[Review] Sean & Valeria (When love is not Just Word to say)



Penulis : Matchamallow
Penerbit : Romancious
Tahun terbit : 2016
Tebal : 663 hlm
ISBN : 978 – 602 –6922-43-4
Menurut Sean :
Perjodohannya dengan Jeanita Winata adalah hal konyol. Si sulung dari keluarga Winata itu tidak menyukainya, bahkan ia sudah punya kekasih. Jadi Sean yakin kalau batalnya perjodohan ini adalah hal yang menguntungkan. Itu yang ia pikirkan, sampai ia bertemu dengan Jeanita Winata di sebuah pesta topeng.


Menurut Valerie :
Perjodohan kakaknya dengan Sean Martadinata adalah hal konyol. Apalagi setelah mendengar betapa buruknya kelakuan lelaki itu dari mulut kakaknya sendiri. Itu yang ia pikirkan, sampai ia bertemu dengan Sean di sebuah pesta topeng dan membuat mengira dirinya adalah Jeanita Winata, perempuan yang bakal bertunangan dengannya.

Pesta Topeng, tebakan yang keliru, dan kesalahan satu malam. Cukup tiga hal itu yang menjebak Sean dan Valeria untuk bersama dalam..masalah.
***

Perjanjian antara dua kakek dari dua keluarga besar bahwa kelak keturunan mereka akan menikah, antara keluarga martadinata dengan keluarga Winata. Sean sebagai cucu laki-laki satu-satunya dari keluarga Martadinata sementara dari keluarga Winata adalah cucu perempuannya bernama Jeanita. Tapi pada akhirnya berjodohan dibatalkan secara sepihak dari pihak keluarga Winata, sebelum mereka melakukan pertemuan antara kedua belah pihak.

Jeanita mendapat undangan pesta topeng dari salah satu temannya yang diadakan di hotel berbintang, karena Jeanita sudah tinggal di Singapura bersama kekasihnya maka ia tidak akan datang ke pesta itu. Karena Vally merasa bosan di rumah ia berencana untuk datang ke pesta topeng tersebut dengan menggunakan undangan atasnama Jeanita kakaknya. Akhirnya Vally pergi ke pesta itu bersama dengan temannya sekolah yang bernama Gwen. Ini pesta topeng pertama kalinya yang Vally datangi, banyak nasihat yang diberikan oleh Gwen kepada Vally.

Sean pun datang ke dalam pesta topeng itu. Atas informasi dari Budi temannya Sean yang mengatakan bahwa Jeanita juga datang ada sedikit penasaran dari dalam diri Sean seperti apa sekarang kondisi mantan calon tunangannya itu. Mendadak Sean terpesona dengan tampilan seorang Jeanita sekarang, karena Sean merasa ada yang berubah dalam diri Jeanita dia berusaha untuk mendekai dan menyapa Jeanita.

Sean mendekat dan berusaha menyapa Jeanita tapi sayang Jeanita malah berlari menjauh dari Sean. meskipun akhirnya Sean berhasil mengajak duduk dan berbicara dengan Jeanita. Setelah meminum minuman yang ditawarkan oleh Sean, Jeanita beranjak pergi, dalam kondisi setengah mabuk Jeanita atau Vally dikejutkan oleh seseorang laki-laki dewasa yang mengganggunya. Tapi kemudian dia di tolong oleh Sean. Dan Sean mengajak Vally ke Suit Room pribadi milik Sean yang berada di hotel yang sama dengan pesta topeng itu dilaksanakan. Dan terjadilah apa yang seharusnya tidak terjadi.

Beberapa bulan kemudian diketahui kalau Vally hamil dan membuat murka seluruh keluarganya termasuk Jeanita. Awalnya Vally tidak mau bercerita siapa yang telah tega melakukan hal keji itu kepadanya. Betapa murkanya Jeanita saat mengetahui bahwa orang itu adalah Sean Martadinata.

Meskipun Vally tidak pernah berniat untuk menggugurkan kandungannya dan tidak meminta pertanggujawaban kepada Sean, tapi Sean yang notabenenya merasa bahwa anak yang dikandung Vally adalah haknya maka dia melakukan segala cara agar Vally mau menikah dengannya. Karena Vally tidak mau perusahaan keluarganya hancur ia menyetujui pernikahannya dengan Sean, dengan beberapa syarat. Dan pernikahan pun terjadi antara Sean dengan Vally.

Bagaimana kehidupan pernikahan Vally dengan Sean pada akhirnya?
Bagaimana Vally menghadapi  Sean dengan masalalunya yang membuat ia tidak percaya bahwa cinta itu perlu diucapkan?
Dan apakah setelah melahirkan Sean akan menepati Janjinya untuk berpisah dengan Valeria?
Apakah keduanya akan saling jatuh cinta ??
***
“Bukan apa yang ingin kuketahui, Valeria tapi bicaralah apa yang kau ingin aku ketahui” (Hal, 593)

Cinta itu hanya kata-kata, Valeria. Katherine berkata cinta berkali-kali tapi tidak membuktikannya. Aku tidak mengatakan cinta kepadamu. Tapi aku mengungkapkannya padamu melalui apa yang kulakukan. Tidakkah kau mengerti?”
(Hal, 609)
****
Valeria atau biasa dipanggil dengan nama Vally adalah adik kedua dari Jean. Anaknya periang, lucu dan polos. Memiliki wajah yang lembut dengan mata yang besar dan dihiasi bulu mata yang lentik. Rambutnya lurus panjang dan berponi. Masih bersekolah di tingkat kelas 12.

Sean anak tunggal dari keturunan Martadinata. Pewaris dari Martadinata Company, yang kekuasaanya menguasai dalam dan luar negeri. Mempunyai karakter yang sombong, arogan, diktator. Mempunyai sorot mata yang tajam dan jarang sekali untuk tersenyum.
***
Sean dan Valeria adalah karya pertama dari penulis dengan nama akun Wattpad Matchamallow yang awalnya di upload di Wattpad karena pembacanya termasuk cetar memhana, dibaca lebih dari 5 juta kali dalam waktu 4 bulan peredaran. Cerita ini merupakan bagian dari Trilogi Sean- Reyhan dan Daniel. Dan ketiga-tiga dari serial itu sudah taken kontrak semua akan dicetak dalam bentuk buku. Reyhan sudah menyusul untuk naik cetak dan kemungkinan awal tahun 2017 siap beredar. Sedangkan Daniel tidak usah diragukan lagi dia mempunyai fans yang cukup banyak sejak dari serial Sean.

Cerita pertama yang membuat aku semacam ketagihan dengan cerita-cerita di WP dan disini dengan berani aku katakan bahwa “aku jatuh cinta dengan abang Sean”. entahlah aku selalu dibuat jatuh cinta dengan karakter seperti Sean, karena biasanya tokoh dengan karakter seperti itu jika dia sudah jatuh cinta sama satu orang maka tidak akan pernah dilepas dan cukup satu saja. Sean cinta pertama ku dalam penokohan di serial WP. Dan Sean aku baca langsung sampai part mendekati epilog dari jam 7 malam sampai jam 1 malam. Gila kan aku ? karena memang ceritanya patut diacungi jempol.

Kembali ke Sean dan Valeria. Dapat dipastikan banyak jenis cerita yang mempunyai genre atau tema semacam ini, tapi berani aku katakan kalau cerita ini mempunyai alur yang berbeda, dalam beberapa cerita yang sejenis pasti dua orang tersebut akan dinikahkan dan kemudian sejalan dengan waktu mereka akan saling jatuh cinta tapi cerita ini tidak seperti itu. Kesalahan satu malam yang pada akhirnya memaksa mereka untuk hidup bersama dan menemukan apa yang dinamakan cinta sejati. Tidak bisa ku bayangkan, seorang gadis yang masih duduk di bangku kelas 12 harus menikah dengan seorang laki-laki yang usianya selisih 13 tahun. Dan ternyata hanya dengan Valeria lah ia mampu bertekuk letut, melakukan hal-hal yang tidak pernah sama sekali ada dalam pikirannya. Seorang Sean yang mempunyai ketakutan hanya kepada seorang gadis kecil bernama Valeria.


Cerita ini cocok dikonsumsi untuk yang usia 18 tahun keatas, karena ada beberapa adegan yang memang belum layak di konsumsi bagi mereka yang masih berada dalam usia belasan. Menurut saya satu hal yang membuat buku ini tidak nyaman untuk dibaca adalah ukuran ketebelannya, buku ini memang beneran lebih tebal dari novel pada umumnya dan ditunjang lagi ukurannya yang tidak seperti novel pada umumnya, dengan ukuran tebal 5 cm, Panjang 19 cm dan Lebar 10 cm bayangkan bukunya seperti apa?. Jadi membuat tidak nyaman waktu buku dipegang, baik waktu baca waktu duduk ataupun sedang tiduran (yang ini tidak boleh di contoh yaa ). Satu hal lagi masalah cover buku, aku kurang sreg kalau novel itu bergambar orang apalagi ia bukan orang Indonesia. Membuat novel itu kurang greget gitu menurut ku, karena aku memang suka cover yang murni itu asli desain sendiri,bukan ambil foto orang lain meskipun jelas mereka sudah izin untuk menggunakannya.


Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu