{Book Review} Baby and Me – Ainun Nufus




Judul Buku : Baby and Me
Bila hati tersakiti, masihkan cinta akan bertahan?
Penulis : Ainun Nufus
Penerbit : GagasMedia
Tahun terbit/ Cetakan Pertama : 2017
Tebal : vi + 206 Halaman
 ISBN : 978-979-780-906-5
***
BLURB
Jodoh itu bukan hanya soal cinta , tapi soal waktu. Hingga pada waktunya, kuputuskan untuk bersamamu, meski mungkin aku tak pernah menjadi alasanmu
Apa yang akan kau lakukan bila pria yang pernah meninggalkanmu kembali datang dan memintamu untuk bersamanya? Mampukah kau kembali percaya setelah hatimu dibuat pecah berkeping – keping?
Hal itu yang dialami oleh Feli. Sosok Biyan datang kembali setelah sempat menyuruhnya untuk pergi dari hidupnya. Pria itu mencoba dengan segala usaha untuk kembali merebut hati Feli. Berusaha membuat wanita itu percaya bahwa ia ingin menebus kesalahannya.
Meski hatinya tak bisa lagi menolak pesona Biyan, tanda tanya itu terlampau besar untuk dilawan. Ketakutan itu teramat setia singgah di dalam dada. Apakah Biyan benar – benar menginginkan dirinya sebagai seorang yang dicinta atau hanya karena bayi yang ada di dalam kandungannya?
*****
Feli yang merasa sedih karena orang yang selama ini ia cintai telah resmi menjadi suami orang lain, ia melampiaskan rasa sedihnya itu kepada minuman beralkhohol. Ia melakukan kesalahan satu malam. Pagi ini ia terbangun di salah satu kamar hotel dengan kondisi yang jauh dikatakan baik-baik saja. Kaget, kecewa, semua perasaan bercampuraduk menjadi satu, Feli merutuki kecerobohannya sendiri. Ia tidak kenal sama sekali dengan pria yang kini masih tertidur pulas di sampingnya, ia hanya tahu pria itu bernama Biyan. Feli merasa gagal dan dia bingung apa yang harus ia lakukan. kemarahannya semakin besar saat mengetahui dengan mudahnya Biyan mengatakan ‘gugurkan saja’, waktu Feli bertanya bagaimana jika dirinya hamil.


Biyan mengatakan tanpa beban, tanpa ada perasaan bersalah sedikitpun, bagaimana seorang manusia beranggapan bahwa nyawa bukanlah hal yang sangat penting. Feli marah besar, ia menolak dengan tegas cek yang diberikan oleh Biyan. Bahkan Feli mengatakan jika kelak dirinya hamil tidak akan meminta pertanggungjawaban sedikitpun kepada Biyan. Sebuah tamparan ia layangkan kepada Biyan, tamparan tersebut menjadi pelampiasan kekesalan Feli atas sikap Biyan. Melihat semua sikap dan perilaku Biyan, Feli merasa harga dirinya sudah direndahkan oleh Biyan. Ia sangat membenci pria itu dan berharap tidak akan pernah bertemu kembali.

Feli sempat terpuruk dengan keadaan yang baru ia alami, tapi beruntungnya Feli mempunyai sahabat seperti Mita yang tidak meninggalkan Feli dan selalu ada buat Feli. Memberi semangat di kala Feli sedang terpuruk. Menjadi penopang bagi Feli saat ia memerlukan sebuah sandaran. Ditambah lagi dengan kehadiran Dava, yang membuka mata Feli bahwa apapun keadaan Feli ia masih tetap harus bersyukur. Dava jatuh hati kepada Feli, ia berusaha dengan gigih untuk meluluhkan hati Feli.

Kesalahan semalam itu membuahkan hasil. Ada bayi dalam kandungan Feli. Feli tidak menceritakan kepada siapapun siapa ayah janin itu. Dava dan Mita pun tidak tahu, Feli merahasiakan dari siapapun siapa lelaki yang tidak bertanggung jawab dan telah dengan tega menyakiti dirinya dan bayi yang dalam kandungannya.

Di saat Feli sudah melupakan sosok Biyan, di saat Feli sudah siap menapaki kehidupan baru dengan calon bayinya Biyan datang dan mengacaukan semuanya.

Apa yang harus Feli lakukan? memberi tahu Biyan, yang nyata-nyata pernah menolak kehadiran bayi, yang pernah menyuruh Feli untuk menggugurkan kandungannya atau lebih memilih Dava yang memang peduli dan tulus kepada Feli tanpa peduli siapa ayah bayi dalam kandungan Feli.

Baca kisah Biyan dan Feli dalam “BABY and ME” yang ditulis oleh Ainun Nufus.
----------*****---------*****---------*****----------*****----------*****---------*****


Penulis menggunakan PoV orang ketiga dalam penulisan cerita ini dan dilihat dari sudut pandang seorang Feli. Jadi seolah-olah kia melihat apa yang Feli alami.

Cerita pertama di buka dengan Feli bingung akan apa yang terjadi dan hal sial apa yang telah menimpanya. Baru halaman awal langsung di buat deg-deg an, kenapa tiba-tiba Feli bersama seorang lelaki di dalam kamar hotel? Dan pertanyaan itu terjawab dalam cerita selanjutnya. Menggunakan alur maju dengan plot yang tersusun dengan apik dan runtut.

Suka dengan penggunaan setting tempat Jogjakarta, di mana merupakan setting Feli yang sedang melakukan liburan. Satu hal yang aku suka dari kak Ai adalah selalu berhasil menemukan tempat-tempat baru di Jogjakarta yang bisa menjadi rekomendasi buat mereka yang ingin jalan-jalan ke Jogja, tetapi untuk setting tempat cerita keseluruhan penggambarannya masih kurang jelas, itu posisi para tokoh masih kurang jelas ada di kota mana.

Selain Feli dan Biyan sebagai karakter tokoh utama, dalam cerita ini juga ada karakter lain yaitu Dava dan Mita. Dava adalah teman dari Feli yang menaruh hati kepada Feli dan ternyata oh ternyata Dava adalah sahabat baik dari Biyan. Sedangkan Mita sendiri adalah teman kerja sekaligus teman kost Feli, jadi sudah jelas bagaimana kedekatan hubungan antara Feli dan Mita.

Karakter Feli sendiri dalam cerita ini, hidup sendiri dimana kedua orangtuanya sudah meninggal dan membiayai hidupnya sendiri. Dia termasuk perempuan dengan karakter yang mandiri, bertanggungjawab kepada dirinya sendiri dan tegar. Type cewek wonder woman yang tidak bisa di anggap remeh oleh para lelaki. Tentunya Feli juga seorang wanita yang cantik, ia bekerja sebagai staf di salah satu hotel berbintang.

Biyan, karakter awal yang tercipta sungguh membuat jengkel, rasanya ingin melempat Biyan ke dalam tumpukan jemari kemudian di bakar biar habis tak tersisa. Sadis ya? Iya memang, karena karakter Biyan sungguh menyebalkan. Bayangkan dengan mudahnya ia bilang “gugurkan saja” , Biyan kelihatan bukan seorang pria yang bertanggungjawab dan sikapnya itu merendahkan seorang wanita, tidak semua bisa diselesaikan dengan uang Abang Biyan yaaa?? Tapi pas akhir-akhir cerita Biyan jadi sweet banget dan malah banyak gombalnya meskipun gombal recehan tapi aku yang baca aja senyum-senyum sendiri dan malu sendiri kesannya kayak Biyan lagi gombalin diriku. Wk wk wk wk (ngarep digombalin Biyan rupanya yaa???)

Dava, karakter cowok kedua, yang malah membuat aku jatuh cinta kepada Dava. Padahal dia munculnya juga tidak terlalu sering tapi malah menyita perhatian ku. Aku selalu jatuh cinta dengan sosok karakter cowok kedua yang Kak Ai buat. Lophe you Dava. Dava itu lucu, perhatian, kalem tapi agak banyol dan adakalanya dia menjadi sosok yang dewasa dan cara berfikirnya dia yang keren abis.

“Menjadi dewasa itu sulit, tapi tahukah kalian para wanita,
kami pria dewasa, ketika kami memilih pasangan hidup,
 bukan hal itu yang menjadi pertimbangan kami.
 Setiap orang memiliki masa lalunya masing-masing.
Tentu yang kami fokuskan adalah masa depan.
Dan seorang pria harus melihat perempuan sebagai manusia yang perlu dihargai dengan pemikirannya yang bijaksana.”
(Halaman 20 -21)

Novel dengan konsep MBA (married back accident) atau kesalahan satu malam mungkin sudah banyak yang mengangkat cerita dengan konsep seperti itu, tapi Baby and Me ini beda dari cerita yang lain. Apa yang membuat beda? Selain dari alur cerita dan konflik cerita yang jelas berbeda. kekuatan cerita ini ada pada kekuatan kata-kata, pemilihan diksi, jika kalian sudah pernah beberapa kali membaca cerita karya Kak Ai, maka kalian akan menemui banyak quote-quote yang pastinya bikin baper. Setiap kata yang ada bukan hanya sekedar sebuah ungkapan atau basa-basi belaka tapi jelas ada makna yang terkandung di dalamnya. Selain itu, penulis juga selalu berhasil mengakat obyek wisata baru di daerah Jogja (karena memang Kak Ai berdomisili di Jogja), jadi setiap membaca cerita dari Kak Ai kita seperti membaca buku panduan tentang tujuan wisata baru jika kita mau ke Jogja. Ini menjadi nilai plus untuk novel ini sendiri.

Konflik batin yang diangkat dalam cerita ini, konflik yang terjadi antara para tokoh menjadi alur yang penting dalam jalan cerita. Konflik semacam ini berhasil membawa para pembaca untuk terbawa perasaan ke dalam cerita, tiba-tiba marah atas sikap Feli atau Biyan, dan luapan emosi yang lainnya. Selain kisah tentang Feli dan Biyan, dalam cerita ini juga ada tentang kisah keluraga, pertemanan. Intinya cerita dalam novel ini ibarat paket komplit.

Di setiap awal bab atau part baru, ada semacam quote yang bisa dikatakan menjadi inti cerita dari bab tersebut. Menjadikan cerita ini atau novel ini menjadi tampak berbeda dari segi penampilan. 


Untuk pemilihan cover dan judul. Cover sendiri Kak Ai pernah melempar pemilihan cover kepada pembaca dan terpilihlah cover ini dari beberapa pilihan cover yang ada. Suka dengan covernya manis dan tampak elegant. Untuk hubungan judul dan cerita menurut aku sudah relevan. Judul dan cover sudah menjelaskan bagaimana cerita yang terdapat dalam novel ini.

Novel ini jebolan dari wattpad, yang jelas sudah terbukti dibaca puluhan ribu kali oleh para pengguna wattpad. Aku sendiri untuk versi wattpadnya belum baca jadi aku tidak bisa membandingkan, tetapi biasanya versi cetak lebih rapi karena sudah ada tim editor sendiri dari penerbit.

Segala kelebihan pasti ada kekurangan yang mengikuti, sama halnya dengan novel Baby and Me, seperti yang aku ceritakan di awal. Untuk setting tempat masih kurang jelas penjabarannya, satu-satunya setting tempat yang jelas hanya waktu Feli berlibur ke Jogja.

Ada beberapa adegan favorit yang aku suka dan menurut aku cukup menimbulkan kesan yang sangat berarti untuk diriku, yaitu adalah aku suka waktu Dava atau Biyan sedang menggoda Feli. Recehan memang tapi cukup membuat aku sendiri menjadi salah tingkah mendengar godaan mereka. Apa kabar kalau jadi Feli?

Selain itu aku suka adegan waktu Feli dan Biyan mengusap-usap kandungan Feli dan mengajak bayi dalam kandungan itu berbicara. Semacam ada kesan emosional yang tercipta dalam adegan itu.
Untuk Quote favorit yang aku suka dalam novel Baby and Me, ada banyak, kalau aku tulis di sini bisa beberapa halaman sendiri. Aku pilih beberapa saja ya, antara lain sebagai berikut :

“Harus! Berhenti memikirkan soal kesucian.
Pria – pria sekarang tak lagi berpikiran seperti parasut,
yang hanya berfungsi saat terbuka.
Mereka berpikiran seperti langit yang luas dan setia pada bumi tanpa pilih-pilih.”
(Mita, halaman 14)

“Yakinlah ada sesuatu yang menantimu selepas keikhlasanmu,
hingga kamu lupa rasanya patah hati.”
(Dava, halaman 19)

“Perasaan bersalah terus menggerogotinya secara perlahan.
Resah, takut, marah, semua jadi satu.
 Semua itu menjadi beban tersendiri baginya.
 Dia menyesal, tapi tak bisa meminta maaf.
 Bukankah itu menyedihkan?”
(Halaman 67)

Pesan yang terkandung dalam novel Baby and Me karya Ainun Nufus ini, yang saya tangkap adalah antara lain jangan pernah melarikan diri ke minuman berakhohol jika dirimu sedang dilanda masalah, apapun itu masalahnya. Hal itu tidak akan menyelesaikan masalah yang ada malah menambah masalah baru. Hal buruk yang sudah terjadi bukan untuk disesali tapi sebagai pelajaran bahwa kita tetap harus bangkit dan optimis untuk masa depan kita sendiri. Optimis dan berfikir positif bahwa segala sesuatu pasti ada hikmah dan pelajaran yang kita bakal dapatkan.

Dengan pernah dibacanya novel ini di wattpad sebanyak 1,7 juta kali, sudah menjadi bukti bahwa novel ini memang layak untuk kalian beli. Dan semoga dengan review aku ini menambah keyakinan kalian untuk membeli novel ini.
Bagi kalian penyuka novel dengan genre romance kalian wajib baca cerita dan punya cerita ini.

Akhirnya aku kasih bintang 4/5 untuk novel Baby and Me.
Happy Reading guys.

*****---------*****----------******---------******-----------********

Novel ini aku dapatkan dari salah satu pencarian host di akun Peeky Book Torian, selain aku ada beberap teman yang juga berkesempatan mereview novel ini di akun instagram masing-masing.


Aku ucapkan banyak terimakasih kepada kak Peeky, Kak Ai, dan pihak GagasMedia yang telah memberikan kepada aku kesempatan dan kepercayaannya untuk menjadi salah satu bagian dari “Obrolin Buku Baby and Me”. Maaf jika masih ada kekurangan dalam penyampaian review. Semoga kerjasama ini akan terus berlanjut. Aamiin

Buat kak Ai, sukses terus dengan cerita-cerita barunya. Di tunggu novel cetaknya ya kak. Aamiin
Buat GagasMedia, sukses selalu dengan menerbitkan cerita-cerita keren yang selalu bikin wist list semakin panjang.
Buat kak Peeky, sukses terus dengan segala acara-acara yang diadakan dan tetap semangat menebar virus baca itu asyik kepada seluruh Indonesia.

*****-------------***********--------------------************----------------***********
Tentang penulis
Bisa dipanggil Ai, saat ini tinggal di Yogyakarta. Suka membaca novel romance dan menonton drama Korea. Kalau sudah baca atau nonton, bisa lupa daratan. Menulis adalah salah satu kegiatannya untuk menghibur diri. Pelupa akut, dan paling anggak bisa disuruh milih. Baginya, mengingat dan memilih adalah hal yang lebih sulit dari menjawab pertanyaan kapan nikah.
Ingin ngobrol lebih dekat, bisa menghubungi di sosial medianya :
Instagram : ainunufus
Wattpad : ainunufus
Facebook : Ainun Nufus
Twitter : @ainunufus

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Happy ending gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy ending kak, silahkan dibaca rekomend banget ceritanya..

      terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak.

      Hapus

Terima kasih telah membaca sampai selesai.
Mohon maaf sebelumnya, kolom komentar aku moderasi.
jadi komentar kalian tidak akan langsung muncul, nunggu aku setujui dulu baru bisa terlihat.
tinggalkan komentar dan senang berkenalan dengan kalian

Close Menu