{Book Review} Aldebaran - Malashantii

Judul Buku : Aldebaran
Loving You Endlessly
Penulis : Malashantii
Penerbit : Gradien Mediatama
Tahun terbit/ Cetakan Pertama : Juli, 2017
Tebal : 296 Halaman
 ISBN : 978-602-208-157-9
***
BLURB
“Lo enggak capek, hidup seperti ini terus?”
“Hidup seperti apa?”
“Gonta-ganti perempuan nggak jelas.”
“Lo sendiri kapan, bisa menahan diri untuk nggak terlalu capek jatuh cinta, jadi nggak perlu selalu ngerepoti gue setiap kali lo patah hati.”

Bagi Aldebaran, Siera adalah gadis yang walaupun baik hati dan jago masak, tapi berdada rata, dan tak pernah becus memilih lelaki untuk dikencani. Kebersamaan mereka telah teruji setelah melewati beragam suka – duka dan kehilangan yang meremukkan. Aldebaran nyaris siap melakukan segala hal untuk Siera. Kecuali, saat Siera meminta hatinya.
*****

Siera Maghali adalah gadis yang menjadi amanah seorang Faraz Aldebaran untuk dijaga. Bertahun-tahun ia melakukan itu. Amanah Riyaz Alfiranda, adik dari Faraz bahwa ia harus menjaga dan menemani Siera, Siera adalah kekasih dari adiknya itu. Mereka sudah bertahun-tahun saling kenal. Mereka saling mengenal sejak usia mereka masih kecil.

“Jika Siera sudah memutuskan melangkah menjauh dari garis peringatan dan perlindungan yang diulurkan , dia bisa apa? Dia hanya bisa mengamati dari kejauhan” (Halaman 16)


Siera yang sedang menjalin asmara dengan Ben, seorang pengacara. Siera merasa Ben adalah pria yang sangat baik dan mencintainya. Tapi berbeda dengan apa yang Aldebaran lihat dari sosok Ben. Dengan tegas Al melarang Siera berhubungan dengan Ben. Tapi Siera tetap Siera dia tidak mengindahkan larangan dari Al. Al tahu siapa sebenarnya Ben, karena Al dan Ben sama-sama pengacara. Larangan tegas Al menjadi nyata, Ben yang masih terjerat kisah kasih lamanya yang belum selesai. Siera merasa Ben mengkhianatinya sementara Ben memaksa agar Siera tetap bersamanya. Siera menangis lagi ia bersedih, kalau sudah seperti ini maka Siera akan berlari ke makam Riyaz dan kemudian menerima pelukan hangat dari Al. Al orang yang selalu memarahi Siera jika dia salah memilih pasangan tapi dia juga akan menjadi orang pertama yang pasang badan saat Siera bersedih, Al punya bahu dan pelukan yang selalu membuat Siera merasa nyaman.

Ben membuat Siera terluka, lalu apa Siera kapok untuk jatuh cinta, setidaknya butuh waktu lama untuk jatuh cinta, jawabannya adalah tidak. Tidak lama kemudian Siera ketahuan Al sedang menjalin hubungan dengan seorang Dokter, dan dengan tanpa ragu untuk kesekian kalianya Siera mengatakan bahwa sang dokter adalah laki-laki yang baik. Apakah kali ini harapan Siera terbukti bahwa dokter itu adalah pria baik-baik?

Dua kali menjalin hubungan dengan pria yang salah, dan selalu hanya Aldebaran lah yang mampu menenangkannya. Dan Siera rasa ia jatuh cinta kepada Al, Siera yakin Al tidak akan pernah menyakitinya, terbukti selama ini Siera selalu menjadi prioritas utama untuk seorang Al. Al selalu menjaganya, memastikan Siera bahwa ia akan baik-baik saja. Siera dengan yakin mengutarakan isi hatinya kepada Al, bahwa ia jatuh cinta kepada sahabat sedari kecilnya itu?

Tapi Al, menolak perasaan Siera, karena Siera adalah kekasih adiknya Riyaz, jadi dia menganggap Siera tidak lebih seperti adiknya sendiri. Siera lagi-lagi terluka, kali luka yang ditancapkan oleh Aldebaran lebih sakit daripada pria-pria yang lain. Ditengah rasa terpuruknya akan sosol Aldebaran, Siera dekat dengan pria yang sudah ia kenal sejak lama dan juga pria itu merupakan sahabat baik dari Aldebaran yang bernama Reffi.

Apakah Reffi yang bakalan menjadi pelabuhan hati Siera?
Apakah Siera akan mudah melupakan sosok Faraz ini?
Dan bagaimana perasaan Faraz yang sebenarnya kepada Siera?
Baca kisah cinta Faraz Aldebaran dalam novel cantik berjudul “ALDEBARAN”
*****------******-------*******


Penulis menggunakan sudut pandang orang ketiga dalam penulisan novel ini, dengan tokoh utama Siera, jadi meskipun berjudul Aldebaran tapi memang porsi kisah Siera lebih banyak.

Plot cerita yang dipakai memang lambat, tapi ibarat kita kalau makan, kita kunyah pelan-pelan maka kita akan merasakan bahwa bahwa makanan ini lebih enak, bumbunya seperti apa juga kita tahu, tekstur makanannya kita juga bisa merasakan. Jalan ceritanya memang pelan dan bertahap. Kalau ibarat kita melangkah langkah kita pelan tapi dengan langkah yang mantap. Jadi feel cerita sangat terasa. Menikmati setiap proses yang terjadi, dan tidak ada hal kecil yang terlewatkan.

Menggunakan alur maju mundur, kita bakalan bertemu bagaimana kisah persahabat masa kecil seorang Faraz – Riyaz – Siera, dan bagaimana masa kecil seorang Faraz.  Apa dan bagaimana Faraz bisa dekat dengan Siera, dan perbedaan karakter Riyaz dan Faraz juga di munculkan dalam alur cerita ini,

Karakter Siera, dia gadis yang pintar masak dan punya hobi memasak. Cerobah terutama dalam hal memilih pasangan karena Siera termasuk type orang wanita yang mudah sekali jatuh cinta, karena menurut dia cerita lama bisa tertutup dengan mudah jika ada kisah baru. Meskipun bertubuh kurus tapi nyatanya Siera punya daya pikat sendiri. Di satu sisi dia memang mandiri, karena kerap ditinggal oleh kedua orangtuanya berkeliling dunia sehingga ia sangat dekat dengan keluarga Faraz.

Faraz Aldebaran, seorang pengacara yang sukses. Sesuai dengan arti nama Aldebaran yaitu : bintang yang paling terang (sumber Wikipedia). Aldebaran di sini memang sesuai dengan artinya.  Tidak usah menayakan atau meragukan kadar ketampanan dia ya, dia udah tampan dari lahir, dia udah mempesona dari lahir. Dibalik ketampanannya Faraz tak lebih seorang player, bukan playboy yang suka menyakiti hati para wanita. Ditengah kesibukannya, ditengah kesibukannya dengan para wanita, Faraz selalu punya waktu untuk Siera. Dan Faraz ini selalu menumpang makan, di apatermen Siera, iya Siera dan Faraz berada dalam satu apartemen dengan unit yang berbeda, bahkan keduanya kunci kombinasi Apartemen keduanya mereka saling tahu.

Selain ada Faraz dan Siera, sebagai tokoh utama, dalam kisah mereka ada pemeran pemeran yang tidak kalah kerennya, iya adalah Ben dan Reffi.

Ben, ia juga seorang pengacara. Jadi sedikit banyak Faraz tahu sepak terjang Ben. Faraz tidak pernah setuju jika Ben menjalin kasih dengan Siera. Nyatanya Ben memang masih terlibat kisah cinta lama yang belum selesai. Dan dia tidak begitu tegas dengan perasaannya sendiri, dia tidak ingin melepas Seira tetapi juga tidak ingin meninggalkan wanita yang sempat menjadi cinta pertamanya dan kini wanita itu kembali ke Ben, di saat Ben dan Siera sudah terlibat hubungan kasih.

Reffi dengan nama lengkap Alfa Reffikiansyah, mungkin beberapa pembaca baik di wattpad ataupun versi cetak banyak yang suka karakter Reffi, jujur Reffi memang sosok suami dengan karakter yang luar biasa. Reffi berbanding terbalik dengan karakter Faraz. Beberapa dari pembaca pasti tidak sulit untuk jatuh cinta kepada sosok Reffi ini, memang dia layak untuk dikagumi dan dicintai.

Meskipun Raffi dan Ben bukan tokoh utama, tapi keberadaan mereka sangat penting baik bagi Siera atau Faraz, dari hadirnya Ben Siera belajar untuk lebih berhati-hati dalam memilih pasangan. Dengan Ben ini Siera lebih nampak terluka. Sedangkan Reffi menyadarkan Faraz tentang arti seorang Siera bagi dirinya.

Cover novel Aldebaran ini, dulu sempat diadakan voting mengenai cover, dan pilihan pembaca jatuh kepada cover yang digunakan ini. Keren covernya, artistiknya dapat dan ya memang bagus. Kalau masalah judul kalian bakalan tahu kenapa judulnya Aldebaran sementara kisahnya banyak bercerita tentang Siera. Nanti di ending kalian bakan paham dan mengerti.

Cerita tentang sebuah persahabatan jadi cinta bukan lagi hal yang luar biasa, sudah banyak cerita yang bercerita seperti ini. Tapi Aldebaran ini beda. Versi wattpadnya aja sudah dibaca lebih dari 2,9 juta kali jadi tidak diragukan lagi kan, selain di tunjuang dari sisi tersebut. Kak Mala menurut aku pintar dalam merangkai kata, tidak puitis, cenderung sederhana tapi mudah dipahami dan itu lebih membuat kita sebagai pembaca terikat secara emosional.

Aku suka penggambaran ekspresi Siera waktu dia berhadapan dengan Al, Mbak Mala bisa dengan piawai menggambarkan perbedaan bahagia Siera saat bersama Al atau saat Siera bersama Ben. Bahagianya Siera itu adalah Al, itu kesan yang aku dapatkan.

Karena aku sudah pernah baca versi WP-nya bahkan waktu ada info kalau Aldebaran mau naik cetak dan bakalan dihapus, sebelum dihapus akupun baca ulang lagi Aldebaran ini di Wattapad. Ada dua hal yang dihilangkan (yang aku ingat aja) dari versi cetak ini. Pertama yang waktu Al menitip sesuatu kepada Siera dan waktu momen romantis Siera dan Al di Jogja. Padahal menurut ku dua hal itu membuktikan ikatan keduanya. Bukan hanya Al untuk Siera tapi Siera juga untuk Al.

Bagian adegan-adegan yang aku sukai dalam cerita Aldebaran, pada dasarnya semua momen yang melibatkan Siera dan Al itu aku suka, waktu AL berkunjung ke makam Riyaz, disitu diceritakan bagaimana dulu Al dan Riyaz, aku nangis waktu adegan ini, dan aku baca berulang-ulang pun aku tetap aja masih nangis. Selain itu juga adegan Al yang dansa dengan Siera, romantis dan berasa dunia milik berdua.

Mari kita tebar-tebar quote dari cerita Aldebaran dan Siera ini,

“Hati yang bicara. Di mana nanti begitu gue lihat dia, maka hati gue yang akan bilang kalau dialah orangnya, dan gue yakin seketika kalau dia yang gue cari dan gue pengen miliki seumur hidup gue.” (Aldebaran, Halaman 111)



“Perasaan bukan sesuatu yang bisa dipaksakan. Bukan sesuatu yang bisa ditunggu. Bukan sesuatu yang punya kepastian bisa berubah seiring waktu.” (Halaman 120)



“Seperti kalimat yang perlu spasi biar bisa kebaca, kehidupan juga kadang seperti itu. Sebuah hubungan kadang juga seperti itu. Butuh spasi, butuh jarak.” (Siera, halaman 156)



“Bahwa cinta tak selalu berupa debaran berantakan di dada tiap kali saing berdekatan, tapi juga bisa berupa perasaan sayang yang demikian halusnya hingga sering tak teraba oleh mata sendiri.”
“Bahwa, cinta tak juga selalu tentang rindu dan hasrat menggebu untuk memilikinya dalam ikatan yang tepat di mata banyak orang. Cinta bisa juga sesederhana rasa nyaman dan damai walau hanya sekedar memandang, mendengar namanya, merasakannya hadir dalam diri kita”
“Karena sering kali rasa memang hanya berupa rasa. Tak akan bisa memperkenalkan dirinya sebagai apa.” (halaman 195-196)


Pesan yang ingin disampaikan dalam kisah Al dan Siera, seperti perkataan Riyaz kepada kakaknya yaitu : “Boleh deh, kita pengin sesuatu. Tapi lihat sikon juga lah. Kadang ya, Al, kalau kita ngebeeeet banget pengen punya. Tuhan kadang tutup kuping, tutup mata. Giliran kita udah nggak seberapa ngarep, malah dikasih. Lebih baik dari yang kita minta malah. Cuman, ya seringnya manusia suka susah sabar, susah ikhlas gitu. Padahal kalau mau nyoba, hati juga bakalan lebih gampang lapang dan bahagia.” (Halaman 255)

Selain itu, dalam mencintai kita memberikan tapi jangan berharap menerima, lakukan semua dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan, maka cinta itu akan datang dengan sendirinya. Dan jangan contoh Siera yang mudah jatuh cinta ya, alangkah baiknya tetap selektif dan tidak buru-buru.

Pecinta romance kalian sudah baca ini belum? Kalau belum silahkan dibaca, beli novelnya. Novelnya mudah didapat kok, di toko buku online maupun toko buku biasa kemungkinan besar Aldebaran ada, kecuali kalau stoknya habis. Tapi aku sarankan alangkah baikknya kalau Abang Al aku yang cakep mempesona ini dibaca untuk yang sudah dewasa.
Bintang 4 untuk kisah Aldebaran ini. 

*****-------****
Tentang penulis
@malashantii

Perempuan biasa. Terkadang membaca. Sesekali menulis. Sedikit soliter. Kerap berkhayal terlempar ke masa lalu, dan terjebak di dalam tubuh seorang lady dari abad pertengahan.
Pertama kali dipublikasikan di Wattpad pada Desember 2014. “ALDEBARAN” adalah karya kedua yang dibukukan. Sebelumya, penulis telah menerbitkan buku berjudul “Unforgettable Chemistry” (2016) di ElexMedia. Penulis dapat dihubungi melalui akun instagram @malashantii

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu