{ReView} Captain, I’m Yours




Penulis : Cynthia Dewantari (@aurora_tan)
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo
Tahun terbit : 2016
Tebal : 251 hlm
Genre : Novel Romance
ISBN : 978 – 602 – 02 – 9328 - 8
***
BLURB
Apa kau percaya takdir?
Sebuah kata yang dapat menentukan hidup kita.
Aku dan kamu, begitulah takdir mempertemukan kita,
Dengan cara yang tak terbatas,
Dengan alur cerita yang tak terduga, dengan skenario
Yang telah diatur sempurna.

Reya seorang mahasiswi berusia 20 tahun, tengah berjuang memujudkan cita-citanya menjadi dokter. Suatu malam, seseorang merenggut semua miliknya cita-cita dan juga cintanya. Dia dia harus menikah dengan sosok yang telah merenggut semuanya itu. Apa yang harus dilakukannya? Ikut mengalir dalam arus takdir, atau berusaha sekuat tenaga melawannya. Reya ketakutan. Hanya cinta yang mampu menyembuhkan.
***
“Tak bisakah kalian percaya pada waktu? Semua akan berjalan indah bila kita mempercayainya. Semua keraguan, rasa benci dan rasa kecewa semua akan berlalu seiring berjalannya sang waktu, dan ketika itucinta akan datang menyapa kita membayar semua rasa sakit hatiterdahulu.”
( Halaman; 65)
Azka seorang pilot yang sudah berpangkat kapten sangat mencintai sang kekasih yang bernama Clara yang sudah ia pacari selama 3 tahun. Di hari jadian mereka yang ketiga untuk keduakalinya Clara menolak lamaran Azka, dengan alasan masih belum siap karena masih banyak yang ingin Clara raih meskipun saat itu usia Clara sudah 25 tahun. Penolakan untuk kedua kalinya yang dilakukan oleh Clara sukses membuat seorang Azka kacau balau dan sebagai bentuk pelampiasan rasa kecewanya Azka melarikan diri kepada botol minuman keras. Dengan kondisi setengah sadar Azka nekat datang ke apartement Clara, tapi malang tidak di tolak bukan Clara yang berada di apartement itu melainkan Reya adik Clara. Dengan kondisi yang setengah mabuk Azka mengira bahwa Reya adalah Clara. Karena didorong rasa cinta yang ingin memiliki yang cukup besar karena telah ditolak dua kali, Azka berbuat nekad dengan melakukan diluar batas demi bisa memiliki Clara. Tanpa sadar Azka melakukan hal itu kepada Reya yang ia kira Clara. Reya hamil dan pernikahan tidak dapat dihindari lagi. 

“Aku sadar sebesar apapun aku berusaha untuk memilih jalan hidup yang aku inginkan, takdir selalu mengalahkanku.”
(Halaman;51)

Bagaimana perasaan Reya saat dia harus menikah dengan seorang laki-laki yang tidak lain adalah pacar dari kakaknya sendiri?.
Apakah Azka bisa mencintai Reya sepenuh hatinya sebagaimana ia sangat mencintai Clara kakak dari Reya. 

“Kita bukan lagi orang asing. Kita sudah berstatus suami istri.
 Bisa kamu bersikap lebih dewasa dan tidak hanya berdiam diri dengan semua rasa kebencianmu terhadapku.”
(Azka, Halaman 23)

Reya masih sangat membenci Azka meskipun kini status Azka sudah menjadi suaminya. Sementara Azka sudah berusaha pasrah dan menerima bahwa Reya-lah yang menjadi istrinya sekarang.

“Kata maaf mungkin tidak akan semudah itu menghapus semua luka yang aku berikan untuk mu. Aku tidak ingin berjanji untuk tidak memberikan luka baru di hidupmu.Tapi sekarang sebagai suamimu, aku akan menebus semua kesalahanku dan aku akan membahagiakan kamu.”
(Azka, Halaman 25)

Ada fakta baru dari pernikahan mereka bahwa Ibu dari Azka masih belum bisa menerima kehadiran Reya sebagai istri sah dari anaknya. Reya yang hanya diam tanpa pernah mau bicara dengan Azka membuat Azka merasa bahwa dia berjuang sendiri dalam hubungan ini. Tapi berkat usaha Azka akhirnya Reya mau sedikit terbuka kepada Azka. 

“Ketika ia ingin melupakan semua dan mencoba menerimanya, seketika itu ia tersadar bahwa banyak orang yang tersakiti akan takdir hidupnya.”
(Halaman; 51)

 Dua hari di Bali, mereka habiskan untuk saling mendekatkan diri dan saling memahami. meski belum ada kata cinta yang terucap dari bibir keduanya tapi keduanya percaya bahwa cinta akan hadir diantara mereka berdua. Mereka butuh lebih banyak waktu untuk bersama apalagi Azka seorang pilot yang mempunyai jam kerja tidak seperti orang pada umumnya. 

“Cerita di setiap kehidupan selalu berbeda dan tidak ada kebahgiaan di awal cerita. Percayalah, kita bisa melewatinya, terlalu awal untuk mengeluh.
Masih banyak hal yang kita perlu hadapi bersama
dan berjanjilah kita akan selalu bersama.”
(Azka, Halaman; 89)

Disaat keduanya masih dalam usaha untuk mendekatkan diri, muncul masalah baru, belum lagi sikap mertua Reya yang masih saja belum bisa menerima Reya. Orang dari masa lalu Reya dan yang masih sangat ia cintai telah kembali, Andrian pacar Reya dan mereka sudah menjalin hubungan jarak jauh selama 6 tahun. 

“Aku tahu kamu mencintai dia dengan sangat, tapi coba lihat aku disini.
Apa aku terlihat seperti tidak bisa memberimu cinta yang lebih besar dari dia yang telah mencintaimu enam tahun lamanya.”
(Azka, Halaman 114)

Bagaimana kehidupan pernikahan Reya dan Azka kedepannya?
Akankah Reya lebih memilih kembali kepada Andrian daripada berjuang bersama dengan Azka?
Seperti apa tanggapan Reya setelah mengetahui masa lalu Azka dengan kembali hadirnya 2 wanita ular di tengah kehidupan pernikahan mereka berdua?
Masa lalu seperti apakah yang dialami Azka dengan dua wanita ular itu?
****
Kamu menikah dengan pria yang mencintai kakakmu, Reya dan kamu adalah bentuk tanggung jawab dari seorang suami kepada istrinya.”
(Halaman:25)

Apa yang bakalan kalian rasakan jika menjadi Reya? Menikah dengan kekasih kakaknya sendiri. Perasaan merasa bersalah tentu yang Reya rasakan. Dia seperti merebut pacar kakaknya sendiri. Tapi aku salut dengan karakter Clara di sini, dia dengan berbesar hati merelakan Azka untuk Reya.

“Jadilah seperti apa yang Kakak minta, jangan pernah menyerah. Meski di luar sana banyak orang yang menentang kamu. Tetaplah bertahan Reya”.
(Clara, Halaman;39)

Disini aku paling gemes dengan mertuanya Reya, mamanya Azka. Jahat banget dia jadi mertua. Semoga di kehidupan nyata tidak ada mertua-mertua seperti itu, bisa bunuh diri beneran jika ada model seperti itu. Marina nama mertua Reya itu. Belum tahu saja dia sifat asli 2 wanita ular yang mengaku menjadi sahabatnya itu, jika sudah tahu dan menyadari kesalahannya pasti menyesalah Marina telah memperlakukan Reya dengan buruk.
Saya suka dengan karakter Azka. Memang dari penggambaran karakter yang dilakukan oleh penulis sosok Azka nyaris sempurna, selain dari fisik yang oke memang ditunjang dengan kepribadian yang keren juga. Terbayang bagaimana dengan berani Azka bertemu dengan pacar Reya tanpa sepengetahuan Reya. Meminta maaf dan mengakui atas segala kesalahan yang telah dilakukakan sehingga berakibat terhadap hubungan Reya dan Andrian.

“Ini bukan salah dia, ini salah saya. Semuanya adalah kesalahan saya.”
(Azka, Halaman; 117)

Kalau cowok model Azka gini bikin meLting, jarang cowok seperti dia, mungkin orang lain menganggap itu sebuah ketololan semata merendahkan diri di hadapan orang lain, padahal sudah jelas si Azka ini lebih punya kedudukan kuat sebagai suami Reya, meskipun yang ia hadapi adalah sosok yang sangat dicintai istrinya. Kalau aku pribadi sosok seperti ini malah bisa disebut dengan seorang pria sejati, berani mengakui kesalahan dan bertanggungjawab atas semua kesalahan yang telah dia lakukan.

“Jika dia kembali untukmu, apa kamu akan meninggalkan aku dan memilih pergi? Meskipun aku memohon dan memintamu untuk tetap tinggal di sisiku,
apa kamu akan tetap pergi untuk dia?”
(Azka, Halaman; 120-121)

Reya mulai mempunyai rasa cemburu atau tidak suka saat banyak perempuan menatap kagum kepada suaminya, dia bahkan dengan terang-terangan berani menghardik perempuan itu. Oh My God Reya kamu memang jempolan. Sepertinya semua wanita harus mempunyai keberanian seperti Reya biar suami aman dari tatapan kekaguman wanita lain. Good Job Reya. I’m Pround To Be You.
Dan seperti biasa pada umumnya sebuah cerita yang sudah banyak berendar. Pesawat kecelakaan sudah biasa bukan. Dan hal ini juga terjadi pada sosok Azka. Azka kecelakaan, terus apa yang terjadi dengan Reya saat mendengar Azka mengalami kecelakaan. Menurut kalian apa yang akan di lakukakn Reya? Reya merasakan ketakutan akan kehilangan sosok Azka. Setidaknya ada hikmah dalam suatu peristiwa. Karena hal ini akhirnya menyadarkan Reya bahwa ia memang mencintai Azka.

“Kudengar kamu memintaku untuk berbahagia, dan kebahagianku adalah kamu.
Lalu kamu pergi meninggalkanku, aku harus bagaimana?”
(Halaman;146)
***
Setelah membaca cerita ini aku jadi penasaran, pengen stalking pilot-pilot model Azka ( Ya Tuhan ampuni hamba mu yang jomblo ini). Azka terlalu sempurna untuk dikagumi. Dengan yakin dan mantap aku mengatakan “ Bang Azka I Love You
dari cerita ini kita tahu dan belajar bahwa, sebuah awal yang salah tidak akan selalu berakhir dengan kehancuran. Asalkan kedua belah pihak harus saling berusaha untuk memulai suatu hubungan dan tentunya meninggalkan semua kenangan dimasa lalu. Selain itu dari novel ini kita belajar bahwa sebanyak apa cobaan dalam sebuah pernikahan kita tetap harus saling percaya dan menggenggam erat tangan pasangan kita dan melewati secara bersama-sama. Karena kebersamaan itu melahirkan sebuah kekuatan. Akan terasa mudah untuk menghadapi masalah sebesar apapun jika kita mempunyai kekuatan.
Satu kalimat yang sangat aku suka, yang terdapat di novel ini adalah 

“ Hal yang paling menyakitkan adalah merelakan apa yang seharusnya tidak pergi namun terpaksa harus pergi”
(Halaman ; 39)
****
Awal mula aku membeli novel ini karena aku penasaran dengan ceritanya di wattpad, waktu itu masih dalam proses masuk ke penerbit sehingga ada beberapa part yang memang harus dihapus. Waktu itu judul versi wattpadnya adalah “Married With Captain” dan sekarang dirubah menjadi “Captain, I’m Yours”. Sempat berencana mau ikutan PO yang diadakan langsung oleh penulisnya tapi karena kepikiran onkos kirimnya jadi aku batalkan rencana itu. Akhirnya beli di online shop yang ada masih seputar Jatim.
Pertama baca aku merasa si penulis ini usianya masih dibawah tokoh utama yang ia ciptakan. Ternyata taraaaaaang, setelah liat akun IG nya heem benaran dia masih sekolah. Tapi good job kakak keren bisa menuliskan cerita dengan tokoh utama yang usianya jauh di atas mu.
Karena aku suka dengan kata kata berpuisi dan aku menemukan banyak dalam cerita ini sebagai perwujudan narasi si Reya.
Dan pada akhirnya sukses buat kak Cynthia Dewantari dengan nama akun Wattpad @Aurora_ta. Ditunggu karya karya selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu