{Book Review } Khan Sepenuh Cinta - Niamaharani


Judul Buku : Khan Sepenuh Cinta
Penulis : Niamaharani
Penerbit : Penerbit Ikon (Imprint Penerbit Serambi)
Tahun terbit : Cetakan Pertama, Desember 2017
Tebal : 277 Halaman
 ISBN : 978-602-61440-6-5
Harga : Harga asli Rp 71.000,- (Beli waktu PO Rp 50.000,-)
***
BLURB
Ketika aku mengejarmu, ALLAH jauhkan kita. Namun ketika, aku mengejar cinta ALLAH, dia mendekatkan kita sedekat-dekatnya.
Michael Khan
“Do you really have no idea what wudu and salat are all about?”
“No, really?!” Mata indahnya terbelalak.
“No...”
“Tetapi namamu adalah Khan, bukan?
“Namaku memang Khan. Ada yang salah dengan nama Khan?”
Gadis berjilbab itu menggeleng. Tak lama kemudian, dia bergegas pergi.

Pertemuan pertama Michel Khan dengan muslimah asal Indonesia menyisakan pertanyaan besar untuk Mike. Adakah yang salah pada nama Khan yang disandangnya?
Penelurusan pun dimulai oleh Michel Khan dari Nanjing, salah satu kota tua di Tiongkok yang memiliki sejuta kisah perkembangan Islam semasa Dinasti Ming.

*****------*****------*****------****-----******
Michael Khan tetapi lebih suka dipanggil Mike, pemuda yang berasal dari negeri Pangeran William ini sedang mengambil S2 di salah satu universitas di Nanjing.
Mike menjadi salah satu dari student assistant (SA) di kampusnya. SA bertugas mendampingi para mahasiswa yang sedang melakukan short course dari Indonesia, mereka akan belajar selama tiga bulan.

Perkenalan yang tidak sengaja dengan seorang gadis yang Mike kira berasal dari Xinjiang. Gadis itu kebingungan mencari ruang SA. Ternyata Gadis itu berasal dari Indonesia dan merupakan salah satu peserta short course. Gadis itu nampak berbeda, sedari awal Mike percakap dengannya Mike berharap bisa menatap matanya, tapi nyatanya tatapan mata mereka tidak pernah bertemu.

Gadis itu mencari sosok dirinya, Mike tidak mengira kalau dirinya bakalan menjadi SA bagi gadis itu. Gadis itu kaget saat tahu nama Mike adalah Michael Khan. Kekagetan gadis itu akan nama Khan akhirnya mereka bisa saling bertatap pandangan. Ada desir halus pada diri Mike saat pandangan gadis itu menatapnya.

Sebelum Mike tahu nama gadis itu, gadis itu sudah beranjak pergi. Gadis yang aneh, tidak mau berjabat tangan, tidak mau menatap matanya, dan hal itu memicu rasa penasaran seorang Mike. Langkah mudah bagi seorang Mike karena dia menjadi SA bagi gadis itu, secara otomatis Mike tahu detail biodata gadis itu, tapi lagi-lagi keberuntungan belum perpihak padanya, google di blokir di negara itu, jadi dia tidak bisa mengirim ke email gadis itu, dan parahnya no ponselnya tidak dicantumkan. (Kasihan Mike yaa ??)

Dari biodata peserta SA itu, Mike tahu bahwa gadis itu bernama Rania Jasmine Effendi. Tidak hanya Jasmine yang kaget atas namanya beberapa pelajar dari Indonesia juga kaget saat mengetahui nama akhir Mike.

Hal ini memicu pertanyaan dalam diri Mike, ada apa sebenarnya dengan nama Khan?
Mike tidak tahu kedua orangtuanya, karena orang tuanya sudah meninggal sejak ia dilahirkan, pernah tinggal di panti asuhan dan ia di besarkan dengan penuh kebencian  oleh kedua kakek neneknya

Bagaimana perjalanan Mike menemukan jatidirinya?
Apa rahasia nama Khan di belakang namanya?

Jadilah saksi perjalan penuh makna dari seorang Michael Khan, dalam kisah “KHAN, Sepenuh Cinta” karya Niamaharani.
*****------*****------****--------*****------*****

Ini cerita pertama yang aku baca karya Niamaharani. Pertama memutuskan untuk ikutan PO novel ini karena aku tertarik dengan judulnya dan blurb-nya selain itu aku juga lagi ingin membaca novel-novel islami. Dan KHAN sepenuh cinta adalah pilihanku.

Penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam menceritakan kisah Michael Khan ini, dan yang bikin takjub adalah cerita ini banyak menggunakan sudut pandang si Mike, sementara penulis sendiri adalah seorang wanita. Dua jempol untuk kak Nia.

Meskipun plotnya sudah bisa ditebak bagaimana nanti endingnya, tapi dalam mengolah alurnya sangat rapi dan bertahap. Karena menurut aku cerita ini bukan tentang cinta-cintaan semata tapi ini lebih ke dalam perjalanan spritual seorang Mike. Konflik yang dibuat terlihat begitu mengalir tanpa ada kesan dipaksakan.

Banyak karater yang datang silih berganti dalam kisah Mike ini, tapi memang yang menjadi poros adalah si Mike, bahkan Jasmine pun muncul hanya di awal dan akhir cerita saja. tapi bukan malah membuat cerita ini menjadi tidak menarik.

Banyak hal yang akan kita temui jika membaca buku ini yang tida akan ditemukan dalam buku lain. Cerita ini berani menyelipkan kisah sejarah peradapan ISLAM di Tingokok serta ada beberapa hal tentang aturan-aturan islam yang kita akan menjadi tahu tanpa ada maksud untuk menggurui atau merasa lebih baik.

Untuk setting tempat memang banyak di beberapa wilayah di Tiongkok. Kita akan tahu beberapa tempat tujuan wisata yang jarang diungkapkan dalam cerita di novel-novel. Kita bisa menjadi lebih tahu dan lebih paham akan sejarah dan tempat-tempat bersejarah d negara itu.

Hal pertama yang terbesit waktu penerbit ikon memposting bahwa novel ini siap dipesan adalah ‘judulnya Khan, tapi kok gambar covernya bukan di India tapi semacam di Cina’ , mungkin ini efek film bollywood My Name Is Khan atau karena setahu aku yang nama belakang khan itu identik dengan orang india. Hal itulah yang memicu rasa penasaran aku. Suka sama desain covernya dan kemudian dikombinasikan dengan judulnya sudah pas komplit membuat penasaran yang lihat di toko buku dan pengen bawa ke meja kasir terus bawa pulang. He he

Tapi beberapa hal yang menurut aku masih kurang, yaitu kenapa momen Mike yang datang ke makam kedua orangtuanya tidak diceritakan secara detail? Kalau diceritakan pasti akan lebih mantap dan selain itu padahal udah di singgung tentang asal usul ayahnya Mike, kenapa tidak ada kelanjutannya.

Mengingat cerita ini lebih ke perjalanan hidup Mike yang tidak lepas dari masa lalu keluarganya. Aku rasa jika dua hal di atas dibahas tidak membuat cerita menjadi panjang malah akan membuat semakin merasuk ke dalam pembaca.

Beberapa bagian atau adegan yang aku suka dalam kisah Khan Sepenuh Cinta adalah ketika Mike menolong Jasmine di dalam bus dari keusilan penumpang pria, di situ Jasmine terlihat luar biasa dan Mike sadar bahwa Jasmine memang bukan perempuan biasa. Terus kalau adegan yang bikin mewek adalah ketika Mike tahu tentang masa lalu ibunya. Ada perasaan lega yang bercampur menjadi sedih saat tahu beberapa fakta yang terungkap.

Beberapa quote yang bertebaran dalam cerita ini antara lain :

”Mereka lupa bahwa alasan beragama, apalagi Islam,
agar hidupnya lebih teratur dan selamat di dunia akhirat.
Konsekuensi dari yakin dengan keberadaan ALLAH adalah menjalankan seluruh syariatnya penuh ketaantan. Tanpa protes.
ALLAH menciptakan mahluk, ALLAH juga membuat aturannya.”(Halaman 62)

“Mereka menerimamu, tapi tidak agamamu. Sama dengan ibumu. Cinta mereka tidak berkurang sedikit pun”(Halaman 216)

”Tunggulah sampai cinta menunjukkan keberpihakannya. Dia tidak mengkhianati nurani.”
(Halaman 223)

Pesan yang ingin disampaikan oleh kisah ini yang saya tangkap adalah seperti apa yang tertulis dalam bagian blurb : Ketika aku mengejarmu, ALLAH jauhkan kita. Namun ketika, aku mengejar cinta ALLAH, dia mendekatkan kita sedekat-dekatnya. Hal itu tidak berlalu dalam kisah cinta saja tapi dalam setiap sendi kehidupan, kejarlah akhirat mu maka dunia akan dalam genggamanmu kurang lebih seperti itu. Kalimat itu tidak hanya bisa dikaji dalam satu atau dua menit, kalimat sederhana yang luas jangkauannya tapi sulit dalam penerapannya. Dari kisah-kisah sejarah yang terurai dalam kisah ini kita belajar bahwa tentang sisi kepahlawanan, tentang arti sebuah perjuangan dan dedikasi. Kebenaran kebaikan, seberapa dalam ditutup maka jika sudah waktunya pasti akan terurai juga. Dan juga kita yang sejak kecil sudah mengaku Islam tapi sama sekali tidak tahu tentang Islam itu sendiri.

Membaca kisah ini aku seperti diingatkan, tertohok sangat dalam dengan kalimat ini Ketika aku mengejarmu, ALLAH jauhkan kita. Namun ketika, aku mengejar cinta ALLAH, dia mendekatkan kita sedekat-dekatnya. Aku tidak mengejar mu dan aku juga tidak mengejar cinta ALLAH. Bukankah aku menjadi salah satu orang merugi bukan? (arggh kenapa jadi curhat, maafkan jika curcol he he he ).

Sangat merekomendasikan kisah ini kepada kalian semua yang dalam masa pencarian akan jati diri dan buat semua orang yang dalam proses mencari. Kalian harus baca kisah ini.

Bintang 4 untuk Michael Khan dan Rania Jasmine
***************--------------------******************

Niamaharani merupakan nama pena dari Kurnia Yulie Wardani. Ia bertekad untuk selalu menyempatkan diri menulis setiap hari meskipun hanya satu paragraf demi mengembangkan kualitas tulisan, di tengah kesibukannya sebagai seorang guru. Tak mau setengah-setengah, penyuka warna biru ini rela melakukan riset selama 3 tahun – yang menurutnya adalah riset terlama – untuk menulis Khan ; Sepenuh Cinta.

Bekal ilmu dari Fakultas Sastra UM dan Tsaqafah Islam dari BDM AL Hikmah UM juga menjadi amunisinya dalam menulis Khan ; Sepenuh Cinta adalah novel kedua Niamaharani setelah Quinsha Wedding Story (2016)

Penulis bisa dihubungi via :
Wattpad : @niamaharani
Instagram : @kaknia_/



Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu