika bertemu dengan Reynand, Dominique sadar dirinya sudah menemukan kandidat yang tepat.

Saat mendapati dirinya sudah berhubungan terlampau jauh dengan Dominique, Reynand merasa bertanggung jawab. Dia juga tak akan memaafkan dirinya kalau sampai membiarkan perempuan itu menanggung konsekuensi perbuatan mereka seorang diri. Di mata laki-laki itu, orang yang memutuskan untuk lepas dari tanggung jawab dan membiarkan darah dagingnya sendiri menjadi anak haram tak lebih dari seorang pengecut. Namun, ketika memutuskan melamar Dominique. Dia langsung ditolak mentah-mentah saat itu juga.

Reynand langsung memikirkan strategi baru : dia harus membuat Dominique jatuh cinta padanya. Dia sadar ini adalah misi yang sulit, mengingat perempuan itu membangun dinding tinggi dan kokoh di sekitar dirinya. Namun, perasaan sayang yang meluap-luap pada Dominique membuatnya enggan untuk lekas menyerah. Mampukah Reynand menaklukkan perempuan berhati sekeras karang itu? Berhasilkah Reynand membuat Dominique menyadari bahwa cinta bukan sekedar emosi, melainkan juga janji untuk menjaga hati satu sama lain?

****

Dominique adalah seorang fotografer terkenal dan hasil bidikan kameranya sudah tidak diragukan lagi. Dominique yang trauma dengan sebuah pernikahan memutuskan tidak akan menikah untuk selamanya,  tetapi tiba-tiba setelah merayakan ulang tahun keponakaannya yang bernama Sasha, Domi berfikir dia ingin memiliki seorang anak tanpa harus ada sebuah pernikahan. Dia hanya perlu seorang kandidat yang sempurna agak kelak anak yang mereka hasilkan juga sempurna. Domi sudah mencoret nama Samuel yang merupakan kekasihnya dari daftar kandidit itu, karena Samuel tak lebih seorang pecandu narkoba dan pemabuk.

Reynand pemilik restoran yang bernama Roots Vegan & Vegetarian Restaurant. Mempunyai seorang kekasih bernama Clara yang berprofesi sebagai model, Clara meskipun statusnya sebagai kekasih Rey tetapi Rey sama sekali tidak mencintainya, ia menurut apa kata ibunya akan dibawa kemana hubunganya dengan Clara. Rey mencintai teman masa SMA nya dari dulu hingga sekarang.

Pertemuan pertama Domi dan Rey sungguh tidak elegant, Domi mengira Rey adalah tukang parkir di sebuah toko bakery. Bodohnya Rey dia hanya diam tanpa bersuara dan malah menerima sejumlah uang untuk membayar parkir dari Domi. Dan di pertemuan keduapun Rey juga masih dianggap sebagai tukang parkir. (Aduh Rey, kasihan dirimu, pesona seorang pemilik restoran terkenal di kira tukang parkir)

Di pertemuan ketiga, di sebuah pesta ulang tahun yang diadakan di restoran milik Rey, Domi baru menyadari kekeliruannya, dia berusaha meminta maaf kepada Rey dan menyadari bahwa Rey adalah sosok pria yang potensial untuk dijadikan kandidat utama, tapi sayangnya Clara kekasih Rey adalah wanita yang paling Domi benci.

Atas bantuan Kakak Dominique bernama Diana yang berprofesi sebagai pimpinan redaksi majalah Dazzle Magz, mengatur untuk menjalankan rencanaya agar berjalan mulus dan berhasil. Dan Reynand pun sukses masuk ke dalam rencananya.

Harapan Domi setelah kejadian itu ia bakalan tidak akan berhubungan lagi dengan Rey, Domi beranggapan itu hanya sebagai kisah One Stand Naight saja, tapi Domi tidak tahu siapa Rey.

Rey dibesarkan dengan didikan yang berbeda dengan dengan paham yang dianut Domi. Dalam keluarganya melakukan hubungan seperti itu harus sudah sebagai sepasang suami istri dan bila terjadi tanpa ada ikatan maka ia harus menikahinya. Doktrin yang begitu kuat dari sang ayah akhirnya membuat Rey berusaha keras untuk menikahi Domi. Tapi sayang Domi tetap bersikeras menolak dan menolak. Meskipun berhasil menjebak Rey tapi sayangnya dia masih belum hamil juga.

Hingga setelah menghadari reuni SMA, fakta yang terungkap Domi memang satu angkatan dengan Rey, bahkan mereka pernah satu kelas. Tapi karena Rey yang cenderung pendiam dan tidak suka berbaur dengan teman-temannya, Domipun tidak mengingat sama sekali sosok Rey, dan Domi ini jugalah cinta pertama seorang Rey. Biasa dalam sebuah reuni pasti yang akan ditanyakan adalah masalah menikah dan anak. Rey melihat ada yang berbeda dari raut wajah Domi saat membahas sebuah pernikahan. Rey mengantarkan Domi pulang dan dirumah tersebut Domi menceritkan masa lalu yang membuat ia trauma, dengan situasi dan kondisi yang cukup dekat, Domi dan Rey melakukan itu untuk kedua kalinya.

Bagaimana kelanjutan kisah Domi dan Rey, berhasilkan Domi hamil ?
Apakah Rey akan tetap bersikeras mengajak Domi menikah setelah mengetahui bahwa ada masa lalu Domi yang membuat Domi tertekan dan juga ia dan Domi sudah melakukan hal itu untuk kedua kalinya?
Dan bagaimana dengan nasib pertungannya dengan Clara yang sudah mendapat restu dari kedua orangtua dari kedua belah pihak?

Baca kelanjutan kisah ini dalam “Accidental Father”  karya Dahlian.
*****

Dengan menggunakan dua PoV yaitu Domi dan Rey tetapi lebih kebanyakan Domi. Dibuka pada part pertama adalah dua bulan setelah kejadian Rey dan Domi melakukan hal itu dimana Rey masih berusaha keras agar Domi mau menikah dengannya baru di bab selanjutnya kisah perjalanan Domi dan Rey.

Karakter Rey yang pemalu dan lebih suka menunduk saat berbicara dengan Domi tetapi suka mencuri pandang ke arah Domi di setiap kesempatan. Berbanding terbalik dengan Domi yang cenderung blak-blak an dan suka tidak ambil pusing dengan sesuatu hal. Mereka berbeda karena mereka punya latar belakang keluarga yang berbeda dan hal ini otomatis juga berpengaruh terhadap karakter mereka. Alur konfliknya menurut aku sangat pelan dan detail dan ini berakibat pada halaman buku yang bisa dikatakan cukup tebal.

Penulis cukup berani mengambil tema seperti ini, yang masih dianggap tidak layak di Indonesia. Kelebihan novel ini adalah selain alur konflik yang pelan sehingga pembaca menjadi jelas dan mengerti tentang bagaimana dan mengapa dalam konflik seorang Domi dan Rey. Masih belum banyak novel-novel yang mengambil tema seperti ini jadi ini menjadi semacam pilihan pembaca untuk mencoba hal-hal yang baru. Dan covernya yang unik.

Kekurangan dalam novel ini adalah terlalu banyak istilah bahasa asing yang dipakai. Semisal island sebagian orang akan berfikir itu adalah pulau tapi kenyataan itu berada di dalam sebuah ruangan. Stool , kata ini lumayan sering di sebut dalam kalimat. Jadi alangkah baikknya untuk menyamakan persepsi/pikiran dibuat semacam kamus untuk menjelaskan hal-hal tersebut. Memang disini banyak sekali tulisan bercetak miring yang berarti itu merupakan istilah asing. Dan selain itu penggunakan gambar peralatan masak yang dijadikan sebagai penanda awal bab baru aku rasa tidak berhubungan dengan jalan cerita, meskipun Rey disini seorang Koki tapi kan permaslahan dalam cerita ini bukan tentang dunia yang digeluti Rey.

Bagian yang paling aku suka adalah, waktu Domi dan Rey bertemu untuk pertama kalinya dan memanggil Rey sebagai tukang parkir. Aku tertawa membayangkan bagaiman ekspresi Rey dan Domi saat itu.

Quote favorit yang ada dalam cerita ini adalah sebagai berikut :
“Mereka sekedar pengisi kekosongan,
hingga tiba saatnya ia bertemu dengan si pemeran utama.
Pemilik hatinya yang sesungguhnya.”
(halaman 418)

Pesan moral dalam cerita ini adalah takdir sepenuhnya milik Tuhan, kita tidak bisa mengubah takdir tersebut. Ketakutan akan sesuatu yang belum terjadi itu tidak baik karena akan membuat kita menjadi paranoid dan merasa tertekan. Semua orang wajib bahagia dalam hidupnya, karena bahagia adalah hak segala umat manusia.

Mengingat ada beberapa adegan yang berkategori dalam tanda kutip, novel ini aku sarankan untuk dibaca bagi mereka yang berusia dewas, setidaknya berusian 21 tahun keatas.

Aku punya nilai bintang 3 untuk cerita ini.
*****
Sukses terus buat kak Dahlian, ditunggu karya karya selanjutnya yang anti mainstream. Semangat.

Berikut profil penulis yang tercantum dalam novel ini adalah sebagai berikut :
Dahlian, penulis serba bingung.
Bingung mau nulis status apa di medsos.
Bingung setiap kali mencari ide cerita.
Bingung setiap kali mulai menulis.
Bingung setiap kali bikin ending cerita.
Bingung setiap kali naskahnya berubah wujud menjadi buku beneran.
Dan, bingung setiap kali diminta menulis tentang penulis, ha ha ha !
Dahlian adalah penulis buku laris Baby Proposal dan After Office Hours (ditulis bersama Gielda Latifa), The Pilot’s Woman, Promises, Promises, Andai Kau Tahu, Menunggu (duet bersama Robin Wijaya), dan Casablanca

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Baru pertama mampir ke blogmu. Ini Aya, salam kenal :)

    http://theboochconsultant.blogspot.co.id/2017/09/review-sun-is-also-star.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga Kak Ayaa. ini enaknya panggil Kak atau Mbak atau apa yaa? aku sudah lama kenal dengan blog theboochconsultan ini tidak menyangka bakalan disapa oleh pemiliknya langsung.

      Hapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu