JEJAK CINTA 20 TAHUN BERLALU - SAAT CINTA TAK TERBATAS OLEH WAKTU DAN RUANG


{Review} JEJAK CINTA 20 TAHUN BERLALU - MAYA LESTARI GF

Judul Buku : JEJAK CINTA 20 TAHUN BERLALU

Penulis : MAYA LESTARI GF

Penerbit : Penerbit Pastel Books

Tahun terbit : Cetakan Pertama, Agustus 2017

Tebal : 292 Halaman

  ISBN : 978-602-6716-09-5

***

 


Semua keruwetan hidupku dimulai ketika pamanku, Bernard Hadison, terbangun dengan ingatan akan Rinjani.

Dua puluh tahun lalu ia mencintai perempuan berlesung pipit dengan senyum secerah bulan purnama. Apa daya, perempuan tersebut memutuskan menikah dengan laki-laki lain. Dengan hati hancur, pamanku pergi ke Leiden untuk melupakannya. Saat mendengar kabar bahwa cinta pertamanya kembali sendiri, pamanku yang tidak pernah menikah itu pun pulang ke Indonesia demi mempersunting cinta pertamanya. Parahnya, aku dan Keegan yang diminta Paman Ben untuk menemaninya. Awalnya aku tidak mengerti, bagaimana cinta mampu menggerakannya untuk melakukan perjalanan melelehkan yang tidak jelas ujungnya begini. Namun pada akhirnya aku mengerti bagaimana cinta bekerja, karena kini aku telah jatuh cinta.

"Kalian akan terkesan pada sepasang mata yang tidak bisa dibandingkan dengan apapun. Tidak bisa dinilai dengan harga berapapun. Sepasang mata yang didalamnya ada ribuan bintang, sehingga ketika kalian melihatnya, kalian seakan berada di tengah alam semesta."

 



Keluarga Hadison dibuat bahagia dengan kabar bahwa Bernard yang sudah duapuluh tahun pergi meninggalkan Indonesia, menjauh dari segala cerita tentang keluarga Hadison, kini mengabrka akan pulang dan akan menikah dengan cinta pertamanya.

Semua menyambut bahagia kedatangan Paman Ben, begitulah mereka memanggil paman yang hanya bisa mereka temui selama ini melalui aplikasi video. Menjadi permasalah adalah cinta pertama Paman Ben ini tidak jelas keberadaannya, dan tidak jelas bagaimana perasaan dia ke Paman Ben, semua masih serba tidak jelas.

Abigail bersikeras menolak menemaninya pamannya untuk mencari Rinjani. Tetapi ia bisa apa, saat semua keluarga memutuskan bahwa ia dan Keegan harus berangakat ke Padang menemani sang Paman.


 

Hanya permodal cerita dari salah satu temannya mereka bertiga mencari Rinjani. Dan semua tidak mudah. Abigail yang berangkat dengan terpaksa selalu mengeluh dengan segala keadaan yang dialaminya saat itu, berbanding terbalik dengan Keegan, ia selalu berusaha untuk mendukung apapun keputusan Paman dalam memecahkan teka-teki keberadaan Rinjani. 


 

Adu mulut, bertengkaran kecil mereka bertiga mewarnai misi pencarian mereka dalam menemukan Rinjani, apakah mereka berhasil menemukan Rinjani? Seseru apa perjalanan Keegan dan Abby menemani sang paman menemukan cinta sejatinya. Semua cerita seru ini ditulis dengan sempurna oleh mbak Maya Lestari dalam novelnya yang berjudul "JEJAK CINTA 20 TAHUN BERLALU"

 

 



Penulis menggunakan sudut pandang Abby dalam menceritakan kisah perjalanan mencari cinta sejatinya seorang Ben. Agak kaget waktu membaca cerita ini, karena awalnya ku kira dari judulnya bakalan banyak sisi melankolisnya dengan bahasa yang serius, tapi ternyata meski ceritanya dan judulnya ada kesan dewasa, bahasa yang digunakan sangat santai dan khas anak remaja yang beranjak dewasa. Di cerita ini Abby berusia 19 tahun sementara Keegan berusia 23 tahun sedangkan Paman Ben berusia 40 tahunan.

 


 

Menggunakan alur maju mbak Maya menuntaskan cerita ini penuh dengan drama perjalanan yang tentunya sangat luar biasa. Coba bayangkan bagaimana kalau kita ada di posisi Abby, mencari seseorang dengan modal awal "Aku mendengar cerita dari Putri kalau Rinjani...... dst"

Ada banyak karakter yang muncul di cerita ini, disebabkan keluarga Hadison semuanya tinggal di satu atap, tapi fokus cerita memang di Abby, Keegan dan Paman Ben saja. Kalau dilihat secara garis beras keseluruhan keluarga Hadison orangnya hangat, friendly, ceria dan jiwa kekeluargaanya sangat tinggi. 

 


 

Sementara karakter Abby disini, karakter anak 19 tahun, dimana usia sembilan belas tahun adalah usia pertengahan antara remaja dan dewasa. Di mana Abby masih perlu belajar melihat sisi masalah dari sudut pandang orang lain, dia memang ceplas ceplos, mampu mengutarakan apa yang ia rasakan tanpa pernah tahu apa akibatnya bagi orang lain. Dari awal memang Abby tidak pernah mau terlibat dari pencarian ini, jadi di awal-awal dia lebih banyak menggerutu. Tapi perjalanan tetap perjalanan akan ada banyak hal yang ditemui bukan.

Berbanding terbalik dengan Keegan, Keegan diusia yang sudah cukup matang untuk seseorang laki-laki yang berusia 23 tahun, pengalaman dan perjalanan hidup membuat dia tahu harus bagaimana bersikap dalam menghadapi Paman Ben. 


Paman Bernard, dia pelukis terkenal di Eropa, yang lukisannya dipajang  di galeri-galeri ternama di luar negeri, satu lukisan bisa dihargai puluhan milliar, dia bisa pergi dan membeli apa saja yang ia inginkan, mungkin bagi sebagaian orang dengan gelimangan harta seperti paman Ben adalah orang sukses dan bahagia, tetapi selalu ada bayaran yang harus ia terima untuk semua itu. 


 

Di dalam buku ini kita diajak-ajak jalan untuk menikmati keindahan alam Sumatra Barat, beberapa tempat yang menjadi lokasi kejadian dalam cerita antara lain : Menginap semalam di puncak Mandeh, dimana Kawasan Mandeh yaitu kawasan yang meliputi tujuh nagari di sepanjang pantai pesisir selatan. Berlayar bersama tim SAR ke Pulau Setan Besar dan sekitarnya. Melihat terumbu karang di perairan Pulau Cubadak. Melihat-lihat Istana Pagaruyang lalu ke Jam Gadang, kemudian melihat lokasi panjat tebing yang berskala internasional di Lembah Harau. Lalu makan kerupuk kuah di kawasan air terjun Aka Berayun. Ekpresi Abby meskipun dia keturunan Minang tetapi sangat jarang datang ke Padang, adalah ekpresi semua orang yang belum pernah ke Padang yaitu kagum, takjum dan bahagia. Dan aku langsung mencari gambar-gambar dari tempat wisata tersebut dan memang benaran indah dan cantik. Coba aja cek di google. 

Selain tempat wisata yang indah kita juga akan banyak mengenal masakan khas Sumatra Barat seperti : gulai lontong, gulai jengkol, teh telur, bubur kampiun, pangek lapuak, . Hampir keseluruhan masakan khas Sumatra Barat tidak ada yang dibuat sekali jadi, rata-rata membutuhkan waktu lama dalam prosesnya yang pastinya membutuhkan kesabaran.


 

Adegan yang aku suka pertengkaran - pertengakaran kecil antara Abby dan Keegan menambah seru perjalanan mereka mencari jejak cinta sang Paman, momen paling mengurang emosi adalah saat Paman Ben marah dan saat Paman Ben bercerita apa yang ia alami selama dua puluh tahun jauh dari keluarga. 


 

Dari novel ini aku belajar memahami beberapa hal, yaitu sejauh apapun kita pergi menjauh dari keluarga, keluarga adalah tempat pulang yang indah, mereka bisa menerima apapun keadaan kita, dan kalau kita mencintai atau menyukai seseorang ungkapkan karena kalau tidak waktu akan mengambilnya, karena dalam cinta cuma ada dua hal ungkapkan atau ikhlaskan.

Entah ini novel ke berapa dari Mbak Maya Lestari yang aku baca, aku selalu suka dengan gaya ia bercerita, tidak hanya memberikan sekedar bacaan untuk hiburan tapi selalu tersimpan makna di dalam ceritanya.

Kalian sudah membaca novel ini? jika belum segeralah untuk membacanya.

Happy reading teman-teman. Sampai jumpa dipostingan tentang buku yang sudah aku baca selanjutnya.

 


MAYA LESTARI GF sudah menulis 14 buku fiksi. Pada 2014, buku cerita anaknya, Attar dan Peta Beliyaka masuk nominasi sebagai buku cerita anak terbaik Indonesia Islamic Book Award. Kegiatan sehari-hari adalah mengurusi homescholing tiga putrinya dan bermain bersama Briti, kucingnya.

 


Posting Komentar

0 Komentar