{Book Review) Janji Hati- Elvira Natali




Judul Buku : Janji Hati
Penulis : Elvira Natali
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Juni 2013
Cetakan ; Ketiga, Agustus 2014
Tebal : 280 Halaman
ISBN : 978-979-22-9687-7
***
BLURB
Tadinya Amanda Tivari nyaris putus asa menanggapi sikap Dava. Tapi gara-gara tak sengaja melukai cowok itu, Amanda terlanjur berjanji akan melakukan apa pun agar Dava memaafkannya. Lalu Amanda tersenyum heran menyaksikan cowok itu bersikap lemah lembut ketika mengajar anak-anak panti asuhan.

Tadinya Dava Argianta sangat membenci cewek ceroboh yang mengahancurkan impiannya itu. Namun belakangan, Amanda malah menjadi sosok malaikat tanpa sayap yang selalu ada di saat ia membutuhkan bantuan. Dava mendesah lirih, bagaimana mungkin dirinya bisa membenci cewek yang berhasil mengembalikan tawanya yang bertahun-tahun hilang?

Sayangnya, kedekatan Amanda dengan Dava memunculkan kembali luka lama yang selama ini ditutup rapat oleh waktu. Luka lama yang membuat Dava maupun Amanda sangat tersiksa. Luka lama yang mengantarkan mereka berdua pada kebenaran yang menyakitkan.

*****
Amanda Tavari biasa dipanggil dengan sebutan Amanda, seorang gadis yang baru memasuki kelas XII SMA Residensial, pecinta warna oranye dan olahroga voli, meskipun cenderung tomboy tapi Amanda masih mempedulikan penampilannya, ia harus berpisah dengan kedua orangtuanya yang bermukim di Los Angeles sementara dirinya hanya tinggal dengan pembantu dan sopir pribadinya. Hal itu disebabkan karena Amanda tidak ingin jauh dari makam kakak angkatnya Revan Tavari yang juga menjadi cinta pertamanya.

Pertemuanya dengan dua kakak beradik Leo Ferdinan dan Dava Argianta memberi pengaruh yang cukup besar bagi Amanda. Leo dan Dava merupakan saudara tiri, dimana sang Leo sebagai kakak mempunyai sifat yang ramah dan bersahabat sedangkan Dava ia egois, tidak pernah tersenyum. Sifat mereka berbanding 180 derajat.

Bersama Leo, Amanda merasa aman, nyaman dan terlindungi. Ia seperti menemukan sosok Revan dalam diri Leo. Karena kesalahan yang ia buat dan mengakibatkan tulang hidung Dava mengalami keretakan sehingga Dava tidak bisa ikuta dalam kejuaran futsal. Karena perasaan bersalah yang teramat dalam yang dirasakan oleh Amanda, ia nekat untuk melakukan apa saja asal mendapatkan satu kata maaf dari Dava. Hukuman yang diberikan Dava kepada Amanda adalah setiap hari sepulang sekolah Amanda harus datang ke rumah Dava untuk membersihkan semua alat musik yang berada di studio musik milikk Dava selain itu ia harus siap datang ketika Dava membutuhkan bantuannya, dan hukuman itu berlaku sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Hukuman yang Amanda terima, berimbas kepada kedekatannya dengan Dava, Amanda menjadi tahu sisi gelap dan sisi baik seorang Dava. Baik Dava ataupun Amanda mereka berdua sama-sama pecinta musik klasik dan bahkan mereka berdua sama-sama ahli memainkan alat musik.

Selain mengungkap sisi lain dari seorang Dava, Amanda menemukan apa yang ia cari selama ini yang menyebabkan ia harus berpisah dengan cinta pertamanya?
Sisi gelap yang bagaimanakah yang menjadikan seorang Dava menjadi egois dan angkuh?

Siapakah yang akan dipilih oleh Amanda, untuk melabuhkan hatinya?Leo atau Dava?
Kebenaran seperti apakah yang Amanda dapatkan? Dan bagaimana ia harus bersikap dengan semua hal tersebut?
Dan janji hati seperti apakah yang Amanda ucapkan kepada Dava?
Baca kelanjutan kisah Amanda, Dava dan Leo dan bagaimana ending dari kisah ini dalam novel Janji Hati karya Elvira Natali.
*****
Dengan menggunakan sudut pandang orang ketiga, dengan bahasa dan tingkah seorang remaja, Elvira berhasil membawa pembaca masuk ke dalam cerita ini, dan memaksa aku yang sudah tidak berusia remaja lagi menempatkan diriku pada usia belasan tahun. Tidak ada yang salah dengan cara pandang setiap tokoh dalam cerita itu, tidak ada yang lebay dengan usia seperti itu, menurut ku itu hal yang wajar dan sudah umum mengingat usia setiap tokohnya memang masih remaja.
Novel ini sudah di filmkan dengan judul yang sama. Dengan pemeran Dava adalah Aliando Syarief sementara tokoh Amanda diperankan oleh Elvira sendiri. Dan buku ini juga sudah cetak ulang dengan menggunakan cover film. Kebetulan dulu aku beli novel ini karena terkena dampak euforia si Aliando ini.
Selain ada Leo, Dava dan Amanda disini juga ada tokoh yang bernama Sindi. Sindi adalah sahabat baik Amanda yang selalu menemani Amanda dan setia mendengar curhatan Amanda. Kalau untuk karakter Dava atau Leo aku lebih karakter Dava. Type karakter Dava itu memang kalau di dalam novel lebih membuat kesan misterius dan ingin mengenal lebih dekat tapi kalau dunia nyata seperti memang karakter Leo ini yang bikin nyaman.
Kelebihan cerita ini dibanding cerita dengan genre teenlit yang lain adalah musik klasik yang menjadi bagian dalam cerita ini. Sangat menakjubkan saat seorang remaja ternyata dia penyuka musik klasik. Biasanyakan mereka pasti suka dengan musik RnB atau pop dance dan juga selain musik klasik, olahraga voli digunakan dalam cerita ini. Karena ada kecenderungan bahwa basket lebih terkenal daripada olahraga voli.
Kekurangan dalam cerita ini adalah, alurnya yang terlalu cepat, meskipun sudah kejelasan seperti “beberapa minggu kemudian” tapi intensitas kedekatan Amanda dengan Dava itu terlalu sedikit, mereka banyak bicara hanya waktu di panti asuhan, sementara waktu dengan Leo itu lebih banyak. Padahal dalam cerita Amanda merasakan kenyamanan saat bersama dengan kedua laki-laki tersebut.
Bagian yang aku sukai dalam cerita ini adalah waktu Dava mengajak Amanda berdansa dengan backsound musik klasik, coba bayangkan Dava dengan karakter yang jarak senyum dan angkuh tiba-tiba berdansa. Ah pasti sweet banget ini.
Pesan moral yang disampaikan dapat disampaikan dalam cerita ini adalah apapun kesedihan yang kita alami tetaplah berusaha untuk tegar dan berani menghadapi setiap kenyataan yang ada. Mengakui sebuah kesalahan itu lebih baik daripada menyembunyikannya karena perasaan merasa bersalah akan terus menghantui setiap jengkal kehidupanmu.
Novel ini cocok dibaca buat mereka yang masih remaja dan jika kalian yang sudah tidak remaja lagi ingin membaca novel ini tidak masalah, tapi saran saya posisikan diri kalian sebagai seorang remaja. Cerita ini cocok kok dibaca oleh semua usia.
Ada 3 bintang dari 5 bintang untuk cerita ini.

Buat kak Elvira ditunggu karya karya selanjutnya.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Novel karyanya elvira mah udh ada 3 buku lagi selain janji hati itu.ayo dibaca semuanya

    BalasHapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu