{Book Review} Rahasia Pelangi – Riawani Elyta & Shabrina Ws


Judul Buku : Rahasia Pelangi
Seharusnya, sejak awal aku menyadari bahwa cinta tak pernah jatuh terlalu jauh
Penulis : Riawani Elyta & Shabrina Ws
Penerbit :GagasMedia
Tahun terbit : Cetakan Pertama 2015
Tebal : x + 326 Halaman
 ISBN : 978-979-780-820-4
***
BLURB
Katamu, ada pelangi setelah hujan.
Kau hadir, mengulurkan tanganmu.
Ajak aku melangkah, bersamamu.
Bisakah cinta menghilangkan rasa takut?
Juga memupuk rindu
Yang mulai bertunas di hati?

Sepertimu, Anjani dan Rachel juga mencari cinta. Namun, mereka tak pernah menduga ternyata cinta segelap hutan di tengah malam.
Sementara bagi laki-laki itu, ia baru menyadari bahwa hidup ternyata seperti hutan. Jika tak hati-hati, banyak ranting yang akan membuatmu luka.
Dalam gelap hutan, akankah pelangi terlihat sama indahnya?
*****------*****------*****------****-----******
Rachel yang bekerja di cabang CWO (Change World Organization) Pekanbaru mendapat tugas untuk survei lapangan ke Tesso Nilo bersama Febri atau biasanya Rachel memanggil dengan sebutan Ebi seorang fotografer . Rachel yang nekad dan ceroboh terpaksa harus menerima tugas bersama Ebi, yang menurut Rachel Ebi lebih cerewet dari seorang perempuan. Ebi memang selalu bisa membuat mood seorang Rachel menjadi buruk.

Di Taman Nasional Tesson Nillo (TNTN) lah pada akhirnya mengenalkan Rachel pada sosok Anjani. Anjani adalah salah satu mahout (perawat gajah) perempuan yang cukup berkompeten yang dimiliki oleh TNTN. Anjani yang masa kecilnya mempunyai pengalaman buruk dan trauma kepada Gajah, kini dia menjadi mahout putri andalah TNTN. Selain Anjani ada juga mahout yang lebih senior dan sering memberi  pelatihan kepada calon mahout baru dia bernama Chayood Pratham atau biasa dipanggil dengan Chay pria keturunan Thailand.


“Memangnya apa yang membuatmu tertarik untuk menjadi mahout?
Ini bukan pekerjaan yang keren. Setiap hari kita harus kotor-kotoran.
Juga harus sabar menghadapi perilaku gajah.”
(Halaman 49)


Chay yang memang tipe pendiam, tiba-tiba berubah akrab dan banyak bicara kepada Rachel. Ada sesuatu yang menggelitik yang Anjani rasakan saat melihat kedekatan Chay. Bahka Indro gajah peliharaan Chay yang biasanya sulit berinteraksi dengan orang asing juga bisa akrab dengan Rachel.

Sejak Anjani melihat keakraban keduanya, ia berusaha untuk selalu menghindari dari Rachel ataupun Chay. Meskipun begitu ia tetap menjalankan tugas sebagai seorang mahout setiap harinya. Beno nama gajah yang Anjani rawat merupakan salah satu anggota tim flaying squad selain Indro dan beberapa gajah yang lain.


“Prasangka bisa mengubah setitik bara menjelma kobaran yang tak terduga.”
(Halaman 129)


Cemburu, itulah yang Anjani rasakan. Ia sendiri bingung dengan apa yang sedang ia rasakan. Sementara bagi Rachel bersama Chay ia tahu segala sesuatu tentang Gajah, karena Rachel mempunyai jiwa petualang dan rasa ingin tahu yang tinggi.

Kecemberuan yang Anjani rasakan harus ia bayar mahal, penyelasan dan rasa bersalah menghantu dirinya. Permintaan maaf pun terus ia ucapkan.

Apakah kesalahan yang Anjani lakukan?
Jika Anjani cemburu terhadap kedekatan Chay dan Rachel, lalu seperti apakah perasaan mereka masing-masing?
Dan seperti apakah kehidupan para gajah di TNTN?
Baca kisah lengkap mereka dan temukan jawaban dari semua pertanyaan dalam novel “Rahasia Pelangi” karya Riawani Elyta dan Sabrina Ws

*****------*****------****--------*****------*****

Rahasia Pelangi menceritakan tentang kisah dua perempuan tangguh yang mencintai alam bebas dan penyayang hewan, meskipun dari segi karakter keduanya sangat berbeda. Bagian prolog langsung dibuka dengan adegan yang menegangkan dan berakhir dengan sebuah kengerian, bercerita tentang bagaimana Anjani bisa trauma akan Gajah. Dua jempol untuk Anjani. Gadis kecil yang trauma terhadap gajah tetapi memilih menjadi seorang pengasuh gajah agar bisa membuktikan bahwa tidak semua gajah itu jahat. Sementara bagi Rachel menjadi seorang aktivis lingkungan adalah dunianya, kedua orangtua Rachel pun mereka juga sama sama aktivis lingkungan yang masih sering berkontribusi juga. Dan menuju TNTN adalah tugas lapangan pertama bagi seorang Rachel.

Kombinasi dua penulis yang sangat keren dan dengan menggunakan dua sudut pandang yang berbeda. di satu sisi ada bercerita tentang Rachel dan satu sisinya bercerita tentang Anjani. Beda penulis tetapi bisa menyatu bersatu tanpa adanya satu sisi yang lebih menonjol. Porsinya pas mantap dan lezat. Xi xix ix

Ini novel kedua yang aku baca dimana kolaborasi antara Riawani Elyta dan Shabrina WS, pertama aku baca yang judulnya Ping Massage Form Borneo. Kalau yang di Ping itu bercerita tentang penyelamatan hewan berupa monyet sedangkan di Rahasia Pelangi adalah Gajah. Aku belum pernah membaca novel yang mengambil tema hewan dengan porsi yang banyak bahkan mereka masuk ke dalam sebuah cerita terlibat langsung dengan tokoh cerita, dalam buku ini memang benar-benar ada ilmu yang bisa kita tahu tentang gajah. Semacam baca sebuah expleodi tapi dalam bentuk cerita. Setelah membaca ini aku berfikir dan berpendapat sebenarnya bacaan seperti inilah yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Unsur romance-nya dapat dan pengetahuan real nya juga ada.

Untuk karakter tokoh utamanya yaitu Anjani dan Rachel mereka berbeda, jika Rachel termasuk wanita dengan karakter yang tidak segan untuk mengeluarkan pendapat maka Anjani lebih cenderung ke arah pendiam. Rachel ceroboh dan bukan tipe manusia yang berfikir terlalu panjang atau tidak banyak pertimbangan. Rachel juga gadis yang ceria dan ramah serta mudah akrab dengan orang lain. Perbedaan keduanya dipengaruhi oleh faktor latar belakang mereka baik dari sisi keluarga ataupun lingkungan pendidikan mereka.

Setting tempat lebih banyak di lokasi TNTN dan sekitarnya. Untuk covernya keren, ada gajahnya, itu kira-kira gajahnya siapa ya? Punya Chay yang bernama Indro atau punya Anjani yang bernama Beno. Merujuk pada cover buku, aku jadi berfikir bahwa seragam kerja yang dipakai oleh Chay dan Anjani adalah berwarna seperti itu. Aku dulu pernah ke Way Kambas itu para petugasnya memakai seragam seperti apa aku lupa.

Dari buku ini banyak info tentang gajah yang kita tahu, tentang suka duka menjadi seorang manhout mungkin manhout ini juga bisa disebut pawang. Dari cerita ini aku tahu bahwa bayi gajah bisa langsung berjalan setelah dua jam ia dilahirkan, hebat ya bayi gajah. Selain itu aku juga tercengang setelah tahu bahwa cara seperti apa yang dilakukan oleh induk gajah untuk memastikan bahwa bayi yang ia lahirkan dalam keadaan baik-baik saja. wooowww

Selain tentang itu, dalam cerita ini juga bercerita tentang hubungan sebab akibat gajah dan manusia, dimana diwilayah tersebut gajah dan manusia kehidupan mereka saling bersandingan. Gajah yang merasa bahwa wilayah yang ditempati manusia adalah wilayahnya, mengakibatkan manusia merasa terusik dan teracam akan keberadaan gajah yang bisa menyerang mereka sewaktu-waktu. Dan hal ini sudah menjadi konflik yang sudah lama berkembang dimasyarakat.

Tapi satu yang kurang menurut ku, sudut pandang Chay dan Ebi masih kurang porsi mereka he he he, setidaknya kita tahu apa yang Chay dan Ebi pikirkan, bukan hanya tentang perasaan mereka tetapi tentang pekerjaan dan apapun itu. Tapi terlepas dari itu semua cerita ini tetap keren dan dua jempol untuk penulisnya.

Ada satu adegan yang bikin aku sukses merinding disco (ha ha ha ), yaitu waktu tim flying squad dengan Chay sebagai pemimpinnya mengusir para sekawanan gajah liar, bagian mana yang sukses bikin aku merinding? Yaap bagian waktu para gajah saling sahut menyahut dengan lengkingan suaranya. Udah pada pernah dengar kan  bagaimana lengkingan suara gajah?satu lengkingan gajah saja aku pribadi sudah deg-degan takut dan campur aduk rasanya, apalagi dalam cerita ini gajahnya gak cuma satu atau dua,  ditunjang fisik gajah yang besar, aku sudah membayangkan bagaimana kalau mereka berkelahi. Ngeriiii degh pokoknya.

Kisah gajah dalam cerita Rahasia Pelangi ini sepertinya lebih mendominasi otak aku daripada kisah tentang Anjani ataupun Rachel. Aku membayangkan sosok gajah yang bernama Indro, dimana ia disini digambarkan sebagai gajah yang mempunyai jiwa pemimpin. Seperti apakah sosok Indro ini? Ha ha ha jujur bagiku wajah gajah itu semua sama persis.

Di setiap bab baru dalam novel ini ada barisan quote yang cukup menarik. Dan saya menyukai buku atau novel yang disetiap awal bab baru selalu ada quote. dan tidak di ragukan lagi bahwa kedua penulis ini bisa membuat quote yang keren dan bisa melecut semangat kita.

Barisan quote keren itu antara lain adalah sebagai berikut


”Terkadang urusan perasaan memang jauh lebih rumit daripada kalkulasi biner. Perasaan tidak pernah bisa dianalogikan dengan dua kali dua hasilnya pasti empat. Hasilnya bisa saja jadi seratus, seribu, atau bahkan semiliar. Awalnya mungkin orang-orang mendefinisikan perasaan berbunga-bunga tiap kali memandang atau mengingat seseorang sebagi cinta. Tetapi, seiring waktu dan kerikil-kerikil yang mulai mengisinya, cinta bisa bermetamorfosis menjadi rasa yang berbeda hingga jaraknya tinggal selapis kertas dengan rasa benci.”
(Halaman 109)



“Bukan air mata yang bisa mengiringi seseorang yang terlalu larut dalam tawa, tetapi air mata yang memang keluar karena seseorang sudah tak mampu menahan pedih.”
(Halaman 161)



“Semua manusia pasti ingin setiap hal berjalan sesuai keinginannya.
Tapi, ada Tuhan yang lebih berkuasa. Kita hanya bisa mengusahakan semaksimal yang kita mampu. Jadi, jika kita terus menyalahkan diri untuk sesuatu yang diluar jangkauan kita, bukankah itu sama artinya dengan kita meragukan Tuhan.”
(Halaman 266)



“Cara paling sederhana untuk kita ngelupain hal buruk adalah dengan bercermin pada kisah orang lain yang juga nggak kalah buruknya. Dan dari situ, kita bisa menggali rasa syukur karena ternyata bukan kita satu-satunya di dunia ini yang mengalami musibah.”
(Halaman 286)


Membaca kisah Anjani Rachel, Chay dan para gajah gajah. Aku pribadi merasa sebuah tamparan kecil yang cukup ngena. Aku menjadi semakin sadar dan yakin bahwa manusia merupakan makhluk yang paling egois. Mereka merasa terusik saat gajah memasuki wilayah mereka, tetapi mereka tak pernah berfikir waktu mencoba mengambil wilayah milik para gajah. Semoga konflik gajah dan manusia segera teratasi dengan baik dan tidak ada pihak yang dirugikan baik.

Kalian yang mengaku hobi baca, kalian harus baca cerita ini, buku seperti inilah yang sebenarnya kita butuhkan. Buku ini bisa dibaca oleh segala usia. Dan ya kalian harus baca cerita ini. Keren dan menarik banget ceritanya.

Bintang 5 untuk kisah Anjani dan Rachel, dan para gajah gajah dari TNTN

***------****------*****-----
Sukses terus buat mbak Shabrina dan Mbak Riawani, di tunggu lagi kejutan buku kolaborasinya.
Setelah membaca buku ini ada dua hal yang membuat aku menyesal, kenapa dulu waktu ke KBS aku tidak naik gajah malah cuma naik onta saja. kedua kenapa dulu waktu ke Way Kambas aku gak coba ikut naik gajah juga yang ternyata bisa ikuta serta memandikan gajah. Sumpaah aku membayangkan Anjani dan Chay naik gajah itu jadi mupeng lagi. penyesalan hanya bikin nyesek.
Dan sepertinya profesi semacam Anjani dan Rachel cukup menggiurkan, karena profesi mereka beda dan bikin gembira dan deg-deg an juga.

Tentang penulis
Riawani Elyta
sumber ; www.yes24.co.id

Lahir dan berdomisili di kota kecil Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Penghargaan lomba menulis yang pernah ia raih, antara lain Pemenang I Resensi Buku Indiva (2008), Pemenang II Sayembara Cerber Femina (2008), Pemenang Harapan Sayembara Cerber Femina (2009), Pemenang Hiburan Feature Ufuk Dalam Majalah Ummi (2009), Pemenang Favorit Lomba Menulis Cerpen Remaja Rohto-Lip Ice (2010), Pememang II Sayembara Novel Inspiratif Indiva (2010), Pemenang I Lomba Novel Remaja Bentang Belia (2011, Bersama Shabrina Ws), dan Pemenang Berbakat Lomba Novel Amore Gramedia (2012)
Ia bisa disapa di Facebook Riawani Elyta, Twitter @RiawaniElyta, email riawanielyta@gmail.com atau rumah mayanya di www.riawanielyta.com

Shabrina Ws
 
sumber ; pacitan.com
Nama pena dari Eni Wulansari. Lahir di pegunungan Pacitan. Menyukai pagi, fabel dan hal-hal yang berhubungan dengan hewan. Pernah menjadi pemenang I lomba novel remaja Bentang Belia 2011 duet bersama Riawani Elyta, dan pemenang 3 lomba romance Qonita 2012.
Bisa di sapa di twitter ;@shabrinaws_ atau Facebook ;shabrina.ws, dan intip karya lainnya di Goodreads ; Shabrina_Ws atau blog shabrinaws.blogspot.co.id


tambahan keterangan : silahkan klik





Posting Komentar

1 Komentar

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu