{Review} MUSIKALISASI RASA – ASTRID CITRALOKAM


Judul Buku : MUSIKALISASI RASA
Penulis : Astrid Citralokam
Penerbit : Loka Media
Tahun terbit : Cetakan I, September 2018
Tebal : 329 Halaman
 ISBN : 978-602-5509-34-6
Bookmail dari Kak Astrid (@BeingAcid)
***
BLURB
Nayla benci bermain musik karena Mika. Dia malah harus menahan diri untuk tidak menunjukkan kepiawaiannya bermain piano klasik karena cowok itu. dan Nayla pun harus belajar lagi les biola setelah dua tahun vakum karena Mika.

Lantaran ambisi ingin membuktikan pada Mika bahwa dia bisa melebihi cowok itu, Nayla belajar biola. Tapi siapa sangka, keinginannya itu justru membawa pada takdir lain. Bertemu Andre yang mengenalkannya pada permainan musik menggunakan hati, bukan sekedar memainkan secara asal sesuai not. Hingga membawa dirinya ikut dalam musik itu sendiri.

Di saat Nayla sudah kembali mencintai musik seperti dulu, Mika kembali hadir, menyapanya, mempengaruhinya lagi seperti dulu.

Kepada siapa Nayla memantapkan hatinya?
*****------*****------*****------****-----******
Nayla Santana mencintai Mika dengan segenap ketulusan hatinya. Tapi Mika harus pergi jauh dari Nayla, Mika harus pergi ke London untuk melanjutkan studi musiknya. Sebelum Mika pergi, Nayla berusaha mengatakan akan perasaanya kepada Mika, tapi sayangnya jawaban Mika melukai hati Nayla. Mika mengatakan bahwa ia hanya menyukai cewek yang pandai bermain musik.

Mika tidak tahu bahwa sebenarnya Nayla pandai bermain piano klasik, dan Mika tidak tahu bahwa Nayla menyembunyikan kepiawaiannya bermain musik dari Mika. Karena ingin membuktikan kepada Mika, Nayla mengambil les biola.

Pertemuan pertamanya dengan Andre yang jauh dari kata baik-baik saja, membawa sikap jutek seorang Nayla kepada Andre. Dan kejutekan itu terus berlanjut setiap mereka saling bertemu, apalagi secara terang-terangan Andre memang berniat mendekati Nayla. Siapa sangka kalau Andre jugalah guru pengganti les biola Nayla. Mampukah Nayla bersikap baik layaknya seorang murid? Padahal Andre memberikan banyak pemahaman tentang biola dan musik itu sendiri kepada Nayla.

Dan apa yang bakalan terjadi selanjutnya?

Berdasarkan blurb, Mika bakalan datang lagi. Apa yang membuat Mika datang kembali ke Indonesia? Dan bagaimana interaksi unik yang bikin gemas antara Nayla dan Andre? Kalau Nayla ketemu kembali dengan Mika, apakah bunga-bunga cinta itu kembali bermekaran?

Semua ada di sini, “MUSIKALISASI RASA” karya Astrid Citralokam.

*****------*****------****--------*****------*****

Sebelumnya aku ucapkan selamat buat Mbak Astrid yang sudah berhasil naik cetak karyanya. Selamat ya mbak.

Konflik cinta segitiga tak akan pernah bisa habis untuk diceritakan. Meskipun mengambil tema yang mungkin bisa dikatakan sudah umum, tapi Musikalisasi Rasa menawarkan cerita yang berbeda, dengan memasukkan unsur musik di dalamnya. Mulai dari para tokoh yang semuanya sangat piawai main alat musik. Belum lagi masa lalu Nayla yang juga sangat berhubungan dengan musik. Mika yang mengejar mimpi untuk menjadi pemusik hebat, lalu Andre yang juga menuntut ilmu di jurusan musik. Andai membaca ini terus ada irama pengiring entah itu denting piano atau alunan biola, makin seru aku jamin membacanya.

Alur yang dibuat memang bikin gemas pengen cubit Nayla dan Andre. Kenapa karena banyak sekali momen kejudesan dan pertengakaran kecil antara Andre dan Nayla.  

Ada tiga tokoh utama dalam cerita yaitu Nayla, Mika dan Andre. Kalau kalian udah baca, kalian pasti akan sepakat dengan aku bahwa mari kita sama-sama membenci sosok Mika. Mika itu ambisius tapi di satu sisi dia tahu apa yang menadi cita-citanya dan tahu bagimana cara mewujudkannya. Cuma hal seperti ini harus dibarengi dengan hati nurani yang mumpuni bukan?

Nayla Santana, judes kepada semua cowok, pandai main piano dan biola. Judesnya Nayla ini cenderung ke arah keras kepala juga, dan bisa dibanyangkan bagaimana menyebalkannya sosok Nayla bukan?

Andre Valentino, pejuang tangguh udah tahu Nayla judesnya minta ampun tapi masih tetap sekuat baja untuk mendekatinya. Berhasilkah? Biar waktu dan semesta yang menjawab.

Jadi Nayla enaknya, judes aja ada yang deketin, laaa kalau aku?

Selain mereka bertiga ada Siska dia itu sahabat baik Nayla, tahu semua masa lalu Nayla, kisah cintanya dengan Mika. Dia ini tipe sahabat yang sangat peduli dengan temannya.

Lalu ada Felix, Felix ini kekasih Siska dan juga teman band Andre. Takut sama Nayla, meskipun mereka pernah satu sekolah. Habisnya Nayla itu sama cowok selalu judes. Felix aja takut yang temannya.

Cover bukunya cantik, gambar piano. Sesuai dengan alur cerita. oh iya untuk gambar di setiap part baru, ada gambar seorang wanita sedang duduk, itu colokan listrik kah?

Secara keseluruhan alur cerita ataupun pemilihan gaya bahasa serta aku suka tapi ada yang mengganggu, yaitu tentang kertas covernya. Kertas covernya baru di baca sebentar udah mencuat, jadi gak bisa nutup sempurna lagi. he he he he

Adegan yang aku suka adalah setiap pertengkaran Andre dan Nayla, karena menurut aku setiap kali mereka debat itu lucu dan menggemaskan. Andre selalu punya cara untuk membuat Nayla bad mood, apalagi pas mereka jalan-jalan ke puncak bareng Siska dan Felix. Duch lucu parah. Nayla kan nggak suka kalau hal sekecil apapun yang menyangkut dirinya ada yang ikut campur tanpa seizinnya, dan Andre selalu bisa mencari celahnya. Wk wk pejuang tangguh Andre ini.

Beberapa quote yang menurut aku cukup menarik :

“Tehnik yang baik nggak akan bisa ngebuat sempurna permainan seseorang,
alat musik apapun.”(Halaman 52) “Nay, lo nggak akan bisa jadi pemain biola yang baik kalau nggak nyesuaiin diri lo sama tema lagunya. Lo nggak akan kelihatan hebat tanpa feeling.”(Halaman 53)

Dari cerita Nayla, Andre dan Mika aku menyimpulkan satu hal cintailah seseorang bukan karena siapa mereka, bukan apa yang mereka punya tetapi cintailah mereka karena kamu tahu kalau bersamanya kamu akan bahagia. Tidak ada alasana dalam jatuh cinta atau mencintai karena jika alasan yang membuatmu jatuh cinta kepadanya hilang maka apakah kamu akan menghilangkan cintamu untuk dia? Cinta selalu punya jalan untuk saling menemukan dua hati yang terpisah.

Aku rekomendasikan buku ini buat mereka semua pecinta novel romansa. Kalian wajib baca ini hukumnya.

Bintang 4 untuk kisah Nayla, Mika dan Andre.
Selamat Membaca

*****------*****------****--------*****------*****

sumber : beingacid

Menyukai warna pink dan kisah-kisah romantis berakhir indah.
Menulis sejak SD tetapi baru berani mempublikasikan tulisannya setelah dewasa.
Bergabung dalam salah satu grup kepenulisan untuk mengasah kemampuan menulisnya. Selain itu, juga sering mengikuti pelatihan kepenulisan demi memberikan karya-karya yang bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.
Karya yang bisa dinikmati :
Novelet : When in Bali (Sudah cetak indie)
Novel : Imperfect Heart, Musikalisasi Rasa, How to Let Go (Sudah tamat semua)
Kumpulan puisi : #baper (completed), You Said I Loved You (on going)
Untuk kenal lebih dekat, aku bisa dikontak melalui sosial mediaku di :
Wattpad/IG : @beingacid
Facebook : Astrid Citralokam
Blog : dateabook.blogspot.co.id

Noted  : Makasih banyak buat Mbak Astrid yang sudah mencantumkan namaku dalam buku ini. Dulu waktu Mbak Astrid mengadakan GA pemberian nama judul novel ini, aku gak mengira judul yang aku buat menjadi pilihan mbak Astrid, apalagi sampai namaku ikut tertulis di buku ini, gak terbayang sama sekali mbak.
Terimakasih banyak ya mbak. Sukses selalu buat mbak Astrid.



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu