{Book Review) REMINDS ME OF YOU – Retno Handini




Judul Buku : Reminds Me Of You
Ajarkan Aku Cara Menghapusmu
Penulis : Retno Handini
Penerbit: Mazola (Lini Diva Press)
Tahun terbit : 2014
Cetakan ; Pertama,  Mei 2014
Tebal : 291 Halaman
ISBN : 978-602-7968-59-2
Harga Buku : Rp. 15.000,- (Pesta Buku Murah Diva Press Agustus 2017)
***
BLURB
“Mengingatmu membuatku terluka dan bahagia di waktu yang sama”

Daniel! Tolong aku Daniel!
Hal terakhir yang bisa Shena ingat adalah suara pintu yang dibanting lalu suara-suara orang bertengkar. Bayangan dua orang yang saling memukul, lalunya semuanya kabur dan gelap.

Daniel terus berfikir tentang keputusannya. Meninggalkan Shena karena ketidaksiapannya untuk jujur tentang semuanya di masa lalu. Tapi Shena terlalu berharga untuk ia lepaskan. Tak mungkin dibiarkannya perempuan itu bersama yang lain, yang jelas tak bisa membahagiakannya seperti halnya ia mengisi hari-hari Shena dengan hal- hal indah.

Apa yang harus kau lakukan adalah menyelesaikan apa yang sudah kau mulai.

*****

Shena Lorelei terpaksa harus membatalkan pernikahannya secara sepihak dengan pria yang sangat ia cintai, pria yang malang itu bernama Daniel seorang pemilik perusahaan kosmetik tingkat dunia. Shena memutuskan untuk pergi ke Venezia dan meninggalkan Daniel setelah malam sebelum pernikahannya Yuuji yang sudah dia anggap layaknya kakak kandung nekad melakukan tindakan yang tidak bermoral kepada Shena.

Shena merasa dirinya tidak pantas untuk Daniel. Di lain sisi Daniel sangat kecewa dengan apa yang telah Shena lakukan, menjelang detik detik pernikahan sms dari Shena yang mengatakan bahwa ia tidak bisa menikah dengan Daniel. Daniel marah, kecewa atas semua perlakuan Shena, ia nekad medatangi apartemen Shena dan fakta bahwa Shena memang mencintai pria lain nyata di depan mata Daniel.

Baik Daniel maupun Shena sama-sama terluka, Daniel yang tidak tahu kejadian yang sebenarnya. Setelah kejadian itu Daniel berubah menjadi pria yang kasar yang tidak tahu aturan sedangkan Shena setelah kejadian itu trauma terhadap sosok laki-laki.

Di satu sisi Yuuji yang merasa bersalah terus berusaha mencari keberadaan Shena untuk meminta maaf, ia terobesesi bahwa hanya dialah yang bisa memiliki Shena dan bisa membahagiankan seorang Shena.

Berubahan sikap Daniel terpaksa harus menyeret nama Clarine, sahabat Daniel yang menerima segala kebrutalan seorang Daniel. Lainnya halnya dengan Yuuji, mata dan hatinya sudah tertutup oleh sosok Shena sampai dia tidak menyadari bahwa ada seseorang yang sangat mencintainya yaitu Kyle.

Bagaimana kisah akhir perjalanan Daniel dan Shena?
Berhasilkan Daniel dan Yuuji untuk bertemu kembali dengan Shena?
Apakah trauma yang dialami oleh Shena bisa sembuh ataukah ada takdir lain yang akan terjadi pada Shena?
Baca kelanjutan kisah ini dalam cerita “Reminds Me of You” karya Retno Handini. 
****

Dengan menggunakan setting tempat di kota Perancis dan Venezia para pembaca dibuat terhanyut dengan kisah cinta antara Daniel dan Shena. Menggunakan sudut pandang orang ketiga dan dengan karakter-karakter yang unik, cerita ini semakin menarik dan tidak mau berhenti membaca sebelum selesai. Karakter Daniel yang menjadi seorang CEO sebuah perusahaan dan terbiasa dengan didikan yang keras ternyata dia tidak bisa berenang dan sedikit parno saat harus naik taxi air dan selain itu dia juga sangat menyukai jus buah sayuran dengan komposisi gula yang tidak boleh berubah.

Untuk karakter Shena sendri disini belum tergambar dengan jelas, karena ia harus mengalami trauma yang secara psikis juga berpengaruh dengan karakter dia, tetapi kalau dilihat dari cerita-cerita Daniel tentang kebersamaan mereka berdua selama ini tergambar bahwa sosok Shena memang sosok yang ceria, penuh semangat dan selalu berfikir positif.

Semua pasti sepakat bahwa Yuuji adalah sosok yang paling dibenci dalam cerita ini. Sudah melakukan kesalahan yang fatal tapi aku rasa dia tidak menyesel sama sekali, permintaan maaf itu diucapkan cuma karena tidak ingin Shena pergi dari hidupnya bukan karena dia menyesali apa yang telah ia lakukan.

Tapi aku suka karakter Kyle dia sangat mencintai Yuuji meskipun Yuuji tidak bisa membalas rasa itu, masih tetap setia dan bertahan di samping Yuuji dan karakter Kyle ini anaknya santai dan cenderung blak-blakan serta mempunyai jalan pemikiran yang terbuka. Aku juga suka Clarin meskipun dia memanfaatkan kesempatan agar bisa memiliki Daniel, tapi nyatanya Daniel tetap menganggap ia hanya seorang sahabat dan Clarin tahu hal itu meskipun sakit ia memilih untuk mundur dari menjauh dari kehidupan Daniel. Gini ni yang aku suka cewek tahu diri, tahu bahwa hal yang ia kejar adalah sia-sia belaka dan dia memutuskan untuk menyerah, bukan menyerah kalah tapi karena memang bukan seperti ini seharusnya.

Kelebihan buku ini, sebenarnya buku ini termasuk kategori romance dewasa tapi karena penulis ataupun editornya pintar merangkai kata tidak menjelaskan hal itu secara gamblang tapi tersirat jadi sepertinya ini aman dibaca mereka yang masih usia 17 tahunan lah, kalau remaja ini bukan genre kalian yaa karena terlalu berat buat kalian. Emosi pembaca menjadi pertaruhan dalam cerita ini. Sungguh setiap membaca halaman demi halaman membawa ke rasa penasaran yang luar biasa sehingga pengen baca lagi dan lagi.

Kekurangan buku ini yang dapat aku simpulkan adalah mengingat yang digunakan adalah setting tempat di luar negeri yaitu Perancis dan Venezia menurut aku explore wilayahnya masih kurang detail. Dan cerita akan lebih menjadi lebih menarik saat ada cerita yang menceritakan bagaimana pertemuan pertama Daniel dan Shena sehingga mereka resmi berpacaran.

Bagian yang aku suka adalah waktu Daniel agak parno pas naik taxi air di Venezia yang ternyata mendapat sebutan sebagai Kota Air, aku membayangkan bagaimana mimik muka seorang Daniel. Dan aku jadi penasaran dengan taxi air itu seperti apa?

Quote Favorit aku adalah berikut ini :

“Mengakui rindu secara terang-terangan bukanlah hal yang mudah.
namun berbohong dengan mengatakan tidak merindu jauh lebih sulit lagi. Bagaimanapun, yang seperti itu tidak bisa disembunyikan.
Salahkan saja kenangan yang memancingnya untuk datang.”
(Halaman 48)

“Mencintai tak lantas membuatmu bahagia.
Namun dengan mencintai,
membuatmu merasa memiliki yang bahkan tak mampu kau jamah.”
(Halaman 80)

Pesan moral yang tersirat dalam cerita ini adalah bahwa alangkah baiknya dalam sebuah hubungan jika ada sebuah masalah bicarakan baik-baik dengan pasangan kita dan jangan terlalu cepat mengambil keputusan sendiri atau berasumsi sendiri yang kita tidak tahu sebab-akibatnya karena apapun keputusan itu pasti akan berdampak pada kehidupan kita baik masa sekarang ataupun masa depan.

Pecinta romance yang suka dengan ending  yang tersirat dengan konflik yang akan sedikit berat silahkan baca cerita ini.

Dari 5 bintang yang aku punya bintang 3 aku berikan untuk cerita ini.
*****
Untuk penulis semoga sukses terus dan ditunggu karya karya selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu