{Review} THE PROPOSAL OF LOVE - MAYYA ADNAN


Judul Buku : THE PROPOSAL OF LOVE

Penulis : Mayya Adnan

Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tahun terbit : 2014

Tebal : 338 Halaman

  ISBN : 978-602-02-4525-6

***


Aira Maharani, gadis manis nan cerdas yang bekerja sebagai peneliti di Lembaga Konsultan Politik. Sayangnya kerumitan dalam bertugas mendampingi Vivian Mahesa selama jelang Pemilukada, dianggap belum cukup. Dia masih harus dihadapkan pada tugas baru yag menjengkelkan.

 

Raditya Putra Mahesa, putra bungsu dari Reynaldi dan Vivian Mahesa adalah sosok pria yang sempurna. Tampan, pintar, dan CEO Mahesa grup. Tapi sikapnya yang playboy dan gemar bersenang-senang sering membut keluarganya pusing bukan kepalang.

 

Mampukah Aira menghadapi sikap arogan Raditya? Terlebih setelah Dimas Arya Mahesa, yang tak lain adalah sepupu Raditya, ikut campur?

 

Mampukah Aira menyelesaikan tanggung jawabnya untuk memenangkan Vivian Mahesa?

 

Ataukah Raditya, justru menambah kekacauan dalam karier, hidup dan jiwa Aira?

 

****

 

Aira mengawali harinya dengan keterlambatan, ia harus berlari secepat yang ia bisa hanya agar tidak terlambat datang ke meeting di kantor Mahesa Grup. Bahkan ia secara tidak sengaja menumpahkan kopi ke pakaian seorang pria yang ia sendiri tidak kenal, Karena Aira berburu dengan waktu ia tidak sempat berbicara lebih kepada pria ia hanya mengucapkan permintaan aa sekedarnya.

 

Sementara itu putra bungsu dari Mahesa Grup yaitu Raditya Putra Mahesa merupakan sosok yang banyak diidam-idamkan oleh banyak wanita, siapapun tidak bisa menolak pesona Raditya.

 

Aira bekerja di Lembaga Konsultan Publik milik Dimas, yang masih menjadi bagian dari anggota keluarga Mahesa juga, Aira dan Dimas sedang mendampingi Vivian Mahesa selama jelang PEMILUKADA.

 

Semua keluarga Mahesa menyukai kinerja Aira, tapi sayang Raditya yang juga menjadi bagian dari tim pendampingan Vivian sepertinya kurang suka dengan keberadaan Aira. Apalagi kedekatan antara Dimas dan Aira yang sepertinya mendapat restu dari seluruh keluarga besar Mahesa, membuat semuanya semakin rumit.

 

Lalu bagaimana kinerja Aira dan Radit? hubungan mereka tidak baik apakah bakalan berdampak kepada kinerja kerjasama mereka berdua? lalu bagaimana dengan Dimas?

Semua ada dibahas dengan seru oleh Mayya Adnan dalam bukunya yang berjudul THE PROPOSAL OF LOVE

-------



Ini buku pertama dari penulis yang aku baca, temanya pas dengan tahun ini, bedanya kalau di cerita itu untuk Pilkada dan sedangkan di real adalah tentang pemilu presiden. Ada dua sudut pandang tokoh yang digunakan yaitu dari Aira dan Radit. Menggunakan alur maju mundur, karena ada beberapa adegan dengan keterangan flash back.

 

Penulis sangat ahli dalam mendiskripsikan cara kerja profesi si Aira ini, aku merasa apakah sebenarnya penulis juga menggeluti bidang yang sama dengan Aira, soalnya detail sekali. Ini bisa menjadi tambahan informasi buat pembaca.

 

Karakter Aira, dia pekerja keras dan sangat dedikasi sekali terhadap pekerjaannya. Pintar dan cekatan. Selain cantik dia juga tipe wanita yang tidak terlalu jaim, contohnya dia tidak jaim saat makan. Tapi semua kesempurnaan Aira tidak berlaku saat berhadapan dengan Raditnya.

 

Karakter Raditnya,  modelan Raditya adalah tipe cowok kalau mau mikir dia keliatan pintar, mungkin karena tahu potensinya maka keluarga Mahesa menunjuk dia jadi CEO. Raditya merasa bahwa pesona dan segala yang ia punya maka dengan mudah bisa mendapatkan apa yang ia mau, tapi semua pemikiran itu nol saat harus berhadapan dengan Aira.

 

Ada banyak tokoh pendamping yang juga mempunyai peran yang penting, seperti Radisti kembaran Raditya yang awalnya mengira mereka berpacaran, Lalu ada Pradipta kakak pertama dari Raditya, sebenarnya dia lebih mempesona dibanding tokoh pria di cerita ini.

 

Membaca judul perbab dalam novel ini, aku berasa sedang mendengarkan lagu Jung Kook BTS, karena setiap judul perbab seperti judul lagu Jung Kook di album GOLDEN. Kayaknya aku beneran rindu serindu rindunya kepada cowok satu itu, baik baik di sana ya kesayangannya kita semua.

 

Yang ingin tahu lagu apa saja di Album GOLDEN Jung Kook, silahkan baca di sini : ALBUM PERTAMA JUNG KOOK BTS GOLDEN

 

Tapi dari semua adegan yang diperankan oleh para pemain, aku paling suka interaksi antara Raditya dan Radisti, kedekatan mereka itu seru gitu aja pokoknya, apalagi kalau sudah ada Pradipta, kompak dan keluarganya kerasa banget.

 

Yang aku sayangkan dalam cerita ini adalah, genre dan konflik sudah sangat keren bagus, karena jarang novel yang mengangkat permasalahan politik, Usia para pemain sudah pasti usia matang, sekitar 25 tahun ke atas, tapi kenapa dari percakapan dialog aku merasa semua karakter adalah anak remaja yang masih labil, apalagi interaksi antara Aira dengan Dimas, atau Aira dengan Raditya, kontak fisik yang terjadi diantara mereka padalah tidak ada hubungan yang spesial hanya sekedar rekan kerja tapi menurut aku itu terlalu berlebihan, kecuali kalau memang di awal sudah dijelaskan.

 

Pesan yang dapat aku tangkap dalam kisah ini adalah bahwa jangan terlalu membenci seseoarang karena urusan hati kita tidak bisa mengendalikan sepenuhnya, dan begitu juga sebaliknya.

 

Semangat menulis buat Mayya Adnan, di tunggu karya-karya selanjutnya.

 

 


Posting Komentar

0 Komentar