{Book Review) Crash Into You- aliaZalea




Judul Buku : Crash Into You
Penulis : aliaZalea
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit : Cetakan pertama, Tahun 2011
Cetakan ; Kedelapan, Tahun 2014
Tebal : 278 Halaman
ISBN : 978-602-03-0157-0
***
BLURB
Hanya ada satu orang yang paling dibenci Nadia di dunia ini, seorang anak laki-laki bernama Kafka. Cowok jail itu tidak bisa berhenti mengisenginya setiap hari, enam hari dalam seminggu, selama hampir dua tahun. Terakhir kali Nadia bertemu dengannya adalah sekitar dua puluh tahun yang lalu ketika mereka sama-sama masih mengenakan seragam putih-merah. Semenjak itu Nadia berjanji untuk tidak akan pernah lagi sudi bertatap muka dengannya.
Tetapi ketika suatu pagi di usia dewasanya, Nadia terbangun dengan hanya mengenakan pakaian dalam di kamar hotel Kafka, dia harus mengevaluasi ulang pendapatnya tentang laki-laki satu ini. Kafka bukan saja kelihatan superhot, tetapi Nadia secuil pun tak pernah membayangkan bagaimana cowok iseng dan jail itu kini bisa menjadi dokter jantung ternama yang menangani ayahnya.
*****

Karena efek dasyatnya sebuah minuman berakhol membuat Nadia tanpa sadar saat bangun sudah di kamar sebuah hotel dengan kondisi yang jauh dari kata baik-baik saja. kesialan berlanjut setelah ia mengetahui siapa yang membawa dirinya ke dalam kamar hotel tersebut. Kafka, teman saat ia SD yang dipastikan Nadia tidak akan pernah menyebut Kafka seorang teman, Kafka selalu menjahili Nadia saat dia SD, hal itu membuat Kafka menjadi salah satu orang yang paling dibenci Nadia dan menjadi orang yang paling enggan Nadia temui.
Setelah 20 tahun berlalu, kini mereka bertemu kembali. Kafka bertaformasi menjadi seorang dokter dengan fisik laki-laki yang mendekati sempurna, keterkejutan dialami Rafka dia tidak menyangka Nadia yang dulu saat masih SD adalah Nadia yang menjadi kesayangan para guru dan cenderung kutu buku kini waktu telah merubah itu Nadia mempunyai sisi liar dari seorang wanita yang kemungkinan besar keluarganya tidak mengetahui hal itu.
Pertemuan demi pertemuan yang tidak sengaja, apalagi ternyata Kafka adalah dokter jantung yang menangani ayah Nadia, sehingga dapat dipastikan bahwa komunikasi yang terjadi diantara mereka akan lebih intens.
Kafka tidak banyak berubah selain segi fisik Kafka tetap masih suka menjahili Nadia, tetapi menjahili di saat SD dan di saat mereka dewasa tentu sangat berbeda.
Nadia masih sangat membenci Kafka, tepat malam tahun baru jika Nadia berani menuruti permintaan Kafka maka Nadia berhak meminta sesuatu kepada Kafka, Nadia minta agar Kafka menjauh darinya dan agar tidak pernah menghubunginya lagi?
Bagaimana kelanjutan kisah masa kecil yang belum usai antara Nadia dan Kafka?
Alasan apa yang mendasari Kafka untuk menjahili Nadia di masa kecil?
Seperti perjalanan kisah hidup Kafka dan Nadia setelah malam tahun baru itu?
Mampukan Kafka dan Nadia bertahan untuk saling menjauh dan berusaha untuk saling melupakan?
Temukan kelanjutan cerita ini dalam novel “Crash Into You” karya aliaZalea.
*****
Menggunakan sudut pandang orang pertama dengan PoV Nadia. Selain Nadia dan Kafka disini ada beberapa tokoh meskipun mereka pendamping tapi mereka memberi kesan hidup dalam cerita ini mereka adalah sahabat Nadia yaitu Adri, Jana dan Dara. Nadia dengan karakter yang mudah terpancing emosi dan pikirannya malah dijadikan kesukaan bagi Kafka untuk terus menggodanya. Nadia dan tiga temannya mempunyai persahabatan yang cukup kuat dan mereka saling mendukung di segala kondisi.
Kisah cinta seperti memang sudah hal yang biasa, kemungkinan besar alur cerita ini sama dengan yang cerita-cerita yang lain dengan tema yang sama tetapi ada yang berbeda dari cerita ini yaitu kita membaca dibuat bertanya-tanya dengan segala kejadian- kejadian yang dialami oleh Kafka dan Nadia, dan semua terjawab di akhir cerita, kenapa Kafka begini, kenapa Kafka begitu, karena sekali lagi cerita ini menggunakan sudut pandang Nadia, maka dari awal pembaca sudah dibuat tahu tentang apa dan bagaimana seorang Nadia itu. Dan mungkin menjadi ciri khas seorang aliaZalea dari dua karya yang sudah aku baca aku tidak menemukan bahasa gaul-gaul(yang tidak baku) muncul dalam cerita ini, aliaZalea selalu menggunakan bahasa baku meskipun itu dalam sebuah percakapan santai antara seorang teman.
Setiap kelebihan pasti ada kekurangan, kekurangan yang terdapat dalam cerita ini adalah penulis banyak menggunakan kalimat narasi untuk menjelaskan apa yang dialami Nadia kalau istilahnya “ini kata hati Nadia”, tapi dijelaskan dengan kalimat narasi yang tidak hanya satu atau dua kalimat saja tetapi bahkan sampai satu paragraf yang panjang dan jujur ini membuat pembaca (saya pribadi) merasa bosan. Dalam hal cover, karena ini cetakan kedelapan, kemungkinan memang ada perbedaan antara cover perdana dan cover ini, dan sungguh dari cover yang digunakan belum bisa menjelaskan apa isi dari cerita ini.
Benci jadi cinta itulah yang kata yang tepat untuk menggambarkan cerita ini, tapi keseruan terjadi sampai pelafalan kata cinta terucap dari keduanya. Bagian yang aku suka dalam cerita ini adalah waktu Nadia ke rumah sakit karena mendapat kabar bahwa Ayahnya masuk rumah sakit, setelah sampai rumah sakit ia melihat ibunya menangis dalam pelukan sang kakak, pikiran Nadia sudah kemana-mana, ia mengira bahwa ayahnya sudah meninggal, tiba-tiba Kafka datang dan Nadia mengatakan semuanya tanpa pikir panjang Kafka menarik Nadia ke dalam pelukannya. Ternyata ayah Nadia baik-baik saja. di posisi itu sang Ibu malah tertawa saat melihat Nadia menangis berderai air mata. Haru bercampur konyol bukan?
Pesan moral yang dapat disampaikan dalam cerita ini adalah jauhi minuman berakhol, belajar dari Nadia mungkin kita tidak akan seberuntung Nadia bukan? Jadi tidak perlu mencoba lebih baik belajar dari pengalaman orang lain dan satu lagi jangan terlalu membenci seseorang karena kita tidak tahu kelak takdir apa yang terjadi antara dia dengan kita.
Buku ini aku rekomendasikan buat mereka dengan usia 18 tahun ke atas, karena memang ada sedikit adegan yang belum layak dibaca mereka yang masih remaja.
Dari 5 bintang yang aku punya Crash Into You mendapatkan 3 nilai
*****
Ini buku kedua yang aku baca, buku pertama dari aliaZalea yang aku baca adalah Celebrity Wedding , setelah membaca buku itu aku jadi penasaran dengan karya-karya aliaZalea yang lain tapi setelah membaca cerita yang ini kesannya “udah gitu aja”

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu