{Book Review) Rayhan & Angela - Matchamallow




Judul Buku : Rayhan & Angela
(True Love is a Waiting)
Penulis : Matchamallow
Penerbit: Romancious
Tahun terbit : tahun 2016
Cetakan ; Pertama, 2016
Tebal : 496 Halaman
ISBN : 978-602-6922-54-0
***
BLURB
ANGELA PRAMOEDYA
Sejak pertemuan pertama mereka, Angela Pramoedya mencintai Rayhan sepenuh hati. Angela adalah gadis yatim piatu yang diadopsi oleh keluarga Pramoedya. Ia langsung jatuh cinta pada putra tunggal keluarga itu yang sekaligus menjadi kakak angkatnya. Angela yakin kalau suatu saat mereka akan menikah.
Hingga suatu hari, tepat saat ia menginjak usia 17 tahun, Angela mengetahui bahwa kenyataan yang ada tak seindah impiannya selama ini. Angela pun memutuskan pergi dari keluarga Pramoedya, memulai kehidupan baru dengan membawa hatinya yang hancur.
Empat tahun kemudian, mereka bertemu... dan rasa cintanya tetap tidak berubah.
RAYHAN PRAMOEDYA
Sejak pertemuan pertama mereka, Rayhan membenci Angela sepenuh hati, meskipun gadis itu sungguh menggoda. Ibu Angela telah menghancurkan kebahagiaan dalam keluarga Pramoedya dan ia tidak akan pernah melupakannya.
Empat tahun kemudian, mereka bertemu... dan kebencianny tetap tidak berubah.

*****
Di usia yang baru memasuki 10 tahun Angela harus pindah rumah dan ikut dengan seorang pria yang menyuruhnya untuk memanggil dengan sebutan papa. Angela yang tidak pernah mengenal sosok seorang ayah selama hidupnya itu dengan senang hati ia memenuhi permintaan pria itu. Ternyata selain mempunyai seorang papa, Angela bakalan mempunyai seorang kakak laki-laki. Kakak laki-lakinya itu bernama Rayhan Pramoedya yang saat itu usianya sekitar 21 tahun dan Rayhan adalah cinta pertama atau lebih tepatnya cinta matinya Angela. Angela jatuh cinta pada pandangan pertama dengan sosok Rayhan. Tapi sayang karena rasa kecewa yang sangat mendalam atas perceraian yang harus terjadi di antara keduanya Rayhan yang beranggapan bahwa Angela adalah anak hasil perselingkuhan sang papa maka Rayhan pun membenci Angela dan menganggap Angela tidak lebih sepertinya ibunya. Tapi Angela tidak pernah putus asa agar Rayhan bisa mengakui keberadaannya, sindirian bahkan cacian terus diterima Angela tapi karena rasa cintanya yang begitu besar kepada sang Ray dia berusaha untuk seolah-olah tidak pernah mendengarnya. Tapi kesabaran seseorang pasti ada batasnya bukan? Karena tidak tahan mendengar cacian dan hinaan dari sang Kakak akhirnya Angela pergi dari rumah dan meninggalkan Indonesia. Dia berharap dengan kepergiannya ia bisa melupakan sosok Reyhan

Bagaimanakah kelanjutan kisah Angela dan Reyhan? Berhasilkah Angela melupakan cintanya kepada Reyhan? Apakah mereka bisa bersatu dengan status mereka yang merupakan saudara tiri? Bagaimana suka duka kisah perjalanan seorang Angela Pramoedya dan Rayhan?

Baca selengkapnya dan keseruannya dalam novel karya Matchamallow seri kedua dari Trilogi Sean-Rayhan-Daniel “ Rayhan & Angela, True Love is a Waiting”.
****

Rayhan & Angela merupakan serie kedua dari trilogi Sean-Rayhan-Daniel. Sama seperti halnya dengan novel Sean. aku mendapatkan buku ini setelah mengikuti part demi part cerita Rayhan yang di posting di wattpad, dan aku memutuskan untuk ikut PO pertama, waktu Sean dulu aku juga ikutan PO pertama, jadi kedua buku ini Sean dan Rayhan ada tandatangan asli dari penulis.

Berbeda dengan konflik pada cerita Sean, untuk cerita Rayhan ini lebih banyak dan kompleks. Bukan sekedar masalah satu selesai terus si tokoh utama bisa langsung bersama dan bahagia hidup selamanya. Dalam cerita ini satu masalah muncul disusul masalah baru lagi yang harus dihadapi oleh Rayhan dan Angela. Pertama baca part yang Tania mantan pacar Rayhan muncul dan kemudian hilang tidak ada kejelasan, aku kira bakalan menguap begitu saja tanpa ada kejelasana ternyata penulis menyimpan kejutan yang tidak terduga di part menjelang penghujung cerita, sungguh kak aku tidak menyangka bahwa akan seperti itu? Lagi-lagi aku merasa nuansa baik konflik atau karakter seperti novel terjemahan mungkin karena faktor penulis yang suka dengan novel terjemahan, bener nggak kak @matchamallow? Kalau benar novel terjemahan yang terakhir kakak baca apa?

Karakter Angela, gadis periang, energic, agak sedikit ceroboh dan terlalu agresif apalagi kalau sudah berhubungan dengan sosok Rayhan, bagaimana tidak agresifi, dia selalu mengejar Rayhan dan dengan gamblang mengatakan bahwa ia sangat mencintai Rayhan, dia juga berani menawarkan diri agar Rayhan melamarnya menjadi seorang istri. Selain itu karakter Angela ini juga agak konyol dan pecicilan menurut ku, tapi itulah yang membuat karakter Angela lebih kuat dan membuat cerita ini lebih keren. Berbanding terbalik dengan sosok Rayhan, dibandingkan kedua temannya Rayhan lebih pendiam, cenderung mudah mengontrol emosinya dan juga Rayhan adalah sosok yang sangat mencintai kedua orangtuanya. Benar apa kata Angela bahwa Rayhan adalah sosok future Husband. Tidak perlu dijelaskan ketampanan Rayhan, karena tiga tokoh utama trilogi ini memang digambarkan sebagai cowok cakep dan mempesona.

Selain Rayhan dan Angela, dicerita ini juga ada Vanya dan Justin teman baik Angela, selain itu juga ada Sean, Daniel dan Budi, karena mereka memang saling bersahabat akrab jadi tidak heran kalau mereka bakalan muncul dalam setiap cerita yang muncul.  Dan karakter yang aku suka adalah Sean-Valeri ya aku suka pasangan ini sejak pertama kali membaca cerita mereka, senangnya abang Sean muncul dalam cerita ini. Ha ha ha, sudah lupakan sejenak tentang Sean. dalam cerita Rayhan ini aku suka karakter Angela. Kadang pecicilan dan cenderung tidak tahu malu semacam Angela memang diperlukan dalam kehidupan ini.

Kelebihan buku ini dibanding cerita lain adalah konflik yang diciptakan bagus dan tidak hanya satu konflik tetapi tidak ada kesan tumpang tindih masalah. Kalau dimisalkan alur cerita dalam novel ini seperti gambar pada indikator jatung, tidak stabil gitu, tiba gembira lalu sedih, gembira lagi sedih lagi, tetapi meskipun begitu ceritanya tidak membosankan dan malah seru. Dan ada kejutan yang tidak terduga yang disimpan dalam cerita ini, dimana kemungkinan besar pembaca tidak akan mengira hal itu. Novel hasil karya anak Indonesia dengan citra rasa novel terjemahan.

Kekurangan buku ini, ukuran fontnya terlalu kecil, jadi berpengaruh dengan tingkat kenyaman pembaca waku membaca dan satu lagi meskipun novel ini berlabel genre dewasa alangkah baiknya untuk adegan yang tidak layak dikurangi atau paling tidak di minimalisir. Karena buku ini sudah beredar bebas bukan?

Quote favorit yang ada dalam cerita ini yaitu sebagai berikut :
“Sebenarnya aku melihatmu sejak dulu.
Tapi aku harus jatuh tersungkur lebih dulu sebelum menyadari bahwa apa yang kucari sebenarnya ada di sana. Di hadapanku sendiri.”
(Rayhan)

Pesan moral yang terkandung dalam cerita ini adalah setiap masalah yang timbul pasti ada sebab dan akibatnya. Alangkah baiknya jika kita menyelasaikan masalah dengan kepala dingin dan melihat dari berbagai sudut pandang.

Sekali lagi aku tekankan, novel ini bergenre Romance dewasa, jadi bagi kalian yang masih belum berusia dewasa diharapkan untuk tidak membaca novel ini.

Dari 5 bintang yang ada, aku memberikan nilai 3 untuk cerita ini.
****

Untuk kak Matchamallow atau kak Olin ditunggu Daniel versi cetaknya ya kak. Titip cium buat debay nya? Udah bisa apa kak debay sekarang?
Ditunggu karya karya selanjutnya ya kak, setelah membaca Rayhan ini kak Olin tidak berfikir untuk membuat cerita Hayden dan Kate kah?? Pasti lucu dan keren, aku sudah membayankan jika dua anak itu dijadikan cerita.
Tetap semangat ya Kak.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu